Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Media
17 Apr 2024

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Sepatu safety adalah salah satu perlengkapan penting yang digunakan di berbagai industri dan pekerjaan untuk melindungi kaki dari potensi cedera. Ada berbagai jenis sepatu safety yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan dan risiko kerja yang mungkin dihadapi oleh pekerja.

Setiap jenis sepatu safety memiliki fitur dan fungsinya masing-masing untuk memberikan perlindungan maksimal.

promosi klopmart

Mulai dari sepatu safety dengan toe cap baja untuk melindungi ujung kaki dari benda tumpul atau berat, hingga sepatu dengan sol anti slip untuk mencegah tergelincir di permukaan yang licin.

Memahami jenis-jenis sepatu safety dan fungsinya adalah hal yang penting untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan para pekerja di tempat kerja. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai berbagai jenis sepatu safety yang ada dan bagaimana fungsinya dalam melindungi kaki para pekerja.

Baca juga: 5 Perbedaan Sepatu Safety dan Sepatu Gunung, Lebih Baik Mana?

Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya

Sepatu safety adalah peralatan pelindung yang penting dalam dunia industri dan konstruksi untuk mengurangi risiko cedera pada kaki pekerja. Berikut adalah beberapa jenis sepatu safety dan fungsinya:

1. Energy Absorption Shoes

Sepatu dengan Teknologi Penyerapan Energi ini merupakan inovasi terbaru dalam dunia sepatu safety. Sepatu ini dirancang dengan teknologi khusus yang mampu menyerap dan meredam tekanan atau guncangan yang seringkali ditimbulkan saat melakukan aktivitas fisik seperti melompat atau berlari di permukaan yang keras.

Melalui teknologi ini, sepatu bertujuan untuk mengurangi risiko cedera pada kaki dan persendian. Bagi individu yang memiliki masalah kesehatan pada persendian, sepatu ini sangat membantu dalam mengurangi tekanan yang diterima oleh persendian saat beraktivitas, sehingga memberikan kenyamanan dan perlindungan ekstra selama bekerja.

2. Electrical Shoes

Sepatu khusus yang dirancang dengan bahan isolator ini merupakan solusi tepat bagi pekerja yang beroperasi di area dengan tegangan listrik tinggi. Bahan isolator yang digunakan dalam sepatu ini berfungsi untuk mencegah aliran listrik, sehingga sepatu tidak akan menghantarkan arus listrik ke pengguna.

Dan dengan kata lain, sepatu ini memberikan lapisan perlindungan tambahan yang efektif untuk menghindari risiko kejutan listrik atau bahkan kebakaran yang dapat disebabkan oleh kontak langsung dengan sumber listrik.

Untuk pekerja seperti petugas listrik, sepatu ini menjadi pilihan utama karena memberikan perlindungan maksimal dan keamanan saat bekerja di lingkungan yang berpotensi berbahaya.

3. Static Dissipative Safety Shoes (SD)

Sepatu dengan fitur Static Dissipative (SD) merupakan salah satu inovasi dalam sepatu safety yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah penumpukan listrik statis pada tubuh penggunanya.

Sepatu ini diformulasikan dengan teknologi khusus yang memungkinkan aliran listrik statis keluar dari tubuh pengguna melalui lapisan luar sepatu, insole, dan outsole. 

Oleh karena itu, sepatu ini berfungsi untuk mengurangi jumlah penumpukan listrik statis pada tubuh, sehingga mengurangi risiko terjadinya kebakaran atau ledakan di area kerja.

Penggunaan sepatu ini sangat dianjurkan untuk pekerja di industri dimana penumpukan listrik statis dapat menjadi masalah serius, seperti di pabrik kimia, laboratorium, atau area dengan bahan mudah terbakar dan mudah meledak.

4. Waterproof and Water Resistant Shoes

Sepatu dengan kemampuan tahan air atau Waterproof dan Water Resistant merupakan solusi ideal untuk pekerja yang sering berada di lingkungan dengan kondisi basah atau lembap. Sepatu ini diproduksi menggunakan material khusus seperti karet atau plastik berkualitas tinggi yang dirancang untuk mencegah air menembus ke dalam sepatu.

