Home & Living

Daftar Ukuran Triplek 1 Lembar Lengkap dan Jenisnya dalam Dunia Konstruksi

Media
01 Des 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Informasi mengenai ukuran triplek 1 lembar ini akan sangat berguna dalam merancang berbagai macam renovasi dan pembangunan yang membutuhkan bahan ini. Anda akan bisa menentukan berapa ukuran yang akan dibeli sehingga pengaturan budget juga menjadi lebih baik dan terkontrol. Di pasaran akan ada banyak ukuran yang bisa ditemui. Namun, melalui informasi ini Anda akan bisa mencari tahu lebih banyak informasi mengenai ukuran dari triplek. Perhatikan hal-hal di bawah ini.

Berbagai Macam Ukuran Triplek 1 Lembar 

Bahan yang mudah dibentuk ini memiliki segudang kegunaan. Tidak heran jika ada banyak konstruksi yang memanfaatkannya. Triplek atau kayu lapis/plywood terbuat dari berbagai helai kayu tipis yang kemudian akan direkatkan. Secara umum, berbagai ukuran triplek 1 lembar yang bisa ditemui di pasaran adalah:

Jenis Ketebalan Triplek

Ukuran Panjang x Lebar Triplek

Triplek 3 mm

2440 x 1120 mm (96 inch x 48 inch x 1/8 inch)

Triplek 6 mm

2440 x 1120 mm (96 inch x 48 inch x 1/4 inch)

Triplek 9 mm

2440 x 1120 mm (96 inch x 48 inch x 3/8 inch)

Triplek 12 mm

2440 x 1120 mm (96 inch x 48 inch x 1/2 inch)

Triplek 15 mm

2440 x 1120 mm (96 inch x 48 inch x 5/8 inch)

Triplek 18 mm

2440 x 1120 mm (96 inch x 48 inch x 3/4 inch)

Triplek 25 mm

2440 x 1120 mm (96 inch x 48 inch x 1 inch)

Triplek 32 mm

2440 x 1120 mm (96 inch x 48 inch x 1 1/4 inch)

 

Anda bisa memilih sesuai kebutuhan, apakah akan digunakan sebagai flooring, furniture, pelapis dinding, sekat ruangan, atau bahan kerajinan, tinggal disesuaikan saja. Namun apakah setiap jenis dari triplek itu sama? Tentu saja tidak. Triplek memiliki berbagai macam jenis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Jenis-jenis Triplek

Ada berbagai macam jenis triplek yang bisa ditemui, beberapa di antaranya adalah di bawah ini.

1. Triplek Low Density Fiberboard 

Ini adalah triplek yang terbuat dari pecahan kayu, serbuk kayu atau sisa hasil gergajian. Terkadang juga ditambahkan dengan resin sintetik yang lalu di-press bersamaan menjadi hasil akhir yang padat namun tidak memiliki kekuatan yang cukup besar.

2. Triplek Medium Density Fiberboard

Dibuat dari serat kayu lunak dan keras yang lalu ditempelkan dengan lem bertemperatur dan tekanan tinggi.  Banyak digunakan dalam pembuatan furnitur karena kekuatannya yang cukup mumpuni. Kelemahan MDF adalah tidak tahan air.

3. Multiplek

Triplek jenis ini terbuat dari kulit kayu yang disusun dan direkatkan menjadi lapisan yang cukup tebal. Setelah itu, susunan ini akan di-press menggunakan mesin bertekanan tinggi sehingga menghasilkan multiplek. Teksturnya cukup rapat dengan daya tahannya juga tinggi dan tahan terhadap air.


4. Blockboard

Tiga lapisan kayu dari serat yang berbeda-beda lalu di press menjadi satu akan disebut sebagai Blockboard. Memiliki sifat yang ringan dan banyak digunakan juga sebagai bahan dari furniture rumah tangga ataupun konstruksi.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Lemari Pakaian dari Triplek Yang Awet

Itulah dia informasi yang bisa kami berikan. Jika Anda membutuhkan triplek, maka coba cek harga Triplek Teakwood di Klopmart ini. Temukan sesuai ukuran  triplek 1 lembar yang Anda inginkan.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya