Tips & Trik

3 Lem Sepatu Paling Kuat dan Tips Memilih Lem yang Tepat

Media
19 Feb 2024

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Lem sepatu paling kuat dapat menjadi solusi praktis saat Anda menghadapi masalah sepatu yang rusak, seperti sobek atau bagian sol yang lepas. Kendala ini sering muncul secara tiba-tiba dan menciptakan situasi yang cukup merepotkan.



Di tengah kekhawatiran itu, solusinya ada pada pemilihan lem sepatu yang tepat. Jika kerusakan tidak begitu parah, menggunakan lem sepatu bisa menjadi solusi yang efektif untuk memperbaiki sepatu Anda. Mari simak sejumlah rekomendasi lem sepatu yang paling kuat untuk membuat sepatu Anda menjadi lebih awet.

3 Rekomendasi Lem Sepatu Paling Kuat

Berikut beberapa rekomendasi lem sepatu paling kuat yang dapat diandalkan untuk memperbaiki sepatu Anda.

1. Aica Aibon 601

Siapa yang tidak mengenal lem Aica Aibon 601? Lem Aibon sangat populer karena harganya yang terjangkau sekaligus menawarkan solusi efektif dengan tekstur kental dan warna kuning yang khas. Popularitasnya tidak terlepas dari kualitas daya rekatnya yang sangat kuat.

Meski waktu keringnya cenderung lama, hal ini justru membuat lem Aica Aibon 601 lebih mudah dibersihkan saat dirasa kurang rapi saat pengaplikasian. Lem Aica Aibon 601 cocok untuk merekatkan sepatu berbahan plastik atau karet.

2. LEM G Korea Super

LEM G Korea Super yang sering dikenal sebagai super glue atau lem Korea. Lem ini sangat populer karena daya rekatnya yang tinggi. Memiliki komposisi utama cyanoacrylate, Lem G Korea Super cocok untuk digunakan pada benda berbahan plastik, karet, logam, kayu, kulit, hingga keramik.

Bukan hanya itu saja, Lem G Korea Super juga memiliki sifat tahan air, sehingga cocok untuk pemakaian sehari-hari dan berbagai kondisi cuaca. Selain itu, kemampuannya untuk menghadapi tekanan dan gerakan membuatnya menjadi opsi yang dapat diandalkan untuk perbaikan sepatu yang membutuhkan daya tahan ekstra.

3. Lem Fox Epoxy

Meskipun umumnya digunakan untuk merekatkan bahan keras, tetapi Lem Fox Epoxy layak dipertimbangkan untuk digunakan memperbaiki sepatu dengan kekuatan perekat yang tinggi. Meski begitu, hal ini bergantung pada jenis bahan sepatu yang dimiliki.

Jika sepatu Anda terbuat dari bahan yang tidak terlalu fleksibel atau memiliki permukaan yang keras, lem epoxy mungkin bisa digunakan. Namun, jika sepatu terbuat dari bahan yang fleksibel, seperti kanvas atau kulit, lem epoxy mungkin kurang cocok karena kurang elastis.

Baca juga: 6 Jenis Jenis Lem beserta Kegunaannya

Jenis-Jenis Lem Sepatu Paling Kuat

Setiap jenis lem memiliki karakteristiknya sendiri dan menawarkan kekuatan dan fleksibilitas yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis lem sepatu yang dapat Anda pertimbangkan untuk memperbaiki sepatu.

1. Lem Epoxy

Lem epoxy dikenal dengan kekuatan perekatnya yang tinggi sehingga ideal untuk merekatkan bahan-bahan keras, seperti kulit, kanvas, atau plastik. Meskipun kurang fleksibel, keunggulan utamanya terletak pada daya rekat yang kokoh dan tahan lama. Dengan demikian, lem epoxy dapat dijadikan pilihan bijak untuk perbaikan sepatu yang memerlukan kekuatan ekstra.

2. Lem Karet

Lem karet dengan sifat elastisitasnya yang tinggi merupakan pilihan yang baik untuk sepatu yang mengalami gerakan atau tekanan yang lebih besar. Kelebihan fleksibilitasnya membuat lem karet sering digunakan pada sepatu olahraga atau sepatu yang memerlukan adaptasi terhadap berbagai bentuk pergerakan.

3. Lem Super Glue

Lem super glue menawarkan kekuatan perekatan instan yang tinggi. Meskipun sering digunakan untuk perbaikan secara cepat, sebaiknya Anda menggunakan lem super glue dengan hati-hati karena kurang tahan terhadap tekanan dan gerakan yang mungkin terjadi pada sepatu selama pemakaian normal.

4. Lem Polyurethane

Lem polyurethane merupakan lem sepatu yang menggabungkan daya kekuatan dan fleksibilitas. Jenis lem ini cocok untuk berbagai jenis bahan sepatu dan memberikan hasil perekatan yang tahan lama. Kombinasi antara kekuatan dan kemampuan untuk menyesuaikan dengan pergerakan sepatu membuat lem polyurethane menjadi pilihan lem serbaguna.


Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Lem Super Glue di Tangan

6 Tips Memilih Lem Sepatu Terbaik

Saat memilih lem sepatu yang tepat, sangat penting untuk memperhatikan beberapa faktor kunci guna memastikan perbaikan yang efektif dan tahan lama. Berikut sejumlah tip dalam memilih lem sepatu terbaik.

1. Kekuatan Tahan Air

Mempertimbangkan untuk memilih lem yang tahan air merupakan langkah penting dalam memilih lem sepatu terbaik. Sebaiknya, Anda memilih lem sepatu yang tahan terhadap air atau kondisi lembap agar hasil perbaikan tetap kuat dan awet walaupun dalam kondisi basah.

2. Daya Rekat

Pastikan bahwa lem sepatu yang Anda pilih memiliki daya rekat yang sesuai dengan jenis bahan sepatu yang akan direkatkan. Bahan sepatu yang lebih fleksibel mungkin memerlukan lem dengan tingkat elastisitas yang baik. Sementara itu, bahan sepatu yang lebih keras cenderung membutuhkan kekuatan perekat yang lebih tinggi.

3. Waktu Pengeringan Lem

Tip selanjutnya adalah memperhatikan waktu pengeringan lem. Beberapa lem mampu mengering dengan cepat, sedangkan lem lain memerlukan waktu lebih lama. Pilih lem yang sesuai dengan kebutuhan waktu perbaikan. Memahami waktu pengeringan lem juga dapat membantu Anda mengatur dan merencanakan proses perbaikan dengan lebih efisien.

4. Kesesuaian dengan Bahan Sepatu

Selalu periksa petunjuk pemakaian dan pastikan bahwa lem yang Anda pilih sesuai dengan bahan sepatu yang akan diperbaiki. Setiap jenis lem memiliki karakteristik khusus dan memilih lem yang sesuai dengan bahan sepatu dapat memastikan hasil yang optimal dan tahan lama. Pilihlah lem yang dirancang khusus untuk jenis bahan sepatu yang Anda miliki guna mencapai hasil perbaikan yang memuaskan.

5. Tingkat Fleksibilitas

Fleksibilitas lem merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan, terutama jika Anda menggunakan sepatu untuk kegiatan yang memerlukan gerakan intensif. Sebaiknya, pilih lem yang memberikan hasil rekat yang kuat sekaligus tetap fleksibel. Dengan demikian, hasil perbaikan sepatu dapat memberi kenyamanan saat digunakan.

Baca juga: 10 Cara Menggunakan Lem Besi atau Epoxy

6. Reputasi Merek Lem

Terakhir, perhatikan reputasi merek lem yang Anda pilih. Merek-merek terkemuka seringkali memberikan jaminan kualitas dan performa efektif. Membaca ulasan dari pengguna sebelumnya juga dapat memberikan informasi berharga tentang pengalaman penggunaan lem tersebut.

Melalui pertimbangan berbagai keunggulan dari sejumlah rekomendasi merek lem sepatu paling kuat yang telah dijelaskan sebelumnya, hal ini dapat memberikan hasil perbaikan yang optimal. Perlu dicatat juga bahwa sebaiknya Anda mempertimbangkan bahan sepatu yang akan diperbaiki dan reputasi merek lem itu sendiri untuk memperpanjang masa pakai sepatu.



Apabila Anda sedang mencari tempat jual lem berkualitas, pertimbangkan untuk membelinya di Klopmart. Sebagai toko material bahan bangunan online terlengkap, Klopmart menyediakan berbagai merek lem serbaguna yang berkualitas untuk memastikan perbaikan sepatu Anda berlangsung dengan lancar dan tahan lama.

Jangan lewatkan penawaran spesial dari kami! Segera kunjungi laman resmi Klopmart untuk mendapatkan lem serbaguna berkualitas!

Sumber rujukan:

  • https://www.aica.co.id/artikel/aica-aibon-the-best-quality-of-yellow-adhesive/ 

  • https://www.pinkvilla.com/select/best-glue-for-shoes-1229906#3-in-this-article-list

Inspirasi Lainnya

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Home & Living

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Selengkapnya
10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Selengkapnya
8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Home & Living

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Selengkapnya
Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb