10 Cara Mengusir Tokek di Rumah dengan Mudah dan Efektif

Selain kecoa dan tikus, hewan yang dianggap cukup mengganggu di rumah adalah tokek. Meskipun tidak terlalu berbahaya, suara tokek yang terkadang kencang sangat mengganggu kenyamanan.

Terutama saat malam hari ketika sedang tidur dan istirahat. Dengan begitu, Anda pun berpikir bagaimana mengusir hewan ini. Sebenarnya, ada cara mengusir tikus, kecoa dan tokek dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami. Apa saja bahan tersebut? Ada baiknya Anda simak ulasannya berikut.

promo klopmart

Cara Mengusir Tokek di Rumah Agar Tidak Kembali Lagi

Berikut ini adalah cara ampuh mengusir tokek dari rumah menggunakan berbagai bahan-bahan alami:

1. Kulit Telur

Terkadang kita membuang begitu saja kulit telur ketika menggorengnya. Namun, sebenarnya kulitnya juga diyakini ampuh dalam mengusir tokek di rumah. Logikanya sederhana, tokek akan melihat kulit telur tersebut sebagai predator. Tempatkanlah kulit ini di tempat-tempat tertentu yang mungkin dilewati oleh tokek.

Caranya pun mudah, kamu hanya letakkan telur tersebut sebanyak dua atau tiga kulit. Tokek ini akan mendekati cangkang telur tersebut. Agar kulit dalam kondisi baik, Anda bisa menggantinya setiap 3-4 minggu sekali dengan kulit telur baru.

2. Bawang Merah dan Putih

Bawang merah dan bawang putih kerap kali dijadikan sebagai bumbu masak. Namun, keduanya juga bisa Anda jadikan sebagai cara mengusir tokek yang paling ampuh. Irisan bawang merah dan putih dikenal dapat membuat badan tokek terasa panas dan pedih. Bau bawang putih dan merah juga dikenal tidak disukai tokek.

Untuk menggunakan cara ini, irislah siung bawang putih dan merah terlebih dahulu sampai halus dan letakkan pada bagian yang dihinggapi tokek. Lalu, gantilah saat aroma bawang tersebut mulai berkurang. Aroma bawang merah dan putih mampu membuat tokek menyingkir.

Cara kedua saat menggunakan bawang merah dan putih adalah dengan mencampurkan irisan halus dengan air. Kemudian, simpanlah ke dalam sebuah botol semprot. Anda bisa mengaplikasikannya langsung ketika melihat tokek yang hinggap di dinding secara langsung.

3. Bubuk Kapur Barus

Biasanya, kapur barus banyak digunakan untuk menjaga kelembaban suatu ruangan hingga sebagai cara ampuh usir kecoa dan serangga. Ternyata, kapur ini juga bisa Anda gunakan untuk mengusir tokek yang ada di rumah. Meski kapur tersebut memiliki aroma yang segar bagi manusia, akan tetapi tidak demikian bagi serangga hingga tokek.

Untuk mengusir tokek tersebut, Anda bisa menggunakan kapur barus yang padat. Namun, harus menghancurkannya terlebih dahulu hingga menjadi bagian kecil. Agar lebih maksimal, Anda bisa menggunakan kapur dalam bentuk bubuk. Lalu, sebarkan ke sarangnya, ke area yang dilalui tokek, hingga mengoleskannya di dinding rumah.

4. Ampas Kopi dan Tembakau

Cara alami berikutnya adalah dengan menggunakan ampas kopi dan tembakau. Buatlah bola-bola kecil menggunakan bubuk kopi yang basah dan bubuk tembakau. Lalu, tancapkan di ujung tusuk gigi, lidi, atau sebuah kayu kecil.

Campuran aroma ampas kopi dan tembakau sangat tidak disukai oleh tokek. Anda bisa tempatkan bola-bola yang telah dibuat pada bagian yang menjadi sarang tokek. Tokek tersebut akan memakan bola-bola tersebut dan membuatnya mati perlahan. Bila tidak menemukan sarang tokek tersebut, Anda pun dapat meletakkan pada bagian yang sering dihinggapi maupun dilalui tokek tersebut.

Baca juga: 8 Cara Menjaga Kebersihan Rumah yang Tidak Ribet dan Efektif

5. Semprotan Merica

Cara mengusir tokek di rumah yang berikutnya dengan bahan alami di rumah adalah dengan menggunakan semprotan merica. Mengapa demikian? Iritasi dari bubuk campuran merica yang dirasakan oleh kita juga berpengaruh pula pada tokek. Jadi, apa yang kita rasakan saat terkena iritasi bubuk tersebut bisa dirasakan oleh tokek tersebut.

Menggunakan semprotan merica dalam mengusir tokek pun mudah. Anda hanya perlu mencampurkan merica tersebut dengan air pada sebuah botol. Lalu, semprotkanlah pada bagian rumah yang sering dihinggapi tokek. Misalnya pada belakang sofa, dinding, dan bawah kulkas. Pada saat menyemprot sebaiknya gunakan kacamata atau masker agar tidak terkena iritasi.

6. Air Garam

Kalau bicara soal cara membasmi kutu busuk atau hewan penganggu lainnya, air garam sering menjadi salah satu solusinya.

Garam adalah salah satu bahan yang dapat mengusir tokek secara alami. Air garam ternyata dapat bereaksi dengan cepat pada kulit tokek dan membuatnya menjadi tidak nyaman.

Untuk dapat mengusir tokek di rumah dengan efektif, Anda dapat menyiapkan air garam sebelumnya di dalam sebuah botol semprotan. Anda kemudian tinggal menyemprotkan air garam tersebut pada tokek ketika dia keluar dari tempat persembunyiannya.

Baca juga: Cara Mengusir Cicak dengan Bahan Alami

7. Memasang Perangkap Tokek

Anda bisa membuat perangkap sederhana dengan menggunakan botol plastik atau lem perangkap serangga. Letakkan perangkap di tempat-tempat yang sering didatangi tokek dan periksa secara rutin.

8. Menurunkan Suhu Ruangan

Suhu dingin dapat efektif untuk mengusir tokek. Tokek termasuk hewan berdarah panas yang membutuhkan kehangatan untuk bertahan hidup.

Oleh karena itu, membuat ruangan menjadi lebih dingin dengan cara seperti menurunkan suhu ruangan setidaknya hingga 22 derajat Celsius, menyalakan kipas angin atau AC dengan suhu dingin, dapat membuat tokek segera pergi dari ruangan

9. Menutup Celah dan Lubang

Tokek dapat masuk ke dalam rumah melalui celah-celah kecil di dinding, jendela, atau pintu. Periksa dan tutup semua celah dan lubang dengan sealant atau jaring kawat untuk mencegah tokek masuk

10. Dorong dengan Sapu

Walaupun lebih besar dibandingkan dengan cicak, tokek tidak memiliki tingkat bahaya yang lebih tinggi dari hewan merayap tersebut. Tokek juga tidak termasuk hewan berbisa seperti ular.

Oleh karena itu, Anda hanya perlu mendorong tubuh tokek dengan menggunakan sapu dan mengarahkannya ke pintu atau jendela untuk keluar. Perlu diingat, serupa dengan cicak, tokek juga mampu melakukan autotomi, yaitu memutuskan ekornya sebagai respons terhadap ancaman.

Baca juga: 5 Cara Membasmi Kamitetep di Rumah dengan Mudah

Penyebab Tokek Muncul di Rumah

Ada beberapa penyebab kehadiran tokek muncul di area rumah Anda. Berikut ulasannya:

1. Rumah Anda Jadi Sumber Makanannya

Tokek tertarik pada rumah yang memiliki banyak serangga kecil seperti nyamuk, lalat, dan semut, yang merupakan makanan utama mereka. Jika rumahmu memiliki banyak serangga, tokek akan tertarik untuk datang dan berburu.

2. Kelembapan dan Suhu yang Tepat

Tokek suka tempat yang lembap dan hangat. Jika rumahmu memiliki kelembapan tinggi atau banyak tempat yang lembap seperti kamar mandi, dapur, atau area sekitar pipa bocor, ini bisa menarik tokek.

3. Mencari Celah dan Lubang

Tokek dapat masuk ke dalam rumah melalui celah-celah kecil di dinding, jendela, atau pintu. Rumah dengan banyak retakan atau lubang kecil memberikan akses mudah bagi tokek untuk masuk dan bersembunyi.

4. Mencari Penerangan

Tokek sering muncul di area yang terang karena lampu menarik serangga, yang menjadi sumber makanan mereka. Jika rumah atau halamanmu sering dinyalakan lampu di malam hari, ini bisa menarik tokek yang datang untuk berburu serangga.

5. Tempat Berlindung dan Persembunyian

Tokek mencari tempat yang aman untuk bersembunyi dan berlindung. Tumpukan barang, perabotan yang jarang dipindahkan, dan ruang yang jarang dibersihkan bisa menjadi tempat persembunyian yang ideal bagi tokek.

Dengan mengetahui penyebab munculnya tokek di rumah, kamu dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk mengurangi kemungkinan kedatangan mereka. Menjaga kebersihan rumah, memperbaiki celah dan retakan, serta mengendalikan populasi serangga adalah beberapa cara efektif untuk mencegah tokek masuk ke rumah.

Baca juga: 9 Cara Mengusir Semut Merah dengan Mudah

Kesimpulan

Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengusir tokek di rumah dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda dapatkan di rumah?

perlengkapan sanitasi

Selain dengan cara di atas, agar tokek tidak kembali lagi ke rumah Anda penting juga untuk menjaga kebersihan rumah. Apabila Anda tidak memiliki perlengkapan kebersihan, Anda dapat membeli peralatan kebersihan di Klopmart. 

Untuk proyek konstruksi yang lebih efisien dan berkualitas, pastikan Anda memilih bahan bangunan terbaik dari Klopmart. Kami menawarkan berbagai pilihan produk konstruksi berkualitas tinggi dengan harga bersaing. Dengan produk yang andal dan pelayanan yang profesional, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas proyek konstruksi Anda.

Jangan ragu untuk menghubungi Klopmart untuk kebutuhan bahan bangunan Anda. Temukan produk terbaik untuk proyek Anda hanya di Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya