7 Cara Mengusir Tikus di Atap Rumah Dengan Mudah

Tikus di rumah bukanlah hal yang baik, cari tahu cara mengusir tikus di atap rumah dengan mudah disini. Suara mengganggu yang mereka timbulkan ketika berlarian dapat membuat Anda bangun di malam hari. Mereka juga sering meninggalkan puing-puing dan kotoran kemanapun mereka pergi.

Tikus atap adalah salah satu dari dua spesies tikus paling populer di berbagai belahan dunia. Seperti namanya, mereka menyukai tempat tinggi, terkadang juga ada di berbagai ruangan lainnya. Untuk bisa mengusir pengganggu ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah informasi yang akan Anda butuhkan dalam mengatasi masalah ini.

Apa itu Tikus Atap?

Ilustrasi tikus di atas plafon rumah

Tikus hitam atau tikus atap adalah hewan pengerat yang menjadi hama baik di dalam maupun di luar rumah. Dapat ditemukan di atap rumah, loteng, langit-langit, puncak pohon, dan tempat tinggi lainnya di sekitar rumah Anda.

Tikus adalah hewan omnivora, memakan dedaunan seperti biji, daun, dan batang selain mangsa kecil seperti burung dan serangga. Mereka juga akan memakan tanaman jika mereka memiliki akses ke sana.

Tikus atap makan sekitar 15 gram makanan per hari dan minum 15 mililiter air per hari. Beratnya antara 50-200 gram dan panjang tubuhnya 15 hingga 20 cm.

Tanda Rumah Dihinggapi Tikus Atap

Sebagian besar pemilik rumah tidak akan melihat tikus itu sendiri, melainkan akan menemukan bukti adanya tikus. Jika Anda melihat hal berikut, tikus mungkin bersarang di plafon rumah Anda:

  • Kotoran tikus
  • Noda dan bau urin yang bisa dilihat dengan sinar UV
  • Lubang dengan diameter 5-8cm
  • Suara di atap

Baca juga: Bagaimana Cara Mencegah Kabel Digigit Tikus?

Cara Mengusir Tikus di Atap Rumah

Cara terbaik untuk menyingkirkan tikus atap adalah dengan mengikuti cara-cara berikut ini:

1. Perhatikan Sanitasi

Cara paling efektif untuk menjauhkan tikus atap dari properti Anda dan mengendalikannya adalah dengan sanitasi. Tikus atap membutuhkan pasokan makanan dan air untuk berkembang. Mereka akan hidup di mana makanan dan air tersedia.

Untuk mengurangi tikus atap di properti Anda, pertimbangkan hal berikut:

  • Simpan makanan dalam wadah logam atau plastik dengan tutup yang rapat alih-alih kotak kardus yang dapat dengan mudah digerogoti.
  • Singkirkan barang-barang yang berantakan seperti kertas atau karton yang mungkin digunakan tikus untuk membuat sarangnya.

2. Isolasi

Tikus atap dapat memasuki rumah dan bangunan melalui jalur sekecil apapun. Mereka juga dapat masuk melalui pintu rumah, jendela, ventilasi udara yang tidak dipasang dengan benar atau tidak pas. Anda dapat sangat mengurangi jalur masuknya hewan pengerat dengan mengambil langkah-langkah berikut:

  • Tutup setiap bukaan yang lebih besar dari 3 cm dengan dempul kayu, kayu, jaring, atau bahan lain yang sesuai.
  • Gunakan jaring tembaga atau kain di sekitar celah tempat pipa masuk ke rumah.

3. Perangkap (Pengurangan Populasi)

Perangkap tikus

Tikus atap bisa berbahaya karena bisa membawa penyakit. Mereka juga dapat menggigit kabel listrik, pipa air, dan menyebabkan kerusakan lain pada rumah. Setelah Anda mengidentifikasi bahwa Anda memiliki tikus atap, segera pasang perangkap untuk bisa mengurangi jumlah mereka.

