8 Cara Menghilangkan Lem Super Glue di Tangan dengan Mudah!

Sudah melakukan berbagai cara menghilangkan lem super glue di tangan, tetapi lem tersebut masih saja menempel dan tak kunjung hilang. Jangan khawatir, Anda dapat menghilangkan lem super glue dengan mudah dan efektif dengan cara-cara di bawah ini.

Sebelum membahas lebih lanjut, lem super glue adalah jenis lem yang digunakan untuk menempelkan berbagai jenis benda dengan sangat kuat. Lem super glue dapat menyebabkan iritasi, gatal-gatal, atau bahkan luka bakar jika tidak segera dihilangkan.

Untuk menghilangkan lem super glue dari tangan, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini.


Bagaimana Cara Menghilangkan Lem Super Glue di Tangan?

Sebelum menerapkan cara untuk menghilangkan lem super glue di tangan, perlu diingat bahwa tidak semua metode yang diberikan akan sesuai dengan kulit Anda. Beberapa bahan yang digunakan dapat membahayakan kesehatan kulit jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif. Namun, Anda dapat mempelajari tips yang diberikan di bawah ini untuk mengetahui cara yang paling efektif dan aman untuk menghilangkan lem super glue dari tangan.

1. Gunakan Garam

Beberapa artikel menyebutkan bahwa bahan dapur yang sering digunakan dalam masakan seperti garam dapat digunakan untuk menghilangkan lem super glue dari tangan. Garam dikatakan dapat digunakan karena abrasif, yang dapat digunakan untuk mengikis lem yang menempel. 

Cara menggunakannya adalah dengan mengambil garam secukupnya dan meletakkannya di sekitar jari yang terkena lem. Kemudian campurkan dengan air secukupnya dan gosokkan campuran garam tersebut di tangan selama 30-60 detik lalu bilas dengan perlahan. 

Beberapa lem akan terkelupas setelah digosok dengan garam, namun mungkin masih ada beberapa lem yang masih mengeras dan tidak dapat terkelupas.

2. Oleskan Minyak atau Margarin

Margarin mengandung lemak yang dapat melembutkan lem super glue dan membuatnya lebih mudah untuk dikelupas. 

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan margarin pada area kulit yang terkena lem. Biarkan selama beberapa menit agar margarin dapat meresap ke dalam lem. Kemudian gunakan pemotong kuku untuk mengelupas lem dengan lembut. Setelah selesai, bilas tangan dengan air dan sabun untuk membersihkan sisa-sisa margarin. 

Namun, perlu diingat bahwa margarin hanya efektif digunakan pada lem yang masih basah, jadi jangan menunggu terlalu lama untuk membersihkan lem super glue dari tangan.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Lem Pipa di Tangan dengan Mudah

3. Hilangkan Lem dengan Mineral Spirit

Mineral spirit adalah cairan yang digunakan sebagai pelarut untuk berbagai jenis bahan seperti cat, lem, atau minyak. Cairan ini dapat digunakan untuk membersihkan peralatan dan membuatnya siap digunakan kembali. 

Dalam hal menghilangkan lem super glue dari tangan, mineral spirit dapat digunakan dengan cara mengoleskan cairan tersebut pada area yang terkena lem, dan mengelupas lem dengan menggunakan sikat gigi atau pemotong kuku yang steril. Setelah itu bilas tangan dengan air dan sabun untuk membersihkan sisa-sisa mineral spirit. 

Hal yang perlu diketahui bahwa mineral spirit adalah bahan kimia yang sangat berbahaya jika terkena api, oleh karena itu harus digunakan dengan sangat hati-hati dan dalam ruangan yang ter-ventilasi yang baik.

4. Gosok dengan Batu Apung

Batu apung adalah salah satu bahan eksfolian yang digunakan untuk membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati yang sudah menumpuk. Cara kerja batu apung ini bisa juga diterapkan untuk mengangkat lapisan lem yang membandel di tangan.

Sebelum menggosok tangan dengan batu apung, rendam tangan dan batu apung dalam air hangat terlebih dahulu. Kemudian, gosokkan batu apung ke tangan secara perlahan dengan gerakan melingkar.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan dengan hati-hati dan hindari menggosok dengan keras. Hal ini dikarenakan batu apung memiliki tekstur yang kasar, dan dikhawatirkan akan menyebabkan luka baru atau infeksi pada kulit.

5. Menggunakan Petroleum Jelly

Cara yang paling aman untuk mengatasi masalah lem yang menempel di tangan adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit seperti petroleum jelly. 

Sebelum mengoleskan petroleum jelly, bersihkan tangan Anda dengan air sabun hangat. Kemudian oleskan petroleum jelly pada area yang terkena lem. Gosok secara perlahan selama satu menit menggunakan alat kikir kuku lalu ulangi proses ini secara perlahan hingga lapisan lem terlepas.

6. Oleskan Aseton

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan merendam tangan dalam air sabun hangat. Kemudian, oleskan aseton pada area yang terkena lem. Tunggu sampai kering, dan gosok lem dengan kertas ampelas sampai hilang dengan sendirinya.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya, terutama jika memiliki kulit sensitif atau luka terbuka di sekitar area yang terkena lem.

7. Rendam dengan Perasan Air Lemon

Perasan air lemon dapat digunakan untuk menghilangkan lem super glue yang menempel pada tangan. Asam dalam lemon yang terkandung di dalamnya dapat melemahkan kekuatan lem dan membuatnya mudah untuk dikelupas.

Untuk menggunakannya, tuangkan perasan lemon dalam wadah dan rendam tangan Anda selama 5-10 menit. Setelah itu, gunakan cotton bud atau sikat gigi untuk mengelupas lem dari tangan. Ulangi proses ini sampai lem terangkat semuanya.


8. Bersihkan dengan Detergen

Detergen dapat digunakan sebagai cara efektif untuk membersihkan lem yang menempel kuat pada kulit. Anda tidak perlu menambahkan banyak detergen, cukup tambahkan satu sendok makan detergen ke dalam air hangat.

Setelah itu, Anda dapat meletakkan tangan dalam larutan detergen yang telah dibuat tersebut selama minimal 20 menit. Selama proses ini, Anda dapat melakukan pemijatan perlahan pada tangan Anda untuk membantu mengangkat residu lem yang menempel. Dengan melakukan hal ini secara perlahan dan terus-menerus, Anda dapat dengan mudah membersihkan lem yang menempel pada tangan Anda.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Lem pada Kran dengan Mudah

Menghadapi masalah lem super glue yang menempel pada tangan memang bisa menjadi hal yang menyebalkan, tetapi dengan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menghilangkannya dengan mudah dan efektif. Mulai dari penggunaan bahan-bahan alami seperti garam, minyak, atau air lemon, hingga bahan kimia seperti petroleum jelly, aseton, atau mineral spirit, setiap metode memiliki keunggulannya masing-masing dalam mengatasi lem super glue.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan bahan kimia harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk penggunaannya agar tidak menimbulkan iritasi atau kerusakan pada kulit. Selain itu, perlu diingat bahwa penggunaan bahan-bahan tertentu mungkin tidak cocok bagi individu dengan kulit yang sangat sensitif. Dengan memilih metode yang sesuai dan melakukannya dengan hati-hati, Anda dapat dengan cepat mengatasi masalah lem super glue yang menempel pada tangan Anda. Bagi Anda yang sedang mencari lem super untuk membuat furniture di rumah cobalah gunakan lem besi dextone. 

Untuk mendapatkan lem besi dextone yang diinginkan, Klopmart jual lem besi dextone dan berbagai bahan bangunan lainnya hanya dalam genggaman tangan Anda. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Klopmart sekarang juga! Semoga artikel mengenai cara menghilangkan lem super glue di tangan ini memudahkan Anda melepas lem yang menempel, ya!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya