3 Manfaat Kapur Barus Untuk Pakaian

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bulatan padat warna-warni berbau wangi bernama kapur barus. Benda satu ini merupakan zat padat berupa lilin dengan formula kimia C10H16O. Biasanya, kapur barus diletakkan di berbagai sudut rumah untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Namun, selain itu, tahukah Anda bahwa ada juga sejumlah manfaat kapur barus untuk pakaian? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA:Cara Mudah Membuat Lemari Pakaian dari Triplek yang Awet

Mencegah jamur pada pakaian

Mayoritas orang menyimpan pakaian mereka di dalam lemari. Nah, bagian dalam lemari sangat rentan ditumbuhi oleh jamur, terutama jika lemari Anda terbuat dari material kayu. Jika jamur sampai benar-benar tumbuh, bukan tidak mungkin pakaian Anda akan ikut terpapar. Tentu Anda tidak mau hal ini terjadi, bukan?

Di sinilah kapur barus dapat membantu Anda. Coba letakkan beberapa butir kapur barus di salah satu sudut lemari. Meletakkan kapur barus di dalam lemari dapat mencegah pertumbuhan jamur. Dengan begitu, pakaian Anda di dalam lemari pun jadi lebih aman dari risiko serangan jamur.


Menghindarkan serangga dari pakaian

Walaupun pakaian tersimpan di dalam lemari, serangga seperti kecoa atau cicak masih dapat masuk melalui celah-celah. Bagaimana jika seandainya serangga tersebut menyentuh pakaian Anda? Tentunya akan jadi tidak higienis, bukan?

Untungnya, salah satu manfaat kapur barus untuk pakaian juga mencakup menghindarkan dari serangga. Umumnya, kapur barus memiliki aroma wangi yang cukup kuat. Aroma wangi inilah yang akan “menyerang” serangga sehingga ia tidak akan mendekati area yang diberi kapur barus. Letakkan kapur barus di dalam lemari untuk melindungi pakaian Anda dari serangga.

Pakaian jadi beraroma wangi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, umumnya kapur barus memiliki aroma yang wangi. Itulah mengapa kapur barus kerap digunakan untuk mengusir aroma tidak sedap. Lalu, apakah ini artinya manfaat kapur barus untuk pakaian adalah dengan mengoleskannya pada pakaian kesayangan Anda?

Tentu bukan. Sebetulnya, hanya dengan meletakkan kapur barus secukupnya di sudut-sudut tertentu lemari, pakaian Anda biasanya akan ikut terpapar aroma wangi kapur barus tersebut. Jadi, ketika diambil dari lemari, pakaian tersebut pun tidak akan mengeluarkan bau apek.


Tips penggunaan kapur barus untuk pakaian

Dari ulasan singkat di atas, telah terbukti bahwa kapur barus memang membawa manfaat tersendiri terhadap pakaian. Walaupun begitu, tetap ada hal-hal khusus yang perlu diperhatikan terkait penggunaan kapur barus pada pakaian maupun secara umum. Berikut hal-hal penting tersebut:

  • Bagi yang kondisi kulitnya cenderung sensitif, Anda disarankan menempatkan kapur barus di sebuah wadah khusus atau membungkusnya dulu dengan tisu. Baru setelah itu letakkan di sudut lemari. Cara ini membantu meminimalisir paparan langsung kapur barus ke pakaian yang bisa berpotensi memicu reaksi iritasi kulit.

  • Hindarkan dari jangkauan anak-anak, terutama balita yang mudah menelan benda warna-warni. Sebagai contoh, jika ingin meletakkan kapur barus di dalam lemari, Anda bisa menaruhnya di rak bagian atas.

  • Bagi yang punya hewan peliharaan, jauhkan pula kapur barus dari jangkauan mereka. Jangan sampai hewan peliharaan menelannya karena bagaimana pun juga, kapur barus terbuat dari bahan kimia yang bukan untuk dimakan.

  • Gunakan kapur barus secukupnya dan jangan menghirupnya terlalu lama demi menghindarkan diri dari risiko kesehatan.

Sekarang Anda sudah tahu, kan, apa saja manfaat kapur barus untuk pakaian?Tidak hanya untuk mengharumkan, tapi juga membantu menghindarkan pakaian dari jamur dan serangga. Di samping menggunakan kapur barus, pastikan juga Anda selalu menjaga kebersihan lemari dan area penyimpanan pakaian, ya. Anda bisa beli peralatan kebersihan ini secara online di Klopmart!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya