Konstruksi

5 Cara Las Galvanis Agar Tidak Rusak

Media
29 Jan 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Terdapat beberapa cara las galvanis yang bisa Anda lakukan dengan mudah agar tidak memberikan kerusakan atau bahkan bolong. Proses pengelasan memang butuh perkara mudah. Ada berbagai poin yang harus dipenuhi. Termasuk untuk las galvanis.

Cara Las Galvanis Agar Tidak Rusak

Pipa galvanis memang memiliki tingkat ketebalan yang cukup minim. Namun kekuatan yang dimiliki bahan material ini tidak kalah kuat. Untuk mengelas galvanis, ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti agar hasil pekerjaan bisa maksimal. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

1. Menggunakan Ampere Kecil

Dalam proses pengelasan, ampere las sangat penting untuk diperhatikan. Peningkatan arus ampere bisa membuat panas lebih tinggi pula. Tentu itu bukan hal yang patut terjadi ketika mengelas galvanis. Sebaik gunakan arus las di angka 40 ampere hingga 60 ampere supaya tidak bolong dan hasilnya bagus.

2. Menggunakan Diameter Elektroda Kecil

Apakah Anda tahu apa itu diameter elektroda? Diameter elektroda adalah parameter pengelasan yang perlu diperhatikan. Alasan utamanya adalah semakin kecil diameter kawat las yang Anda gunakan bisa membuat arusnya juga mengecil. 

Untuk mengelas besi siku galvanis yang tipis, Anda sebaiknya menggunakan diameter elektroda dari 1,2 mm hingga 2,6 mm saja. Sesuaikan pula deposit las yang digunakan. 

3. Perhatikan Jeda Pengelasan

Jika Anda ingin melakukan pengelasan, ada yang perlu Anda perhatikan dengan jelas. Demi bisa menghindari kemungkinan bolong, maka jangan terus melakukan pengelasan. Berikan jeda beberapa detik lalu matikan. Kemudian mengelas lagi, jeda, dan matikan. Lakukan pola itu terus menerus.

Pola ini berguna untuk menjaga material tetap memiliki kesempatan agar mampu dingin saat busur las mati. Jadi tidak ada akan kejadian seperti bolong atau rusak.

4. Gunakan Teknik Intermittent

Ada satu teknik yang dipakai untuk proses pengelasan dengan jeda. Diberi nama teknik intermittent, cara pengaplikasiannya adalah ketika Anda melakukan pengelasan pertama sepanjang 10 cm, berikan jarak 15 cm untuk langkah selanjutnya. Lakukan pola itu secara terus menerus hingga proses pengelasan selesai. 

Teknik ini sangat berguna untuk mengurangi terjadinya deformasi pada material. Termasuk berlaku untuk pipa galvanis. Teknik intermittent memang terhitung wajib untuk Anda gunakan agar sepanjang proses pengelasan, tidak ada masalah yang berdampak buruk kepada kualitas material.

5. Mengelas Secara Cepat

Banyak yang melakukan pengelasan tetapi secara lambat. Sebaiknya hati-hati jika itu dilakukan terhadap galvanis. Kalau proses pengelasan terlalu lama, bisa terjadi pengumpulan panas berlebih di dalam material. Jika terlalu panas, maka bisa berlubang atau rusak.

Oleh karena itu, Anda harus latihan terlebih dahulu ketika ingin mengelas galvanis. Cari material kerja lain yang mirip dengan galvanis. Bisa juga memakai galvanis yang sudah tidak terpakai lagi untuk mencoba teknik intermittent. Dengan semakin banyak latihan, maka proses pengelasan dalam material yang akan dipakai menjadi lebih baik dan sempurna.

Itulah lima cara las galvanis agar tidak rusak. Dengan mengikuti lima cara di atas, Anda bisa melakukan pengelasan dengan baik tanpa perlu mengalami masalah berarti. Seperti yang sudah dituliskan, sebaiknya lakukan latihan terlebih dahulu jika ini merupakan pengalaman pertama Anda mengelas galvanis.

Berbicara mengenai galvanis, material konstruksi bangunan ini semakin sering digunakan. Mungkin Anda salah satu pihak yang membutuhkan stok produk ini untuk digunakan dalam jumlah besar. Ingin membelinya? Klopmart telah hadir untuk Anda. Dengan informasi cara las galvanis yang telah diberikan, kunjungi jual besi galvanis di Klopmart sekarang juga!


Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya