Mengenal Macam-macam Triplek Untuk Berbagai Macam Keperluan

Ada macam-macam triplek yang bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Mulai dari membuat kerajinan, furniture, hingga keperluan konstruksi. Bahan yang satu ini juga tidak terlalu sulit untuk dicari. Berbagai toko bangunan pasti akan menjualnya. 

Nah, karena jenisnya yang banyak, maka tentu saja penggunaannya juga berbeda. Ada yang lebih cocok jika digunakan sebagai bahan baku kerajinan dan ada juga yang bagus untuk kegiatan pembangunan. Mengetahui jenis-jenis ini akan bisa membantu Anda agar tidak salah pilih nantinya. Yuk, mari kita perhatikan informasi yang ada di bawah ini.

Macam-macam Triplek

Triplek atau yang biasa juga dikenal dengan nama plywood ini adalah salah satu material bangunan yang memiliki banyak jenis. Terbuat dari lapisan kayu yang di-press menggunakan tekanan tinggi, hasilnya  adalah sebuah produk berbentuk lembaran yang cukup ringan. Walaupun kayu cenderung berkontraksi dan mengembang ketika terkena uap air, namun triplek yang terbuat dari lapisan kayu ini bisa menahan gerakan tersebut. Menjadikan kayu lapis lebih stabil secara dimensi. Komposisi ini juga membuatnya tahan terhadap bengkok, terpuntir, retak, pecah, dan susut. 

Variasinya pun juga banyak, maka tidak heran jika kita bisa kebingungan memilih mana yang cocok untuk kebutuhan. Ada yang tipis dan ada juga yang tebal. Semuanya memiliki fungsi tersendiri. Untuk memudahkan Anda dalam mengenali triplek mana yang dibutuhkan, maka informasi mengenai macam-macam triplek ini akan sangat berguna. Inilah berbagai jenis triplek yang bisa Anda jumpai di pasaran.

1. Low Density Fiberboard

Dikenal juga dengan singkatannya LDF, triplek ini dibuat dari sisa pecahan kayu, serbuk kayu bekas kegiatan menggergaji, dan berbagai macam potongan kecil kayu lainnya. Semua bahan baku ini di-press dengan daya tekan yang tinggi. Harga dari jenis ini cukup terjangkau, serta cocok dijadikan bahan untuk membuat lemari, meja kecil, dan berbagai kerajinan yang tidak perlu menopang beban yang berat, karena daya tahannya tidak sekuat jenis-jenis triplek lainnya.

2. Medium Density Fiberboard 

Ini adalah versi yang lebih kuat daripada LDF. Bahan ini terbuat dari campuran serat kayu lunak dan juga keras yang kemudian disatukan menggunakan lem dan di-press menggunakan tekanan tinggi. Triplek ini juga memiliki pori-pori yang rapat, membuatnya cocok sebagai bahan utama pembuatan furniture.

Baca Juga: Cara Memasang Sekat Kamar Tidur Dengan Triplek

3. Teakblock

Bahan dasar dari triplek jenis ini adalah lembaran kayu jati yang terkenal kuat dan tahan terhadap rayap. Lembaran-lembaran ini akan di-press sehingga akan padat. Untuk harganya, triplek ini termasuk dalam jenis yang memiliki harga cukup tinggi karena bahan dasarnya. Namun, Anda akan bisa mendapatkan banyak manfaat, salah satunya lapisan kayu yang kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca.

4. Blockboard

Jenis ini juga dikenal dengan nama triplek meranti. Terbuat dari tiga lapisan kayu yang memiliki serat berbeda, lalu di-press menjadi satu. Metode ini menghasilkan triplek yang fleksibel namun memiliki ketahanan yang baik. Beberapa bentuk pemanfaatannya adalah pada pembuatan meja, pintu, lemari, ataupun panel kayu pada konstruksi bangunan.

5. Melaminto

Melaminto mempunyai permukaan yang dilapisi oleh melanin dan polyester, menciptakan tekstur yang mulus dan rapi. Dengan begitu sangat sering digunakan sebagai pelapis untuk mempercantik tampilan furniture ataupun pintu.

Itulah beberapa jenis triplek yang bisa Anda jumpai. Semuanya memiliki fungsi yang berbeda. Anda bisa menemukan Triplek Teakwood di Klopmart yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan. Temukan macam-macam triplek lainnya di website kami sekarang juga.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Macam Ukuran Triplek 1 Lembar Untuk Keperluan Anda


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
02 Des 2021

Related Article