Cara Membasmi Kamitetep

Kamitetep adalah sejenis ngengat. Ngengat sendiri adalah anggota kerajaan fauna dari kelas serangga (insecta) dari ordo lepidoptera. Berarti ngengat masih satu keluarga dengan kupu-kupu. Spesies kamitetep punya nama latin, yaitu: Phereoeca Uterella.
‚Äč

Ciri-ciri hewan kamitetep

Sebelum mempraktikan cara membasmi kamitetep dengan efektif, ada baiknya Anda mengetaui terlebih dahulu mengenai ciri-ciri dari hewan dengan nama latin Phereoeca Uterella ini.

1. Ciri fisik hewan kamitetep

Ciri fisik umum yang membedakan antara ngengat dengan kupu-kupu adalah posisi sayap saat hinggap. Saat kupu-kupu hinggap, posisi sayapnya terlipat tegak ke atas sehingga tampak mirip layar kapal. Ngengat atau moth, sebutannya dalam bahasa Inggris, posisi sayap saat hinggap adalah terlipat mendatar.
 

2. Siklus hidup kamitetep

Kamitetep ini, seperti kupu-kupu, harus melewati fase hidup larva sebagai ulat. Nah, ulat kamitetep inilah yang kita sebut ‘ngengat pakaian’, karena gemar memberikan gigitan pada serat pakaian hingga pakaian jadi berlubang-lubang.

Sang ulat membentuk kepompong atau cangkang yang bisa dibawa-bawa, berbentuk mirip seperti penganan kwaci atau kuaci (biji semangka yang diasinkan). Kepompong ini terbuat dari serat sutra yang dicampur pasir. Biasanya mereka terlihat tinggal dengan tergantung di sudut-sudut dinding rumah atau lemari pakaian dari kayu triplek. Makanan mereka sebenarnya serat sutra jaring laba-laba, sehingga mereka menyukai area yang banyak sarang laba-laba seperti di lemari atau kamar mandi. Mereka juga gemar makan serat wool dan sutra sehingga umunya pakaian yang terbuat dari wool sering dilalap oleh ngengat pakaian. Serat katun kurang mereka senangi.
 

3. Kamitetep adalah jenis serangga yang perlu dibasmi

Binatang tetep dianggap hama karena merusak barang-barang yang mengandung serat wool dan sutra dengan gigitan kamitetep.

Phereoeca Uterella ini pun saat terkena kulit, akan menyebabkan rasa gatal, nyeri seperti tertusuk-tusuk jarum dan kulit menjadi kemerahan, muncul bentol hingga kehitaman. Perlakukan seperti mengobati kulit yang terkena ulat bulu.

Baca juga: 7 Cara Membasmi Laron
 

Cara Membasmi Kamitetep di Lemari pakaian

Setelah mengenal kegemaran ngengat kamitetep ini, kita jadi mengerti cara membasmi kamitetep.

Kamitetep makanan utamanya sarang laba-laba dan serat wool serta sutra. Sarang laba-laba umumnya berada di area yang kotor dan tidak tercapai oleh tangan kita untuk dibersihkan.

Berarti cara membasmi kamitetep cukup sederhana:

  1. Jaga kebersihan rumah, khususnya area-area yang sulit dijangkau.
  2. Bersihkan jaring laba-laba. Jangan dibiarkan makin bergerombol.
  3. Jika memiliki pakaian dari bulu, wool dan sutra, tempatkan kapur barus atau kamper dalam lemari pakaian.
  4. Usahakan bersihkan dan rapikan lemari pakaian secara berkala sehingga pakaian yang sudah tidak terpakai dapat dipisahkan atau disimpan terpisah.
  5. Secara rutin, semprotkan pestisida di belakang lemari, sudut-sudut rumah dan area-area rumah yang sulit terjangkau untuk membasmi telur-telur kamitetep.
  6. Pasang kawat nyamuk pada saluran sirkulasi udara atau ventilasi.
  7. Pasang juga pintu kawat nyamuk pada pintu yang sering dibuka.
  8. Jika menemukan kepompong kamitetep, jangan dipegang langsung dengan tangan karena dikhawatirkan tangan Anda akan terkena gigitan kamitetep. Lengkapi diri Anda dengan sarung tangan sebagai alat pelindung diri. Lalu bersihkan dengan sapu atau jika sulit terlepas dari dinding, bersihkan dengan kape atau scrap.

Itulah cara membasmi kamitetep dengan efektif dan aman yang dapat Anda terapkan dirumah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk tetap menjaga kesehatan dan kenyamana penghuni rumah

Baca juga: Cara Mengusir Lalat Buah Dari Rumah Anda


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Jun 2018

Related Article