Perangkap tikus harus ditempatkan rata dengan dinding di area yang dilalui tikus. Ujung pembuka atau pemicu harus tegak lurus ke dinding demi efisiensi. Jika menggunakan dua jebakan, letakkan di belakang, sejajar dengan dinding dengan ujung perangkap menghadap ke luar.

Baca juga: 7 Cara Mengusir Tokek di Rumah dengan Mudah dan Efektif

4. Suara Ultrasonik

Cara mengusir tikus dari plafon (atap rumah) selanjutnya adalah dengan memanfaatkan suara ultrasonik. Hal ini sangat memungkinkan apabila Anda tidak punya waktu untuk menggunakan perangkap tikus.

Menariknya, alat pengusir tikus ultrasonik tidak bising karena gelombang ultrasonik yang dihasilkan sangat tinggi yaitu >20 Hz, sehingga suara tersebut hanya dapat didengar oleh hewan tertentu seperti tikus.

Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot memasang alat yang mengeluarkan suara ultrasonik ke atas plafon rumah. Anda hanya perlu mengaktifkannya di dalam rumah dan tikus di plafon rumah Anda akan segera pergi karena terganggu denga suara tersebut.

5. Alat Pengusir Tikus Elektromagnetik

Alat lain yang dapat Anda gunakan untuk mengusir tikus dari plafon rumah Anda adalah pengusir tikus ultrasonik.

Alat ini cocok untuk mengusir tikus pada rumah bertingkat yang luas. Hal ini karena alat tersebut memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk menghantarkan sinyal lewat kabel-kabel listrik di rumah Anda.

Anda akan lebih hemat karena hanya membutuhkan alat ini sebanyak 1 buah saja untuk mengusir tikus dari seluruh bagian rumah Anda.

Keuntungan lainnya adalah alat ini tidak berbau dan menghasilkan suara. Namun bisa menjadi alat yang ampuh untuk mengusir tikus karena langsung mengganggu sistem sarafnya. Dijamin tikus di rumah Anda tidak akan betah dan langsung pergi.

6. Campuran Amonia

Selain cara di atas masih ada cara lain yang dapat Anda gunakan yaitu menggunakan campuran amonia.

Campuran amonia terdiri dari:

  • 2 cangkir amonia,
  • 2 sendok detergen (mereknya bebas), dan
  • ¼ gelas air.

Tikus tidak suka dengan bau amonia, sehingga Anda bisa memanfaatkan kelemahan tikus tersebut. Meskipun baunya yang cukup menyengat tetapi Anda tidak akan terganggu karena campuran amonia tersebut hanya disimpan di atas plafon rumah.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus Curut Menggunakan Bahan Alami

7. Jasa Pest Control

Ini adalah cara terkakhir yang dapat Anda lakukan apabila Anda sudah kewalahan untuk mengusir tikus di plafon. Apalagi tikus yang bersarang itu sudah berkembang biak.

Sebenarnya cara ini sangat praktis dan cocok untuk pemilik rumah yang merasa takut dan jijik dengan hewan pengerat yang satu ini. Anda dapat mencari jasa pest control dengan mudah. Anda cukup membuka google.com dan mengetikkan kata kunci "jasa pest control"+ "wilayah Anda", lalu temukan kontaknya.

Walaupun biaya yang dikeluarkan lebih besar daripada keenam cara di atas, tidak ada salahnya Anda menggunakan jasa pest control agar bisa terbeabas dari gangguan tikus atap.

Kesimpulan

Itulah dia cara mengusir tikus di atap rumah dengan mudah, semoga informasi tersebut berguna. Apabila atap Anda sudah rusak dan ingin membelinya, Anda bisa mengecek harga Solartuff di Klopmart. Yuk memiliki atap yang bagus untuk hunian Anda sekarang juga.

Sumber:

  • https://www.indosteger.co.id/berita/detail/cara-mengusir-tikus-dari-plafon-rumah

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya