Ketahui Cat Poster Diencerkan Menggunakan Apa dan Kelebihannya

Apakah Anda adalah salah satu orang yang penasaran tentang cat poster diencerkan menggunakan apa? Cat poster sendiri merupakan sebuah jenis cat berbahan dasar dari air yang sifatnya lebih pekat atau opaque dibanding jenis cat lain. Kebanyakan orang memakai cat poster untuk melukis di atas permukaan kertas.
 
Jenis cat yang biasanya dikemas dalam botol berukuran kecil ini kadang disebut juga dengan nama cat plakat. Nama tersebut diberikan kepada cat poster karena sifatnya yang plakat atau mampu menutup permukaan kertas secara merata dan keseluruhan. Jika sudah membeli cat poster tetapi masih bingung cara mengencerkannya, simak artikel berikut, yuk!
 

Cara Mengencerkan Cat Poster Menggunakan Apa

Jika cat poster Anda mengering, tidak perlu khawatir karena cat poster adalah cat pelarut air dan dapat dengan mudah diencerkan dengan air hangat dan beberapa cara lainnya. Berikut informasinya:
 

1. Tambahkan beberapa tetes air hangat

Cat poster diencerkan menggunakan air, ini cara yang paling umum karena cat poster termasuk cat kering yang larut dalam air. Cat poster adalah pelarut air, sehingga yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan satu atau dua tetes air suam-suam kuku ke cat untuk mengencerkannya.
 
Air hangat akan menyatu dengan cat lebih baik tanpa merusaknya. Jangan lupa untuk menutup kembali botol cat setelah menambahkan air. Cat poster sering mengering setiap kali terkena udara, terutama cat poster karena air di dalam cat menguap dan membuatnya kering.
 

2. Tambahkan beberapa tetes flow improver atau flow aid

Anda juga bisa mengencerkan cat poster menggunakan flow improver atau flow aid. Namun, cara kerja flow improver sangat berbeda dari air. Tidak mencampurnya langsung dengan cat seperti seperti saat menggunakan air, Anda harus menambahkan beberapa tetes flow improver ke dalam air terlebih dulu. Setelah menambahkan beberapa tetes ke dalam air, aduk rata, lalu celupkan ke dalam kuas hingga bulunya meresap. Setelah mencelupkan kuas ke dalam larutan flow improver, Anda dapat menggunakan tersebut untuk mengeluarkan cat poster yang mengering dari botol untuk dicat. 
 
Cara ini cukup efektif karena membuat cat akan terlepas dari kuas dengan mulus. Satu-satunya masalah dari menggunakan cara ini adalah hal ini membuat sulit menentukan jumlah cat yang Anda gunakan di atas kanvas. Anda harus berhati-hati untuk tidak menggunakan terlalu banyak cat poster.
 
Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Cat pada Besi dengan Mudah
 

Kelebihan Cat Poster

Cat poster adalah media yang penuh dengan kesenangan. Anda bisa membiarkan kreativitas Anda menari dan menjelajahi berbagai cara kerjanya yang unik. Adapun beberapa kelebihan cat poster yang perlu Anda ketahui adalah:

  • Terdiri dari beragam pilihan warna yang terdiri dari transparan dan opaque. 
  • Penggunaannya beragam, dapat diaplikasikan di atas media kertas, styrofoam, kardus, bahkan sepatu kanvas.
  • Lebih aman dipakai oleh anak-anak daripada cat minyak karena cat poster berbahan dasar air.
  • Mudah dibeli karena umumnya tersedia di toko buku. 
  • Sangat memungkinkan untuk dicampur menggunakan cat berbahan dasar air lainnya.
  • Watersoluble atau mudah dibersihkan menggunakan air. Jadi, jika saat sedang melukis baju dan tangan terkena cat poster, Anda cukup membersihkannya hanya dengan air saja.
  • Cat poster juga masih dapat dipakai meskipun sudah kering dan bisa diencerkan dengan cara yang disebutkan di atas.

 
Jadi, sekarang pertanyaan cat poster diencerkan menggunakan apa sudah terjawab, kan? Selain itu, Anda juga bisa menggunakan thinner, carian untuk keperluan konstruksi yang berfungsi untuk menghilangkan noda-noda atau kotoran yang tidak diperlukan saat sudah selesai melakukan renovasi. Yuk, cek harga Thinner Cobra di sini. Pastikan cat poster diencerkan menggunakan media yang tepat, ya!

Baca juga: Cara Menghilangkan Cat di Tangan dengan Ampuh


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
13 Jul 2021

Related Article