Keunggulan utama dari sepatu tahan air ini adalah kemampuannya untuk menjaga kaki tetap kering dan nyaman, bahkan dalam kondisi lingkungan kerja yang basah atau berlumpur. Hal ini tentunya sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan pekerja selama menjalankan aktivitasnya di area kerja.

Baca juga: 3 Lem Sepatu Paling Kuat dan Tips Memilih Lem yang Tepat

5. Puncture Resistant (PR)

Sepatu dengan label Puncture Resistant (PR) merupakan salah satu inovasi terbaru dalam sepatu safety yang dirancang dengan fokus pada keamanan dan perlindungan kaki dari bahaya tusukan benda tajam.

Sepatu ini tidak hanya dirancang untuk memberikan perlindungan dasar, namun juga dilengkapi dengan pelat anti-tusukan yang ditempatkan di antara lapisan insole dan outsole.

Pelat anti-tusukan ini berfungsi sebagai barikade tambahan yang efektif untuk mencegah penetrasi benda-benda tajam ke dalam sepatu dan melukai kaki pengguna.

6. Meta Instep Shoes

Sepatu dengan Pelindung Instep Logam, atau dikenal juga sebagai Metal Instep Shoes, merupakan jenis sepatu safety yang dirancang dengan lapisan khusus dari logam pada bagian outsole-nya.

Tujuan utama dari pelapisan logam ini adalah untuk memberikan perlindungan ekstra kepada kaki pekerja dari risiko tusukan yang dapat disebabkan oleh benda-benda tajam di area kerja.

Hal ini sangat penting dan dianjurkan khususnya bagi para pekerja di industri-industri yang memproduksi atau berinteraksi langsung dengan benda-benda tajam seperti kaca, logam, atau bahan lainnya yang berpotensi membahayakan keselamatan kaki.

7. Toed Shoes

Sepatu dengan Pelindung Jari, atau yang lebih dikenal dengan Toed Shoes, adalah salah satu jenis sepatu safety yang paling umum dan banyak digunakan. Desain khas dari sepatu ini adalah adanya pelindung berbahan besi atau baja yang terintegrasi pada bagian depannya.

Fungsi utama dari pelindung ini adalah untuk melindungi jari kaki pekerja dari benturan atau jatuhnya benda-benda berat dan tajam saat bekerja di area kerja. Karena pelindung jari ini terbuat dari material yang kuat dan tahan lama, sepatu ini menjadi pilihan favorit bagi banyak pekerja di berbagai sektor industri.

8. Insole Shoes

Sepatu dengan pelindung Insole, atau dikenal juga sebagai Insole Shoes, adalah varian sepatu safety yang dirancang dengan fitur tambahan berupa pelindung berbahan besi yang ringan pada bagian insole-nya.

Desain ini memungkinkan sepatu untuk memberikan dukungan ekstra dan perlindungan lebih pada kaki, terutama pada bagian telapak kaki dan tumit.

Baca juga: 5 Cara Membuat Rak Sepatu dari Kayu dengan Mudah

Sepatu ini sangat ideal dan direkomendasikan untuk pekerja yang memerlukan dukungan dan keamanan ekstra pada kaki mereka, seperti supir alat berat atau pekerja konstruksi, untuk menghindari risiko cedera yang dapat disebabkan oleh benda tajam atau beban berat saat beraktivitas di area kerja.

Dalam memilih sepatu safety, penting untuk memahami fungsinya agar sesuai dengan kebutuhan kerja dan menghindari cedera. Ada berbagai jenis sepatu seperti tahan air, tahan tusukan, hingga anti listrik, masing-masing dengan keunggulannya sendiri. Memilih yang tepat akan meningkatkan keselamatan dan kenyamanan kerja.


Bagi Anda yang membutuhkan sepatu safety berkualitas, Klopmart adalah toko jual material bahan bangunan online terlengkap yang menyediakan berbagai pilihan sepatu safety dan material bangunan lainnya dengan harga kompetitif. Kunjungi Klopmart untuk mendapatkan produk berkualitas yang Anda butuhkan.

Selamat berbelanja!

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya