Inilah Cara Membuat Septic Tank dengan Buis Beton

Cara membuat septic tank dengan buis beton adalah salah satu metode yang bagus untuk digunakan. Septic tank akan dibutuhkan guna menampung dan juga menghancurkan kotoran manusia, mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. Memperhitungkan lokasi dan ukuran mungkin menjadi poin utama yang menjadi perhatian. Namun pemilihan materi yang akan digunakan tidak kalah pentingnya. 

Membuat tangki untuk septic tank dari material buis beton menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Bahkan ada beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan ketika menggunakannya. Mari mengenal cara pembuatannya sehingga informasi tersebut bisa Anda terapkan nantinya.

Cara Membuat Septic Tank dengan Buis Beton

Buis beton atau gorong-gorong beton merupakan sebuah beton cetak yang berbentuk seperti tabung dengan bagian dalam yang kosong. Karena bentuknya inilah, ada banyak saluran atau gorong-gorong yang memanfaatkan material satu ini. 

Selain sebagai gorong-gorong, ada banyak pemanfaatan lainnya dari buis beton ini. Salah satunya sebagai sumur resapan atau septic tank. Bentuknya yang menyerupai pipa ini sangat cocok menjadi bahan baku dasar menggantikan septic tank yang dibuat dari bata dan semen cor karena pengaplkasiannya yang lebih mudah.

Baca Juga: 7 Ukuran Buis Beton yang Umum Digunakan Serta Fungsinya

Untuk membuat sumur resapan ini menggunakan buis beton, ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti. Berikut ini adalah langkah tersebut.

1. Memilih Lokasi yang Tepat Untuk Septic Tank

Septic tank sebenarnya dapat ditempatkan sesuai keinginan Anda, namun bukan berarti tidak perlu penghitungan dan melihat berbagai macam faktor lainnya. Jarak dari sumber air dan lokasi tempat tinggal adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Kawasan perkotaan dengan luas hunian yang sempit, septic tank bisa ditempatkan di bawah kamar mandi atau di dalam area rumah. Penempatan septic tank di depan rumah biasanya menjadi pilihan masyarakat perumahan dengan lahan terbatas. Sedangkan masyarakat dengan lahan yang cukup luas akan memilih area belakang rumah sebagai lokasi dari septic tank.

2. Buat Galian Secara Melingkar

Setelah memilih lokasinya, selanjutnya adalah menggali secara melingkar dengan diameter serta kedalaman yang dibutuhkan. Ukuran standar septic tank adalah 1,5-2,5 meter dengan kedalaman lebih kurang 1-3 meter. Sesuaikan juga dengan diameter buis beton yang akan digunakan.

3. Memasukkan Buis Beton

Dikarenakan ukuran dan massanya yang besar dan berat, diperlukan tenaga ekstra. Untuk mempermudah pemasangannya katrol dan tuas bisa menjadi solusinya. Cara pembuatan septic tank dengan buis beton akan membutuhkan lebih dari 1 buis beton untuk melapisi dinding septic tank galian, tergantung kedalaman septic tank dan tinggi buis beton yang dibeli. Jika sudah meletakkannya, maka kita bisa lanjut pada proses pemlesteran dinding septic tank hingga rapat.

4. Merancang dan Membuat Saluran Menuju Septic Tank

Saluran dari kloset dapat dibuat dengan menggunakan pipa-pipa berukuran cukup agar tidak mudah tersumbat. Sebagai tambahan, sebaiknya saluran pipa harus minim belokan agar kotoran dapat mengalir tanpa hambatan. Sudut kemiringan yang pas juga diperlukan agar kotoran dapat masuk ke dalam saluran septic tank dengan lancar.  

5. Menutup Lubang Septic Tank 

Selanjutnya ada tahap penutupan septic tank. Penutupan dapat dilakukan menggunakan buis beton berbentuk piringan dan menambahkan cor beton permukaan tanahnya demi mengantisipasi kebocoran atau rembesan. Tambahkan juga pipa udara untuk sirkulasi udara septic tank ini.

Itulah dia cara yang bisa Anda ikuti ketika ingin membuat sumur untuk mendaur ulang limbah ini. Gunakan Drymix Thinbed 100 untuk mendapatkan lapisan semen yang bagus pada septic tank Anda. Temukan produk ini di Klopmart dan terapkan cara membuat septic tank dengan buis beton ini.

Baca Juga: Cara Kerja Bio Septic Tank


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Des 2021

Related Article