5 Cara Mencegah Kabel Digigit Tikus, Penasaran Bagaimana?

Keberadaan tikus di dalam rumah memang tidak dapat dihindarkan. Meski kebersihan rumah selalu dijaga dan terjamin, masih ada saja celah yang membuat tikus masuk dan tinggal di sudut-sudut tersembunyi. Yang paling menyebalkan, tikus menggigit kabel barang elektronik dan menyebabkan kerusakan. Tidak hanya rusak, kabel yang digigit bahkan bisa menyebabkan korsleting. Lalu, bagaimana cara mencegah kabel digigit tikus?

Promosi Klopmart

BACA JUGA: Cara Mengusir Tikus Curut Menggunakan Bahan Alami dan Aman

Cara Mencegah Kabel Digigit Tikus

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kabel digigit tikus, berikut ulasannya:

1. Gunakan pelindung kabel

Meski sebenarnya lapisan luar pelindung kabel sudah sangat tebal, tetap saja tikus menemukan cara untuk menggigit dan mengelupasnya. Akibatnya, bagian kabel-kabel kecil di dalamnya keluar karena lapisan pelindungnya terbuka. Tentu saja ini membuat kabel jadi rusak dan tidak dapat digunakan. Lebih menakutkannya lagi, lapisan kabel yang mengelupas bisa menyebabkan korsleting dan kebakaran.

Nah, cara mencegah kabel digigit tikus adalah menggunakan lapisan pelindung kabel tambahan untuk bagian luar. Sudah pernah tahu, kan, pelindung kabel berbentuk spiral dan berwarna-warni untuk kabel barang elektronik seperti charger, earphone, dan kabel data? Anda bisa memakainya untuk gadget pribadi. Sedangkan untuk kabel televisi, Wi-Fi, dan perangkat elektronik lainnya, bisa menggunakan penutup kabel. Anda bisa dapatkan pelindung kabel ini di Klopmart.

2. Rapikan susunan kabel

Cara mencegah kabel digigit tikus adalah jangan pernah membiarkan kabel berserakan dan saling terbelit di salah satu sudut rumah. Hal ini akan mengundang tikus untuk memainkan dan menggigitnya. Terutama jika keberadaan kabel ada di dapur, tempat tikus sering bersembunyi. Usahakan setiap kali selesai menggunakan peralatan elektronik berkabel, Anda langsung menggulung, merapikan, dan menyimpannya lagi. Jangan lupa bersihkan kabel perangkat elektronik yang dipakai untuk memasak agar baunya tidak mendatangkan tikus.

3. Letakkan wewangian yang menyengat

Aroma menyengat yang berasal dari jeruk, cabai, dan peppermint bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Ini karena tikus tidak suka bau yang menyengat, sehingga Anda bisa meletakkan wewangian ini di permukaan kabel dan area sekitarnya. Kalaupun tidak ada wewangian tersebut, Anda bisa menggunakan kamper atau kapur barus. Tempatkan kamper dan kapur barus di area dekat kabel untuk menghindari datangnya tikus.

4. Pasang jebakan tikus

Jika tikus sudah merajalela di area rumah, maka akan sangat sulit untuk mencegahnya datang di area kabel-kabel rumah. Oleh karena itu, alternatif yang bisa dicoba adalah menggunakan jebakan atau lem tikus. Pasang jebakan dan lem di sepanjang jalur yang biasa tikus lalui. Namun, hati-hati dalam memasang jebakan karena jika tidak berhati-hati bisa membahayakan penghuni rumah itu sendiri. Ada baiknya Anda meletakkan jebakan dan lem tikus ini di area yang agak jauh dari lokasi penghuni rumah biasa beraktivitas.

5. Manfaatkan hewan peliharaan

Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing bisa menjadi alternatif cara mencegah kabel digigit tikus sekaligus mengusirnya dari instalasi kabel di rumah Anda. Bukan hanya karena tikus takut dengan kucing dan anjing, namun hewan pengerat yang satu ini juga enggan mendatangi ruangan dan rumah yang sudah dikuasai oleh hewan peliharaan. Oleh karena itu, jika di rumah Anda memiliki hewan peliharaan kucing atau anjing, maka bisa cukup membantu mengusir tikus perusak.

Hal yang paling penting dari cara mencegah kabel digigit tikus adalah dengan selalu memperhatikan kebersihan dan kerapian area di sekitar kabel tersebut. Kalau kabel dan area sekitarnya berbau dan kotor, maka bisa mengundang tikus untuk datang. Selain itu, pastikan ventilasi udara dan pencahayaan matahari bisa masuk ke dalam rumah karena tempat lembap adalah kesukaan tikus.

Sebagai Toko Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart menyediakan Kabel Eterna, pilihan terbaik untuk Anda dalam instalasi listrik. Kabel ini Terdiri dari berbagai ukuran, yakni  2 x 1,5 - 2 x 2,5 - 3 x 1,5 - 3 x 2,5,. Jadi tunggu apalagi, kunjungi Klopmart sekarang juga!


Demikianlah penjelasan tentang cara mencegah kabel digigit tikus yang dapat Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya