Atap Rumah Modern yang Minimalis

Desain minimalis kini telah menjadi salah satu tren paling populer. Kini tidak hanya rumah yang memiliki gaya minimalis, tetapi juga atap. Perpaduan antara rumah dan atap rumah minimalis modern memang dapat menghasilkan tampilan yang ciamik. Gaya minimalis juga mengedepankan multifungsi sehingga Anda tidak hanya mendapatkan nilai estetik saja tapi juga fungsional. Jadi apa saja contoh model atap rumah modern minimalis?

Atap rumah modern dengan gaya minimalis tampaknya sudah menjadi tren baru beberapa tahun belakangan ini. Atap rumah memang memiliki fungsi yang esensial. Ini karena atap berperan sebagai pelindung segala sesuatu yang berada di dalam rumah, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, dapur, seluruh perabot rumah, dan juga kita sebagai penghuni rumah.

Jenis bahan yang digunakan sebagai bahan pembuatan atap sangatlah beragam. Bahan dan bentuk atap juga menjadi penentu nilai estetika sebuah rumah.

Meskipun terlihat sederhana, tetapi bisa dibuat lebih modern dan terkesan lebih mewah. Seperti apa inspirasi atap rumah modern dan minimalis tersebut? Berikut beberapa contohnya.

Inspirasi Model Atap Rumah Minimalis

1. Flat Roof

Jenis atap rumah yang datar telah menjadi favorit para pencinta rumah dengan desain minimalis. Inspirasi desain atap rumah minimalis satu inimerupakan representasi desain arsitektur modern yang “bersih”. Bentuknya yang sangat berlawanan dengan atap miring, total kemiringan kurang dari 10 derajat saja, dapat menjadi penyangga yang kokoh dalam melindungi bangunan dari sengatan sinar matahari serta membuat rumah tampak lebih teduh.

Baca Juga: Berapa Tinggi Atap Rumah Ideal yang Nyaman

Desain atap rumah ini juga cocok untuk desain rumah minmalis karena sifatnya. Bagian atap datar ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang untuk berkumpul atau biasa dikenal sebagai rooftop. Selain dijadikan sebagai rooftop, atap datar juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk berkebun secara sederhana. Hal inilah yang menjadikan jenis atap rumah ini ideal sebagai atap rumah minimalis sederhana karena membuat area atap menjadi multifungsi.

2. Butterfly Roof

Bila ingin tampilan rumah menjadi lebih elok sekaligus minimalis, atap rumah modern model sayap kupu-kupu bisa menjadi salah satu pertimbangannya. Bentuknya yang menyerupai sayap kupu-kupu sangat menonjolkan kesan modern. Model atap ini memudahkan air hujan untuk berkumpul di bagian tengah dan mengalirkannya ke bawah.

Jika ingin menggunakan butterfly roof perlu diperhatikan sistem drainasenya. Karena sampah juga akan mudah berkumpul di bagian tengah atap, maka perlu dilakukan pembersihan secara berkala. Sampah dan kotoran ini akan mengurangi usia atap karena menjadikannya rapuh dan rentan bocor.

3. Skillion Roof

Apakah Anda pernah melihat model atap rumah miring? Atap rumah model tersebut biasa dikenal dengan nama skillion atau atap sandar. Jika pada rumah kebanyakan memiliki 2 atau lebih atap berbidang miring, maka untuk skillion roof ini hanya mengandalkan satu atap rumah miring saja.

Baca Juga: Ketahui Cara Menghitung Luas Atap Dengan Kemiringan 30 Derajat

Model ini cukup diminati karena kesannya yang minimalis, tetapi terlihat cukup modern. Kemiringannya kurang lebih sekitar 20 hingga 40 inci, disesuaikan dengan luas bangunan. Atap sandar umumnya memiliki keunggulan berupa bahan material yang digunakan tidak terlalu banyak.

4. Gable Roof

Atap rumah modern selanjutnya adalah gable roof atau disebut juga sebagai atap pelana. Kesan sederhana menjadi tampilan kuat dari atap model ini. Selain itu, karakter atap yang fungsional juga termasuk ke dalam desain atap modern.

Gable roof dapat memberikan ruang lantai tambahan di dalam volume atap. Ruangan ini biasanya dijadikan sebagai loteng. Kesan modern juga semakin bertambah karena langit-langit ruangan yang dihasilkan mirip dengan kubah. Langit-langit ini nantinya akan menambah volume di dalam ruangan. Atap pelana juga dapat membuat cahaya alami masuk ke dalam ruangan dengan lebih mudah.

5. Hip & Valley Roof

Bentuk atap rumah modern model ini memang jarang ditemukan di wilayah Indonesia. Biasanya digunakan di negara-negara di benua Amerika dan Eropa. Hal ini karena atap jenis ini memiliki fungsi untuk menghalangi angin dan salju.

Bahan yang digunakan untuk membuat hip & valley adalah atap aspal yang memiliki massa lebih ringan. Bentuk yang minimalis dan modern sangat tepat untuk rumah-rumah dengan konsep monokrom. Untuk rumah di daerah yang berangin, atap rumah model hip & valley ini sangat tepat digunakan karena fungsi atap dapat memecah angin yang berhembus di sekitarnya.

6. Atap Limas

Walaupun terkesan konvensional, model atap rumah berbentuk limas masih digemari oleh banyak orang. Hal ini bukan tanpa alasan. Desain atap limas memiliki kelebihan dalam segi pemasangan. Selain itu, jenis atap ini juga berfungsi baik di negara dengan iklim sub-tropis, seperti Indonesia.

Itulah beberapa inspirasi desain atap rumah modern yang dapat digunakan sebagai inspirasi rumah impian. Desain atap rumah merupakan hal yang penting di zaman modern. Tidak lagi hanya berfungsi sebagai pelindung, desain atap rumah kini juga dapat membantu Anda mendapatkan ruang tambahan di rumah minimalis Anda.

Jangan lupa, segera cek juga Klopmart untuk mendapatkan bahan atap terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
02 Des 2020

Related Article