10 Cara Menggunakan Lem Besi Sesuai Kebutuhan dengan Aman

Cara menggunakan lem besi sebenarnya bukanlah hal yang terlalu sulit. Anda harus teliti dan juga hati-hati menggunakannya agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Lem yang satu ini akan sangat berguna untuk merekatkan besi atau logam ke berbagai bahan lain seperti ke sesama logam atau material lainnya seperti kayu. Lem ini juga biasa disebut sebagai lem epoxy. Jika ingin menggunakannya, Anda harus tahu fungsi serta cara menggunakannya terlebih dahulu. Kali ini kita akan membahas kedua hal tersebut. Mari kita mulai.
 

Mengenal Lem Epoxy atau Lem Besi

Lem epoxy adalah lem yang terdiri dari dua kandungan, yaitu pengeras dan resin. Jika kedua kandungan ini disatukan, maka akan membentuk kandungan plastik yang keras serta tahan lama. Kandungan lem epoxy dapat menghasilkan panas saat bekerja, berperan penting untuk membantu lem epoxy merekatkan material-material Anda. Panas yang dihasilkan akan berbanding lurus dengan jumlah lem yang diaplikasikan, semakin banyak yang diberikan, maka semakin besar panas yang dihasilkan, mempengaruhi waktu pendinginan. Jika Anda menerapkan lem secukupnya atau dalam jumlah yang kecil, maka waktu untuk menunggunya untuk dingin juga semakin singkat. Jika Anda butuh menerapkan lem dalam jumlah yang besar, tuangkan campuran lem ke dalam wadah datar yang cukup besar. Tujuannya untuk menunggu waktu pendinginan berkurang dan waktu kerja Anda dalam menerapkan lem bisa lebih maksimal.


Mengoptimalkan Aplikasi Lem Epoxy: Strategi Pemakaian yang Efisien

Lem epoxy adalah lem yang terdiri dari dua kandungan, yaitu pengeras dan resin. Jika kedua kandungan ini disatukan, maka akan membentuk kandungan plastik yang keras serta tahan lama. Kandungan lem epoxy dapat menghasilkan panas saat bekerja, berperan penting untuk membantu lem epoxy merekatkan material-material Anda.

Panas yang dihasilkan akan berbanding lurus dengan jumlah lem yang diaplikasikan, semakin banyak yang diberikan, maka semakin besar panas yang dihasilkan, mempengaruhi waktu pendinginan. Jika Anda menerapkan lem secukupnya atau dalam jumlah yang kecil, maka waktu untuk menunggunya untuk dingin juga semakin singkat.

Jika Anda butuh menerapkan lem dalam jumlah yang besar, tuangkan campuran lem ke dalam wadah datar yang cukup besar. Tujuannya untuk menunggu waktu pendinginan berkurang dan waktu kerja Anda dalam menerapkan lem bisa lebih maksimal.

Keselamatan Dalam Menerapkan Lem Epoxy

Ketika ingin menggunakan lem yang satu ini, ada beberapa langkah atau tindakan keamanan kerja yang harus Anda perhatikan, seperti:

  • Gunakan pakaian pelindung dan kacamata keselamatan saat Anda bekerja dengan menggunakan lem epoxy. 
  • Gunakan sarung tangan yang berbahan nitril atau lateks. 
  • Pastikan Anda bekerja di ruangan yang berventilasi baik atau memakai respirator/masker. 
  • Berhati-hatilah dalam membuang kain bekas dalam wadah logam tertutup.

Dalam menggunakan lem epoxy, sangat dianjurkan untuk Anda mengikuti rekomendasi pabrikan dan menggunakan takaran resin dan pengeras yang tepat untuk memastikan lem bekerja dan mencapai kekuatan maksimumnya.
 

Kegunaan Lem Besi atau Lem Epoxy

    Lem untuk besi yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai macam hal, beberapa diantaranya adalah:

  • Merekatkan benda yang terbuat dari bahan seperti besi, baja, tembaga, plastik, kayu, keramik, dan berbagai bahan lainnya
  • Memperbaiki berbagai peralatan rumah tangga, serta tahan panas dan memiliki daya rekat tinggi.
  • Sebagai lapisan dasar atau sealer untuk mengurangi ekspansi dan kontraksi pada kayu
  • Dan berbagai kegunaan lainnya.

Baca juga: cara menambal tangki mobil bocor dengan lem besi
 

10 Cara Menggunakan Lem Besi

Untuk menggunakan lem ini dengan benar, inilah cara menggunakan lem besi dengan tepat dan aman :

1. Persiapkan Permukaan

Sebelum melakukan penyambungan, penting untuk memastikan bahwa permukaan besi yang akan direkatkan berada dalam kondisi yang optimal. Pastikan permukaan besi yang bagus tersebut bersih dan bebas dari debu, minyak, atau karat yang dapat menghambat kualitas penyambungan.

Jika ditemukan kontaminan seperti debu atau minyak, disarankan untuk menggunakan amplas atau membersihkannya dengan pelarut guna memastikan adhesi yang baik. Tindakan ini tidak hanya meningkatkan daya rekat antara material, tetapi juga dapat memastikan keberhasilan proses penyambungan besi dengan kualitas yang optimal.

2. Pilih Jenis Lem yang Sesuai

Dalam konstruksi, pemilihan jenis lem yang emiliki daya rekat yang tepat sangat penting untuk kekokohan dan keberlanjutan proyek. Berbagai jenis lem dirancang khusus untuk kebutuhan yang beragam.

Disarankan menggunakan lem besi atau epoxy resin berkualitas baik untuk pengikatan material besi. Lem besi memiliki formulasi khusus untuk daya rekat optimal pada logam, sementara lem epoxy resin terkenal dengan kekuatan dan daya tahan yang baik.

Memilih lem yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi dapat memastikan penyambungan material besi efektif dan aman, berkontribusi pada keberhasilan dan ketahanan keseluruhan bangunan Anda.

3. Aplikasikan Lem dengan Merata

Dalam tahapan penggunaan lem pada permukaan besi, disarankan untuk mengaplikasikan lem dengan menggunakan spatula atau alat aplikator yang sesuai guna memastikan distribusi lem secara merata. Keberhasilan penyambungan sangat tergantung pada teknik aplikasi lem ini.

Penting untuk memastikan bahwa lapisan lem yang diterapkan tidak terlalu tebal atau terlalu tipis, karena hal ini dapat mempengaruhi kemampuan besi untuk menempel dengan sempurna. Dengan menggunakan alat yang tepat dan memperhatikan konsistensi lapisan lem, Anda dapat meningkatkan efektivitas penyambungan, menghasilkan hasil yang kuat dan tahan lama pada material besi.

4. Sesuaikan Waktu Pengeringan

Penting untuk mematuhi petunjuk waktu pengeringan lem yang tercantum pada kemasan agar penyambungan berhasil. Selama proses pengeringan, hindari menyentuh atau mengganggu bahan yang direkatkan untuk memastikan hasil akhir mencapai kekuatan dan daya tahan yang diinginkan. Memperhatikan panduan ini krusial untuk hasil optimal pada proyek konstruksi atau pengerjaan lainnya.

5. Satukan Bagian yang Akan Direkatkan

Pada tahap selanjutnya, letakkan kedua bagian besi yang akan direkatkan bersamaan dan terapkan tekanan dengan sungguh-sungguh. Pastikan bahwa kedua permukaan bersentuhan penuh dengan lapisan lem.

Dengan melakukan langkah ini, Anda tidak hanya memastikan adhesi yang baik tetapi juga memperkuat keterikatan antara kedua material besi.

Tekanan yang cukup saat penyambungan dapat meningkatkan kemampuan lem untuk mengikat dan menghasilkan penyambungan yang kokoh dan tahan lama.

6. Berikan Tekanan

Tekan atau berikan tekanan pada bagian yang direkatkan selama periode waktu yang disarankan oleh produsen lem. Ini membantu dalam pembentukan ikatan yang kuat antara kedua permukaan.

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Cat Epoxy Besi Secara Cepat

7. Biarkan Mengering dengan Sempurna

Biarkan lem mengering sepenuhnya sesuai petunjuk pada kemasan. Waktu pengeringan yang kurang dari yang diperlukan dapat mengurangi kekuatan ikatan.

8. Uji Kekuatan Lem

Setelah lem benar-benar kering, uji kekuatan ikatan dengan mencoba memisahkan kedua bagian. Pastikan bahwa lem memberikan ikatan yang kuat dan tahan terhadap beban yang diharapkan.

9. Lakukan Finishing (Opsional)

Jika diperlukan, lakukan proses finishing seperti pengamplasan atau pengecatan untuk menyempurnakan tampilan dan meningkatkan perlindungan terhadap korosi.

10. Ikuti Petunjuk Keselamatan

Selalu patuhi petunjuk keselamatan yang tertera pada kemasan lem. Pastikan ruangan terventilasi baik dan gunakan perlindungan diri seperti sarung tangan dan masker jika diperlukan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menggunakan lem besi dengan efektif dan memastikan hasil yang tahan lama.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Gunakan produk berkualitas dan juga perhatikan berbagai prosedur keamanan ketika Anda ingin menggunakan lem yang satu ini. Semoga dengan cara menggunakan lem besi ini Anda bisa mengaplikasikannya dengan benar dan juga efektif, dapatkan juga lem besi berkualitas hanya di Klopmart sekarang juga!


Sumber:

  • https://crona.id/mengenal-lem-epoxy-dan-penyebab-lem-epoxy-tidak-kering/
  • https://www.lemkayu.net/apa-itu-lem-epoxy-apakah-lem-ini-paling-kuat-2807.html
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya