Home & Living

Cara Pasang Lisplang Beton dengan Kokoh

Media
23 Des 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cara pasang lisplang beton bisa dibilang sulit, namun juga ada cara mudahnya tergantung sesuai dengan kebutuhan. Apakah Anda ingin mengetahui cara pemasangan lisplang?

 

Melalui artikel ini, Klopmart akan memberikan informasi lengkap mengenai cara pemasangan lisplang beton yang penting untuk Anda ketahui. Namun sebelum itu, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu lisplang.

Apa Itu Lisplang?

Ketika Anda melihat sebuah rumah dengan atap atau bagian atas bangunan yang rapi, hal itu dikarenakan adanya pemasangan lisplang. Lisplang merupakan bagian penutup yang berguna untuk mempercantik penampilan rumah.

 

Lisplang tidak hanya berguna sebagai keperluan estetika rumah saja, namun dari segi konstruksi atau pembangunan, lisplang dapat melindungi bagian ujung atap dari sinar matahari dan air hujan. Bagian ujung atap yang sering terkena air hujan atau sinar matahari akan cepat rusak sehingga pemasangan lisplang dapat mencegah terjadinya kerusakan atap secara dini.

 

Baca Juga: 7 Jenis Talang Air Untuk Rumah Anda

 

Lisplang memiliki berbagai jenis mulai dari kayu, metal, GRC, hingga beton. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas secara spesifik mengenai cara pemasangan lisplang beton dan apa kelebihan dari lisplang tersebut.

Bagaimana Cara Pasang Lisplang Beton?

Dalam pemasangan lisplang, ada 2 cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Pemasangan Vertikal

Cara pemasangan vertikal merupakan cara pemasangan lisplang yang tergolong sederhana dan sering dilakukan untuk pembangunan rumah. Teknik pemasangan ini juga cenderung lebih menghemat biaya karena cara pemasangannya yang sangat mudah.

 

Secara teknisnya, pemasangan lisplang secara vertikal ini hanya perlu melalui proses penyekrupan pada bagian-bagian tertentu. Akan tetapi, ada kelemahan dari segi pemasangan lisplang secara vertikal ini karena penyekrupannya kurang dapat mengunci lisplang secara kuat.

2.  Pemasangan Diagonal

Dibandingkan dengan teknik pemasangan vertikal, pemasangan lisplang secara diagonal memiliki proses pemasangan yang cukup rumit. Namun dari segi kekuatannya, pemasangan lisplang secara diagonal jauh lebih kuat dibandingkan dengan teknik pemasangan vertikal.

 

Dalam pemasangan lisplang secara diagonal, lisplang akan didudukan pada profil C terlebih dahulu sebelum dikunci dengan sekrup. Pemasangan sekrup ini pun terdiri dari 2 baris di mana pada teknik pemasangan vertikal hanya 1 baris sehingga jauh lebih kuat karena penguncian ganda.

Apa Kelebihan Lisplang Beton?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada berbagai macam jenis lisplang berdasarkan bahannya. Namun, mengapa kami hanya membahas lisplang beton? Apa saja kelebihan dari lisplang beton ini?

 

Lisplang beton saat ini sering digunakan untuk pembangunan rumah modern atau rumah yang memiliki atap datar. Hal ini dikarenakan hasil cetakan lisplang beton jauh lebih bagus dan rapi dibandingkan lisplang lainnya.

 

Baca Juga: Atap Rumah Modern Yang Minimalis

 

Meskipun harga lisplang beton cenderung lebih mahal dibandingkan lisplang lainnya, akan tetapi kualitasnya jangan diragukan lagi. Lisplang beton memiliki durabilitas yang lebih kuat dibandingkan lisplang dengan bahan lain.

 

Lisplang beton menjadi lisplang dengan kualitas yang baik karena pembuatannya melalui proses pencetakan khusus, Oleh karena itu, hasil akhir pembangunan rumah dengan penggunaan lisplang beton akan jauh lebih rapi dan menarik secara estetika rumah.

 

Jadi, itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara pemasangan lisplang beton dengan kokoh. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat Anda yang ingin merancang proyek pembangunan rumah.

 

Apabila Anda membutuhkan segala jenis bahan material untuk pembangunan rumah, silakan hubungi Klopmart sekarang juga. Kami juga jual scaffolding yang dapat digunakan oleh Anda untuk menerapkan cara pasang lisplang beton sesuai dengan informasi di atas.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya