3 Cara Mengatasi Engsel Pintu Berbunyi yang Efektif

Pintu yang berbunyi saat dibuka atau ditutup kerap menimbulkan perasaan tidak nyaman. Namun, hal ini sebaiknya tidak lantas dibiarkan begitu saja apalagi sampai menimbulkan pikiran aneh seperti cerita mistis. Sebaliknya, suara tersebut dapat mengindikasikan bahwa ada kondisi yang kurang pas pada pintu tersebut.

Lazimnya masalah seperti ini terjadi pada bagian engsel pintu. Walau begitu, tenang saja, Anda tak perlu memanggil tukang untuk memperbaiki kondisi ini. Cobalah beberapa cara mengatasi engsel pintu berbunyi berikut yang dapat Anda lakukan sendiri.


1.Cari Tahu Penyebabnya

Cara membenarkan engsel paling awal yang harus dilakukan adalah menemukan penyebabnya. Biasanya engsel pintu yang sudah berusia tua lebih banyak menimbulkan suara karena terjadinya kekeringan dan karat di beberapa bagian. Namun, hal ini tidak berarti bahwa pintu dan engsel yang masih baru terlepas dan aman dari kemungkinan ini.

Secara umum penyebab berbunyi engsel pintu adalah karena kondisi yang kering dan kurang pasnya pemasangan yang dilakukan. Oleh karena itu, tidak perlu terburu-buru memberikan minyak pelumas atau bahkan melepas daun pintu jika engsel mulai berderit.

2.Lakukan Penanganan yang Tepat

Kalau sudah menemukan penyebab pasti engsel pintu yang berbunyi, maka saatnya persiapkan solusi yang perlu dilakukan. Adapun cara memperbaikinya berdasarkan sumber masalahnya adalah sebagai berikut.

  • Memberi Pelumas

Cara ini dilakukan jika penyebab engsel pintu berbunyi adalah kondisi engsel yang sudah terlanjur kering dan aus (sangat wajar dikarenakan oleh umur objek yang sudah tua). Anda hanya perlu kembali membasahi engsel dengan pelumas.

Anda dapat menggunakan bahan sehari-hari sebagai pelumas seperti minyak kelapa atau minyak goreng, minyak zaitun, krim body lotion, baby oil, oli kendaraan, dan sebagainya. Oleskan saja secukupnya pelumas tersebut pada engsel pintu. Begitu gaya gesekan antara dua logam pada engsel berkurang, maka bunyi yang dihasilkan pun juga turut berkurang.

Namun, Anda juga bisa menggunakan minyak pelumas engsel yang banyak dijual di toko bangunan maupun toko-toko perlengkapan material sejenis lainnya.

  • Memperbaiki Kondisi Sekrup

Kalau engsel pintu masih terbilang cukup baru, maka kemungkinan besar munculnya suara pada engsel saat pintu digerakkan adalah karena sekrup yang kurang kencang. Solusinya tentu saja cukup kembali mengencangkan sekrup dengan bantuan obeng.

Namun jika permasalahannya justru pada rumah sekrup, maka penanganannya pun berbeda. Cara memperbaiki engsel pintu yang berbunyi pada kondisi ini adalah dengan terlebih dahulu melepas daun pintu, lalu lepaskan pula slop besi penghubung engsel pintu serta sekrup yang kendor baik di bagian daun pintu maupun kusen.

Selanjutnya, masukkan fischer sekrup pada rumah sekrup. Komponen ini mempunyai fungsi sebagai bantalan. Setelah semua sekrup dikencangkan, pasang kembali daun pintu. Terakhir, tambahkan pelumas agar hasilnya optimal.

3.Membersihkan dari Debu dan Kotoran

Hal ini boleh jadi terkesan sepele, tetapi justru memberi dampak yang cukup signifikan. Sebelum melumasi engsel dengan pelumas ataupun kembali memasang pintu, bersihkan terlebih dahulu engsel dari debu maupun kotoran.

Gunakan kain lap atau sikat gigi bekas untuk membersihkan engsel dari debu maupun kotoran lainnya sesuai kebutuhan. Selepas itu, oleskan merata minyak pelumas dan biarkan dulu beberapa saat untuk mengering sebelum Anda kembali membuka atau menutup pintu.

Itulah tiga proses memperbaiki engsel pintu berbunyi. Cukup mudah dan praktis, kan?

Tak lupa, dapatkan beberapa kebutuhan Anda dalam melakukan perawatan dan perbaikan engsel pintu terbaik di Klopmart. Hanya tinggal beberapa klik mudah dan harga bersaing, dapatkan berbagai kebutuhan material Anda di Klopmart.


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya