Saniter

10 Cara Mengusir Tokek di Rumah dengan Mudah dan Efektif

Media
08 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Selain kecoa dan tikus, hewan yang dianggap cukup mengganggu di rumah adalah tokek. Meskipun tidak terlalu berbahaya, suara tokek yang terkadang kencang sangat mengganggu kenyamanan.

Terutama saat malam hari ketika sedang tidur dan istirahat. Dengan begitu, Anda pun berpikir bagaimana mengusir hewan ini. Sebenarnya, ada cara mengusir tikus, kecoa dan tokek dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami. Apa saja bahan tersebut? Ada baiknya Anda simak ulasannya berikut.
 

Cara Mengusir Tokek di Rumah Agar Tidak Kembali Lagi

Cara Usir Tokek dari Rumah

Berikut ini adalah cara ampuh mengusir tokek dari rumah menggunakan berbagai bahan-bahan alami:

1. Kulit Telur

Terkadang kita membuang begitu saja kulit telur ketika menggorengnya. Namun, sebenarnya kulitnya juga diyakini ampuh dalam mengusir tokek di rumah. Logikanya sederhana, tokek akan melihat kulit telur tersebut sebagai predator. Tempatkanlah kulit ini di tempat-tempat tertentu yang mungkin dilewati oleh tokek.

Caranya pun mudah, kamu hanya letakkan telur tersebut sebanyak dua atau tiga kulit. Tokek ini akan mendekati cangkang telur tersebut. Agar kulit dalam kondisi baik, Anda bisa menggantinya setiap 3-4 minggu sekali dengan kulit telur baru.

2. Bawang Merah dan Putih

Bawang merah dan bawang putih kerap kali dijadikan sebagai bumbu masak. Namun, keduanya juga bisa Anda jadikan sebagai cara mengusir tokek yang paling ampuh. Irisan bawang merah dan putih dikenal dapat membuat badan tokek terasa panas dan pedih. Bau bawang putih dan merah juga dikenal tidak disukai tokek.

Untuk menggunakan cara ini, irislah siung bawang putih dan merah terlebih dahulu sampai halus dan letakkan pada bagian yang dihinggapi tokek. Lalu, gantilah saat aroma bawang tersebut mulai berkurang. Aroma bawang merah dan putih mampu membuat tokek menyingkir.

Cara kedua saat menggunakan bawang merah dan putih adalah dengan mencampurkan irisan halus dengan air. Kemudian, simpanlah ke dalam sebuah botol semprot. Anda bisa mengaplikasikannya langsung ketika melihat tokek yang hinggap di dinding secara langsung.

3. Bubuk Kapur Barus

Biasanya, kapur barus banyak digunakan untuk menjaga kelembaban suatu ruangan hingga sebagai cara ampuh usir kecoa dan serangga. Ternyata, kapur ini juga bisa Anda gunakan untuk mengusir tokek yang ada di rumah. Meski kapur tersebut memiliki aroma yang segar bagi manusia, akan tetapi tidak demikian bagi serangga hingga tokek.

Untuk mengusir tokek tersebut, Anda bisa menggunakan kapur barus yang padat. Namun, harus menghancurkannya terlebih dahulu hingga menjadi bagian kecil. Agar lebih maksimal, Anda bisa menggunakan kapur dalam bentuk bubuk. Lalu, sebarkan ke sarangnya, ke area yang dilalui tokek, hingga mengoleskannya di dinding rumah.

4. Ampas Kopi dan Tembakau

Cara alami berikutnya adalah dengan menggunakan ampas kopi dan tembakau. Buatlah bola-bola kecil menggunakan bubuk kopi yang basah dan bubuk tembakau. Lalu, tancapkan di ujung tusuk gigi, lidi, atau sebuah kayu kecil.

Campuran aroma ampas kopi dan tembakau sangat tidak disukai oleh tokek. Anda bisa tempatkan bola-bola yang telah dibuat pada bagian yang menjadi sarang tokek. Tokek tersebut akan memakan bola-bola tersebut dan membuatnya mati perlahan. Bila tidak menemukan sarang tokek tersebut, Anda pun dapat meletakkan pada bagian yang sering dihinggapi maupun dilalui tokek tersebut.

Baca juga: 8 Cara Menjaga Kebersihan Rumah yang Tidak Ribet dan Efektif

5. Semprotan Merica

Cara mengusir tokek di rumah yang berikutnya dengan bahan alami di rumah adalah dengan menggunakan semprotan merica. Mengapa demikian? Iritasi dari bubuk campuran merica yang dirasakan oleh kita juga berpengaruh pula pada tokek. Jadi, apa yang kita rasakan saat terkena iritasi bubuk tersebut bisa dirasakan oleh tokek tersebut.

Menggunakan semprotan merica dalam mengusir tokek pun mudah. Anda hanya perlu mencampurkan merica tersebut dengan air pada sebuah botol. Lalu, semprotkanlah pada bagian rumah yang sering dihinggapi tokek. Misalnya pada belakang sofa, dinding, dan bawah kulkas. Pada saat menyemprot sebaiknya gunakan kacamata atau masker agar tidak terkena iritasi.

6. Air Garam

Kalau bicara soal cara membasmi kutu busuk atau hewan penganggu lainnya, air garam sering menjadi salah satu solusinya.

Garam adalah salah satu bahan yang dapat mengusir tokek secara alami. Air garam ternyata dapat bereaksi dengan cepat pada kulit tokek dan membuatnya menjadi tidak nyaman.

Untuk dapat mengusir tokek di rumah dengan efektif, Anda dapat menyiapkan air garam sebelumnya di dalam sebuah botol semprotan. Anda kemudian tinggal menyemprotkan air garam tersebut pada tokek ketika dia keluar dari tempat persembunyiannya.

Baca juga: Cara Mengusir Cicak dengan Bahan Alami

7. Membakar Daun Kering

Jika cara-cara di atas masih belum dapat mengusir tokek di rumah Anda, maka Anda bisa menggunakan cara ini.

Membakar daun kering akan dapat menghasilkan asap yang dapat membuat tokek keluar dari tempat persembunyiannya. Caranya, Anda tinggal mengumpulkan daun kering ke dalam sebuah kaleng dan membakar daun-daun tersebut. Tempatkan kaleng tersebut ke dekat tempat persembunyian tokek dan tunggu hingga tokek keluar.

8. Dorong dengan Sapu

Suhu dingin dapat efektif untuk mengusir tokek. Tokek termasuk hewan berdarah panas yang membutuhkan kehangatan untuk bertahan hidup.

Oleh karena itu, membuat ruangan menjadi lebih dingin dengan cara seperti menurunkan suhu ruangan setidaknya hingga 22 derajat Celsius, menyalakan kipas angin atau AC dengan suhu dingin, dapat membuat tokek segera pergi dari ruangan

9. Jangan Tinggalkan Sumber Makanan

Pastikan tidak ada sumber makanan atau serangga lain yang menarik tokek ke dalam rumah. Jika ada, segera bersihkan.

10. Dorong dengan Sapu

Walaupun lebih besar dibandingkan dengan cicak, tokek tidak memiliki tingkat bahaya yang lebih tinggi dari hewan merayap tersebut. Tokek juga tidak termasuk hewan berbisa seperti ular.

Oleh karena itu, Anda hanya perlu mendorong tubuh tokek dengan menggunakan sapu dan mengarahkannya ke pintu atau jendela untuk keluar. Perlu diingat, serupa dengan cicak, tokek juga mampu melakukan autotomi, yaitu memutuskan ekornya sebagai respons terhadap ancaman.

Kesimpulan

Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengusir tokek di rumah dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda dapatkan di rumah?

Selain dengan cara di atas, agar tokek tidak kembali lagi ke rumah Anda penting juga untuk menjaga kebersihan rumah. Yakni dengan membeli peralatan kebersihan. Begitu juga dengan menjaga kelembaban dan suhu ruangan.

Peralatan kebersihan atau alat sanitasi terbaik bisa Anda temukan di Klopmart, e-commerce bahan bangunan dan perabotan rumah tangga berkualitas. Jadi, segera kunjungi Klopmart sekarang untuk mendapatkan alat sanitasi dan peralatan rumah tangga terbaik.

Sumber artikel:

  • https://katadata.co.id/agung/lifestyle/64ad27eaacfce/9-cara-mengusir-tokek-dengan-mudah

  • https://www.kompas.com/tren/read/2023/08/23/100000865/14-cara-mengusir-tokek-yang-berisik-di-dalam-kamar?page=all

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya