12 Cara Menyimpan Uang Di Rumah Agar Aman

Saat Anda memiliki uang tunai yang cukup besar, akan lebih aman dan nyaman jika Anda menyimpannya di rumah. Namun, ada beberapa risiko yang harus diperhatikan, seperti pencurian atau kehilangan uang karena faktor internal. Untuk itu, perlu adanya strategi dan cara menyimpan uang di rumah agar aman. Di bawah ini akan dijelaskan tips untuk menyimpan uang di rumah dengan aman dan terhindar dari risiko kehilangan atau pencurian.

Tips Menjaga Keamanan Rumah


Keamanan rumah menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar Anda dan keluarga merasa aman dan nyaman. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan rumah dengan baik. Berikut ini beberapa tips menjaga keamanan rumah yang bisa Anda terapkan.

1. Pasang Alarm Rumah

Alarm rumah akan memberikan peringatan jika ada tindakan yang mencurigakan, sehingga Anda bisa segera mengambil tindakan yang tepat. Pastikan alarm yang dipasang memenuhi standar keamanan yang ada dan terintegrasi dengan perangkat keamanan lainnya, seperti CCTV atau sensor gerak.


2. Periksa Pintu dan Jendela

Pastikan pintu dan jendela rumah Anda dalam kondisi yang baik dan aman. Jangan biarkan ada jendela atau pintu yang rusak atau tidak terkunci dengan baik. Anda dapat memperkuat keamanan dengan memasang kunci ganda atau mengganti kaca jendela dengan kaca yang lebih kuat dan sulit pecah.

Baca juga: 7 Fungsi Pintu Berdasarkan Jenis Material yang Digunakan

3. Gunakan Penerangan yang Cukup

Penerangan yang cukup pada malam hari dapat membuat rumah terlihat lebih aman. Anda dapat memasang lampu-lampu pada area yang rawan seperti depan dan belakang rumah, serta area pintu dan jendela. Gunakan lampu dengan sensor gerak agar bisa memberikan peringatan jika ada tindakan mencurigakan.

4. Jangan Biarkan Halaman Rumah Tertutup

Pastikan halaman rumah Anda tertutup atau dipagari dengan rapi. Jangan sampai halaman rumah Anda dibiarkan terbuka. Ini dapat memberikan kesempatan bagi pencuri untuk melakukan aksinya tanpa terlihat oleh tetangga atau orang lewat. Anda juga bisa menanam tanaman di sekitar rumah untuk memberikan perlindungan alami.

5. Gunakan Sistem Keamanan Lainnya

Selain alarm dan CCTV, Anda juga dapat memasang sistem keamanan lainnya seperti sensor gerak atau pengunci pintu otomatis. Pastikan sistem keamanan yang Anda gunakan dapat berfungsi dengan baik dan diperiksa secara berkala. Menggunakan sistem keamanan ganda bisa menjadi langkah terbaik dalam menjaga keamanan rumah. 

12 Tips Cara Menyimpan Uang Di Rumah Agar Aman


Menyimpan uang di rumah bisa menjadi pilihan bagi sebagian orang yang ingin menghindari risiko kehilangan atau pencurian uang di luar rumah. Namun, agar uang tetap aman dan terjaga dengan baik, diperlukan beberapa tips dan strategi yang tepat dalam menyimpan uang di rumah. Berikut ini 12 tips cara menyimpan uang di rumah agar aman yang dapat Anda terapkan.

1. Gunakan Brankas

Brankas merupakan salah satu cara terbaik untuk menyimpan uang di rumah dengan aman. Brankas memiliki sistem kunci dan terbuat dari bahan yang kuat dan sulit ditembus. Simpan brankas di tempat yang sulit dijangkau dan jangan biarkan orang lain mengetahui lokasi penyimpanan brankas tersebut. 

Baca juga: Merk Brankas Terbaik untuk Keamanan Barang Anda

2. Jangan Menyimpan Uang di Tempat yang Sama

Upayakan tidak menyimpan seluruh uang di tempat yang sama. Sebaiknya Anda membagi-bagi uang ke dalam beberapa tempat penyimpanan yang berbeda-beda. Tujuannya bila salah satu tempat penyimpanan terkena masalah, maka Anda masih memiliki cadangan uang di tempat lain. Namun, pastikan tempat penyimpanan tersebut aman dan terjaga dengan baik.

3. Simpan Uang di Tempat yang Tidak Terduga

Simpan uang di tempat yang tidak terduga agar pencuri tidak menemukannya dengan mudah. Hindari tempat penyimpanan yang lazim seperti di dalam lemari atau laci meja. Contoh tempat penyimpanan yang tidak terduga antara lain di dalam botol, kotak bumbu, atau alat makan yang jarang digunakan.

4. Simpan Uang di Bank atau Lembaga Keuangan

Apabila uang yang Anda miliki cukup banyak, sebaiknya simpan di bank atau lembaga keuangan yang tepercaya. Selain aman dari risiko pencurian atau kehilangan, uang di bank juga akan terjamin keamanannya dan Anda dapat memperoleh bunga dari simpanan tersebut. 

5. Jangan Beritahu Orang Lain Tentang Uang yang Disimpan

Jangan beritahu orang lain tentang jumlah uang yang Anda simpan di rumah. Informasi ini dapat menarik perhatian orang yang tidak bertanggung jawab dan meningkatkan risiko pencurian. Bahkan kepada anggota keluarga sekalipun, sebaiknya Anda berikan informasi yang terbatas dan hanya kepada orang yang dapat dipercaya.

6. Simpan Uang di Tempat yang Terkunci

Pastikan Anda menyimpan uang di tempat yang terkunci. Anda bisa menggunakan kunci yang kuat dan sulit ditembus. Tempat penyimpanan yang terkunci dapat memberikan perlindungan tambahan bagi uang Anda. Pastikan juga kunci tersebut tidak mudah dirusak atau diambil oleh orang lain.

Baca juga: 6 Merk Gembok Terbaik yang Tersedia di Pasaran

7. Simpan Uang di Tempat yang Dilengkapi dengan Sistem Alarm

Sistem alarm akan memberikan peringatan jika ada tindakan mencurigakan di sekitar tempat penyimpanan uang, seperti gerakan yang tidak biasa atau pembukaan pintu yang tidak diizinkan. 

Sistem ini dapat membantu meminimalisir risiko pencurian dan memberikan perlindungan tambahan bagi uang yang disimpan di rumah. Pastikan juga sistem alarm tersebut dalam kondisi optimal. Ada baiknya Anda juga melakukan perawatan rutin untuk menjaga kinerja alarm tetap optimal.

8. Pastikan Rumah Terjaga Keamanannya

Pastikan rumah Anda terjaga keamanannya dengan baik. Pasang pintu dan jendela yang kuat dan dilengkapi dengan kunci yang baik. Selain itu, pasang juga sistem pengaman seperti CCTV atau sensor gerak untuk mendeteksi kehadiran orang yang mencurigakan. Pastikan juga untuk selalu mengunci pintu dan jendela ketika tidak ada di rumah.

9. Buat Sistem Keamanan yang Terencana

Buat sistem keamanan yang terencana di rumah Anda. Misalnya, buat daftar barang-barang berharga yang Anda miliki dan tempat penyimpanan yang sesuai untuk masing-masing barang tersebut. Selain itu, buat juga jadwal untuk memeriksa dan membersihkan tempat penyimpanan uang secara teratur agar uang tetap aman dan terjaga dengan baik.

10. Simpan Uang di Celengan

Simpan uang di celengan dapat menjadi pilihan terbaik untuk menyimpan uang secara aman di rumah. Celengan umumnya terbuat dari bahan yang kuat dan sulit untuk dipecahkan, sehingga dapat memberikan perlindungan tambahan bagi uang yang disimpan. 

Namun, pastikan juga memilih celengan dengan desain yang aman dan sulit dibuka oleh orang yang tidak berwenang. Selain itu, pastikan celengan tersebut ditempatkan di tempat yang aman dan tidak mudah ditemukan oleh orang lain.

11. Simpan Uang di Tempat yang Kering

Pastikan tempat penyimpanan uang di rumah selalu kering. Tempat yang lembap dapat mempercepat proses karat pada uang kertas dan logam. Jika uang sudah rusak karena terkena air atau lembap, maka nilai uang tersebut akan menurun bahkan bisa menjadi tidak berlaku lagi. 

Untuk itu, pastikan tempat penyimpanan uang di rumah selalu kering dan terlindungi dari kelembapan. Hindari juga menyimpan uang di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung karena dapat mempercepat proses penuaan pada uang.


12. Gunakan Brankas dengan Sensor Sidik Jari

Brankas dengan sensor sidik jari dapat memberikan perlindungan tambahan bagi uang Anda. Sebab, hanya Anda yang memiliki sidik jari yang terdaftar dan bisa membuka brankas tersebut. Hal ini membuat brankas menjadi lebih aman dan sulit untuk diakses oleh orang yang tidak berwenang.

Cara menyimpan uang di rumah agar aman bisa Anda lakukan dengan menyimpan uang melalui brankas. Klopmart jual brankas mini elektronik dengan tingkat keamanan yang tinggi. Brankas ini memiliki tampilan keypad yang sederhana dengan tombol reset sekali sentuh atau one-touch reset button. 

Brankas mini ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang mudah digunakan, antara lain memiliki kode akses yang dapat diprogram dan diatur dengan kombinasi 3 hingga 8 digit. Jika akses yang dimasukkan tidak tepat sebanyak 4 kali berturut-turut, maka brankas akan terkunci secara otomatis selama 1 menit.

Jika kunci digital pada brankas mulai kehabisan baterai, maka indikator yang menandakan kondisi low battery akan menyala. Kunjungi Klopmart sekarang juga untuk mendapatkan brankas mini tersebut!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya