Cara Mengusir Tokek di Rumah yang Ampuh!

Selain kecoa dan tikus, hewan yang dianggap cukup mengganggu di rumah adalah tokek. Meskipun tidak terlalu berbahaya, suara tokek yang terkadang kencang sangat mengganggu kenyamanan. Terutama saat malam hari ketika sedang tidur dan istirahat. Dengan begitu, Anda pun berpikir bagaimana mengusir hewan ini. Sebenarnya, ada cara mengusir tikus, kecoa dan tokek dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami. Apa saja bahan tersebut? Ada baiknya Anda simak ulasannya berikut.

Kulit Telur

Terkadang kita membuang begitu saja kulit telur ketika menggorengnya. Namun, sebenarnya kulitnya juga diyakini ampuh dalam mengusir tokek di rumah. Logikanya sederhana, tokek akan melihat kulit telur tersebut sebagai predator. Tempatkanlah kulit ini di tempat-tempat tertentu.

Caranya pun mudah, kamu hanya letakkan telur tersebut sebanyak dua atau tiga kulit. Tokek ini akan mendekati cangkang telur tersebut. Agar kulit dalam kondisi baik, Anda bisa menggantinya setiap 3-4 minggu sekali dengan kulit telur baru.

Bawang Merah dan Putih

Bawang merah dan bawang putih kerap kali dijadikan sebagai bumbu masak. Namun, keduanya juga bisa Anda jadikan sebagai cara mengusir tokek yang paling ampuh. Irislah bawang tersebut terlebih dahulu sampai halus dan letakkan pada bagian yang dihinggapi tokek. Lalu, gantilah saat aroma bawang tersebut mulai berkurang. Aroma bawang merah dan putih mampu membuat tokek menyingkir.

Cara kedua saat menggunakan bawang merah dan putih adalah dengan mencampurkan irisan halus dengan air. Kemudian, simpanlah ke dalam sebuah botol semprot. Anda bisa mengaplikasikannya langsung ketika melihat tokek yang hinggap di dinding secara langsung.

Gunakan Kapur Barus

Biasanya, kapur barus banyak digunakan untuk menjaga kelembaban suatu ruangan hingga mengusir serangga dan kecoa. Ternyata, kapur ini juga bisa Anda gunakan untuk mengusir tokek yang ada di rumah. Meski kapur tersebut memiliki aroma yang segar bagi manusia, akan tetapi tidak demikian bagi serangga hingga tokek.

Untuk mengusir tokek tersebut, Anda bisa menggunakan kapur barus yang padat. Namun, harus menghancurkannya terlebih dahulu hingga menjadi bagian kecil. Agar lebih maksimal, Anda bisa menggunakan kapur  dalam bentuk bubuk. Lalu, sebarkan ke sarangnya, ke area yang dilalui tokek, hingga mengoleskannya di dinding rumah.

Aroma Kopi dan Tembakau

Aroma kopi dan tembakau juga terbukti ampuh dalam mengusir tokek di rumah. Anda bisa membuat bola-bola yang terbuat dari campuran kopi bubuk dan daun tembakau ini. Kemudian, basahailah dengan menggunakan air bersih. Lalu, tancapkan pada sebatang tusuk gigi, bambu, atau lidi.

Anda bisa meletakkannya pada bagian yang menjadi sarang tokek. Tokek tersebut akan memakan bola-bola tersebut dan membuatnya mati perlahan. Bila tidak menemukan sarang tokek tersebut, Anda pun dapat meletakkan pada bagian yang sering dihinggapi maupun dilalui tokek tersebut.

Semprotan Merica

Cara mengusir tokek yang terakhir dengan bahan alami di rumah adalah dengan menggunakan semprotan merica. Mengapa demikian? Iritasi dari bubuk campuran merica yang dirasakan oleh kita juga berpengaruh pula pada tokek. Jadi, apa yang kita rasakan saat terkena iritasi bubuk tersebut bisa dirasakan oleh tokek tersebut.

Menggunakan semprotan merica dalam mengusir tokek pun mudah. Anda hanya perlu mencampurkan merica tersebut dengan air pada sebuah botol. Lalu, semprotkanlah pada bagian rumah yang sering dihinggapi tokek. Misalnya pada belakang sofa, dinding, dan bawah kulkas. Pada saat menyemprot sebaiknya gunakan kacamata atau masker agar tidak terkena iritasi.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengusir tokek dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda dapatkan di rumah? Selain dengan cara di atas, agar tokek tidak kembali lagi ke rumah Anda penting juga untuk menjaga kebersihan rumah. Yakni dengan membeli peralatan kebersihan. Begitu juga dengan menjaga kelembaban dan suhu ruangan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
21 Feb 2020

Related Article