5 Jenis-Jenis Pengelasan dan Cara Kerjanya

Tahukah Anda bahwa ternyata ada berbagai jenis-jenis pengelasan? Istilah untuk teknik menyambungkan logam ini tidak hanya sesederhana yang Anda kira. Pengelasan sendiri memiliki banyak jenis yang dapat dibedakan berdasarkan cara kerjanya.

Untuk mengetahui lebih jauh apa saja jenis-jenis pengelasan yang ada, Klopmart akan membagikan informasinya kepada Anda! Jadi, pastikan untuk membaca artikel ini hingga akhir agar tidak ketinggalan informasinya!

Apa Fungsi Pengelasan?

Pengelasan adalah proses penyambungan logam dengan cara menggunakan panas dan tekanan. Fungsi dari pengelasan adalah untuk menyambung atau menggabungkan dua buah bahan logam atau lebih menjadi satu kesatuan yang kuat. Pengelasan dapat dilakukan pada berbagai jenis bahan logam, seperti besi, baja, aluminium, dan lainnya.

Pengelasan digunakan dalam berbagai bidang industri, seperti industri otomotif, industri konstruksi, industri penerbangan, dan lainnya. Pengelasan juga dapat digunakan dalam kegiatan perbaikan atau modifikasi suatu benda atau struktur.

Selain itu, pengelasan juga dapat digunakan untuk membuat suatu benda atau struktur baru, seperti membuat frame atau rangka mobil, bangunan, jembatan, dan lainnya. Pengelasan juga merupakan salah satu cara untuk memperkuat suatu struktur yang telah ada, seperti memperkuat sambungan antara dua bagian struktur atau menambah kekuatan pada suatu struktur yang terkikis atau rusak.

Baca juga: 8 Cara Mengelas yang Benar dan Aman

Jenis-Jenis Pengelasan Beserta Cara Kerjanya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa jenis-jenis pengelasan. Jenis-jenis pengelasan ini dibedakan dari beberapa segi seperti teknik dari pengelasan, proses pengelasan, hingga bahan las yang digunakan dalam pengelasan. Berikut ini merupakan jenis-jenis pengelasan beserta cara kerjanya yang perlu Anda ketahui.

1. Metal Inert Gas (MIG)

Jenis Pertama adalah pengelasan MIG (Metal Inert Gas) atau yang disebut juga dengan pengelasan GMAW (Gas Metal Arc Welding) adalah salah satu jenis pengelasan yang menggunakan gas sebagai proteksi terhadap udara. Proses pengelasan ini dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik ke antara elektroda dan logam yang akan disambung, sehingga terjadi proses pengelasan.

Pengelasan MIG biasanya dilakukan dengan menggunakan bahan elektrode yang terbuat dari baja atau aluminium. Pengelasan MIG sangat cocok untuk mengelas bahan logam yang memiliki ketebalan yang relatif tipis, seperti pada pembuatan karoseri mobil atau pesawat terbang. 

Selain itu, pengelasan MIG juga dapat dilakukan pada bahan logam yang memiliki ketebalan yang lebih tebal. Namun, jika Anda menggunakan pengelasan MIG pada bahan logam yang tebal, proses pengelasannya akan lebih lama dan memerlukan peralatan yang lebih besar.

Baca juga: 5 Cara Las Galvanis Agar Tidak Rusak

2. Tungsten Inert Gas

Jenis selanjutnya adalah pengelasan TIG (Tungsten Inert Gas) atau yang disebut juga dengan pengelasan GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) adalah jenis pengelasan yang menggunakan tungsten sebagai elektrode dan gas sebagai proteksi terhadap udara. Proses pengelasan ini dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik ke antara elektroda dan logam yang akan disambung, sehingga terjadi proses pengelasan.

Gas yang digunakan dalam proses pengelasan TIG biasanya adalah gas inert seperti Argon atau Helium, yang bertujuan untuk melindungi zona las dari udara luar selama proses pengelasan. Pengelasan TIG sangat cocok untuk mengelas bahan logam yang memiliki ketebalan yang tipis, seperti pada pembuatan karoseri mobil atau pesawat terbang.

3. Shielded Metal Arc Welding

Jenis pengelasan ketiga adalah pengelasan stick atau yang disebut juga dengan pengelasan SMAW (Shielded Metal Arc Welding). Shielded Metal Arc Welding adalah jenis pengelasan yang menggunakan elektrode las yang terbuat dari bahan logam dan memiliki lapisan pengisolasi. Proses pengelasan jenis ini dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik ke antara elektroda dan logam yang akan disambung, sehingga terjadi proses pengelasan.

Pengelasan stick umumnya digunakan untuk mengelas bahan logam yang memiliki ketebalan yang lebih tebal, seperti pada pembuatan struktur bangunan atau konstruksi jembatan. Pengelasan stick merupakan salah satu jenis pengelasan yang paling sederhana dan mudah dipelajari. 

4. Flux-Cored Arc Welding

Jenis pengelasan selanjutnya adalah pengelasan Flux-Cored Arc Welding (FCAW). Flux-Cored Arc Welding adalah jenis pengelasan yang menggunakan elektrode las yang terbuat dari bahan logam dan memiliki lapisan flux pada bagian tengahnya. Proses pengelasan ini dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik ke antara elektrode dan logam yang akan disambung, sehingga terjadi proses pengelasan.

Pengelasan FCAW memerlukan peralatan yang lebih sederhana dibandingkan dengan pengelasan Stick, karena elektrode yang digunakan tidak perlu ditambal terus-menerus selama proses pengelasan. Namun, hasil pengelasan FCAW umumnya kurang presisi jika dibandingkan dengan pengelasan stick.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Las 450 Watt, Yuk Cari Tahu!

5. Submerged Arc Welding (SAW) 

Jenis pengelasan terakhir adalah pengelasan Submerged Arc Welding (SAW). Submerged Arc Welding adalah jenis pengelasan yang menggunakan elektrode las yang terbuat dari bahan logam dan diletakkan dalam media elektrode yang berupa pasir atau arang. Proses pengelasan ini dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik ke antara elektroda dan logam yang akan disambung, sehingga terjadi proses pengelasan.

Pengelasan SAW memerlukan peralatan yang lebih besar dan kompleks dibandingkan dengan jenis pengelasan lainnya. Namun, proses pengelasan Submerged Arc Welding dapat dilakukan dengan cepat dan memberikan hasil yang berkualitas tinggi, sehingga sering digunakan dalam proses produksi yang membutuhkan kecepatan dan hasil yang berkualitas tinggi.

Untuk memaksimalkan proses penyambungan logam, pastikan untuk memotong besi dengan ukuran yang sesuai dan presisi. Salah satunya adalah dengan menggunakan alat pemotong besi seperti gerinda.

Anda bisa menemukan berbagai macam gerinda di Klopmart! Temukan gerinda Bosch di sini beserta harga gerinda Bosch yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, tidak hanya mengetahui jenis-jenis pengelasan saja untuk memaksimalkan proses pengelasan, tetapi Anda juga perlu melengkapi alat pengelasan yang berkualitas bersama Klopmart!

Sumber rujukan:

  • https://slv.co.id/jenis-jenis-pengelasan/ 
  • https://www.niagamas.com/welding/jenis-pengelasan-dan-cara-kerjanya/

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
20 Jan 2023

Related Article