4 Jenis Selang Air beserta Fungsinya

Siapa sangka setiap jenis selang air memiliki fungsi yang berbeda di dalam penggunaanya? Ya, selang air yang pada umumnya Anda gunakan memiliki fungsi utama untuk mendistribusikan air dari sumber air ke tempat yang akan dialiri air. 

Tetapi tahukah Anda, bahwa selang air memiliki fungsi yang berbeda berdasarkan jenisnya? Bahkan, selang air juga memiliki fungsi yang berbeda berdasarkan material pembuatannya. 

Untuk mengetahui lebih dalam tentang selang air, Klopmart akan mengulas apa saja jenis selang air hingga tips terbaik untuk memilih selang air yang sesuai dengan kebutuhan Anda! Jangan lewatkan artikel berikut, pastikan Anda membacanya hingga tuntas!

Jenis-Jenis Selang Air

Jika dibedakan berdasarkan material pembuatnya, selang air dapat dikategorikan menjadi empat jenis. Berikut adalah keempat jenis selang air yang harus Anda ketahui!

1. Bahan Vinyl

Selang air berbahan dasar vinyl adalah jenis yang paling banyak digunakan di masyarakat. Selang air ini biasa digunakan untuk penggunaan keseharian di rumah maupun dalam proses pembangunan. Selang air vinyl seakan menjadi ikon utama ketika seseorang menyebut selang air, karena jenis inilah yang paling sering ditemui dan dipakai.

Selang air vinyl memiliki ciri khas bahan yang paling lentur dan tidak sekuat jenis-jenis selang air berikutnya. Ketebalannya saja tidak lebih dari 3mm, yang membuatnya menjadi mudah bocor dan robek. Karena ketebalannya yang tipis, jenis selang air ini sebenarnya berfungsi untuk pekerjaan yang ringan saja. Maka dari itu, selang air vinyl memiliki harga yang paling terjangkau dari jenis selang air lainnya.

2. Bahan PVC

Selang air berbahan dasar PVC juga merupakan jenis selang air yang sering ditemui di masyarakat. Jenis selang air ini biasa digunakan di rumah, seperti untuk kran air di kamar mandi atau dapur, atau ketika mencuci kendaraan di rumah.

Jenis selang air PVC memiliki karakteristik tampilan yang transparan. Biasanya selang air ini berfungsi untuk mengalirkan air bersih, karena dengan bantuan tampilan yang transparan dapat melihat kondisi air yang dialirkan secara langsung. Selang air PVC juga memiliki tingkat kelenturannya yang bisa dikatakan elastis, sehingga dapat menyesuaikan bentuk dan ukuran kran air.

Selang benang merupakan salah satu dari contoh selang air berbahan dasar PVC. Harga selang benang kebanyakan dapat dikatakan terjangkau daripada selang air lainnya.

Baca juga: Jenis Jenis Pompa Air dan Fungsinya

3. Bahan Karet

Berbeda dari kedua jenis selang air sebelumnya, selang air berbahan dasar karet memiliki karakteristik bobotnya yang lebih berat. Selain itu, selang air berbahan dasar karet ini memiliki ciri khas materialnya yang tebal sehingga tidak mudah bocor atau robek. 

Jika dilihat dari karakteristiknya saja, selang air berbahan karet ini memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dari kedua selang air sebelumnya. Namun, banyak orang yang membeli selang air berbahan dasar karet ini untuk ketahanannya yang terhitung lama.

4. Bahan Stainless Steel

Apabila dilihat dari jenis materialnya, selang air berbahan dasar stainless steel memasang harga yang paling tinggi dari ketiga jenis selang air lainnya. Bentuk fisik selang air yang satu ini adalah keras karena terbuat dari stainless steel. Selang air stainless steel memiliki ciri khas berwarna silver atau perak yang mengkilat.

Selang air ini didesain untuk dapat mendistribusikan air tanpa mengalami kebocoran sedikitpun. Biasanya, selang air ini akan dipakai untuk mendistribusikan air pada shower atau pemanas air di kamar mandi.

Selain berdasarkan bahan materialnya, selang air juga bisa dibedakan berdasarkan ukurannya. Berikut adalah 4 kategori selang air berdasarkan ukurannya.

  • Ukuran ¼ inci adalah ukuran terkecil pada selang air. Selang air ini kebanyakan hanya digunakan untuk waterpas saja.
  • Ukuran ½ inci adalah ukuran yang paling banyak dijual dan dicari di masyarakat. Hal ini dikarenakan kran air yang biasa dipakai di rumah memiliki ukuran ½ inci. Maka dari itu, demand selang air ukuran ini merupakan yang paling banyak di pasaran.
  • Ukuran ¾ inci digunakan dalam beberapa keperluan khusus saja. Tidak semua memasang kran air yang memiliki ukuran ¾ inci, namun biasanya digunakan untuk mencuci kendaraan atau menyiram tanaman karena membutuhkan debit air dan tekanan yang lebih besar.
  • Ukuran 1 inci adalah ukuran selang air yang terbesar. Penggunaan selang air ini biasanya didesain untuk kegiatan besar seperti menyambung paralon yang berukuran sama. 

Tips Memilih Selang Air

Setelah mengetahui jenis-jenis ada selang air, pasti Anda bingung untuk memilih jenis mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan? Tidak perlu khawatir karena Klopmart akan memberikan tips yang bisa dilakukan untuk memilih selang air.

1. Ukur Panjang Selang Air yang Dibutuhkan

Sebelum membeli selang air, Anda harus memastikan berapa panjang selang air yang dibutuhkan. Kemungkinan terburuk apabila tidak mengukur berapa panjang selangnya, Anda bisa saja harus membeli lagi bila ternyata selang yang dibeli terlalu pendek.

Baca juga: 3 Rekomendasi Merk Mesin Pompa Air Jet Pump Terbaik

2. Pastikan Ukuran Kepala Kran

Memastikan ukuran kepala kran air Anda adalah hal yang wajib dilakukan untuk mengetahui selang air mana yang sesuai. Jangan sampai salah apabila tidak ingin mengeluarkan biaya lagi karena membeli selang air yang salah.

3. Pilihlah Bahan yang Sesuai

Untuk memilih selang air, Anda harus mengetahui tujuan selang air itu untuk mendistribusikan air yang bagaimana, apakah untuk pekerjaan ringan atau malah sebaliknya. Pastikan pula jangka waktu penggunaan selang, sehingga Anda bisa membeli bahan yang sesuai dengan rencana Anda. 

Mudahnya, sebelum Anda membeli selang air pastikan untuk mengetahui segala aspek seperti tujuan pembelian produk tersebut, bahkan spesifikasi dari produk tersebut. Untuk pembelian produk toko bangunan yang menyertakan informasi spesifikasi produk bisa Anda dapatkan dengan Klopmart

Klopmart menawarkan pengalaman belanja produk di toko bangunan tanpa harus keluar dari rumah. Hanya dengan mengakses Klopmart melalui perangkat kesayangan Anda, semua urusan perbelanjaan mengenai toko bangunan bisa dilakukan dengan mudah. Anda membutuhkan sesuatu? Segera hubungi kami di sini!

Sumber : 


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
23 Nov 2022

Related Article