Cara Membuat Septic Tank dengan Buis Beton

Mengetahui cara membuat septic tank dengan buis beton sangat penting karena itu dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan septic tank. Salah satu fungsi utama septic tank adalah menampung dan juga menghancurkan kotoran manusia, mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan apa saja fungsi septic tank dan bagaimana cara membuat septic tank dengan buis beton.

Namun sebelum itu, bilamana Anda memesan berbagai bahan bangunan dan semua kebutuhan untuk hunian Anda termasuk septic tank di Klopmart saat ini, Anda akan mendapatkan diskon yang menggiurkan untuk berbagai pilihan produk Anda.


Mengapa Penting Penggunaan Septic Tank dalam Pengelolaan Limbah Rumah Tangga?

Ada beberapa fungsi atau kegunaan utama septic tank yang perlu Anda ketahui, yakni di antaranya:

1. Penyaringan Limbah Cair

Septic tank berfungsi sebagai tempat penyaringan dan pemrosesan limbah cair dari rumah tangga atau bangunan. Limbah dari kamar mandi, dapur, dan saluran air lainnya mengalir ke dalam septik tank.

Di dalam tank, bakteri dan mikroorganisme bekerja untuk mengurai bahan organik dalam limbah, memecahnya menjadi zat yang lebih sederhana.

2. Penyaringan Tinja dan Penguraian Padat

Septic tank juga bertanggung jawab untuk memisahkan tinja dan bahan padat dari air limbah. Proses ini melibatkan pengendapan tinja di dasar septik tank, sedangkan air yang sudah jernih kemudian disaring dan dialirkan ke dalam saluran pembuangan atau lapangan penyerapan.

3. Pembersihan dan Pengolahan Air Bersih

Air yang telah melalui proses penyaringan di dalam septik tank dipecah menjadi dua lapisan, yaitu lapisan air yang jernih dan lapisan endapan padat di dasar.

Air yang sudah bersih dapat dikeluarkan dari septik tank dan digunakan untuk irigasi atau disalurkan ke lingkungan dengan aman.

Endapan padat yang tertinggal di dalam septik tank perlu diisap secara berkala oleh layanan penyedotan tinja agar septik tank tetap berfungsi dengan baik.

Dengan tiga fungsi utama ini, septik tank membantu mengelola limbah rumah tangga dan melindungi lingkungan dari pencemaran akibat pembuangan limbah yang tidak terkendali.

Baca juga: Cara Mengatasi Kloset Tersumbat yang Wajib Anda Ketahui!

Pemanfaatan Buis Beton untuk Septic Tank

Membuat tangki untuk septic tank dari material buis beton menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Bahkan ada beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan ketika menggunakannya.

Buis beton atau gorong-gorong beton merupakan sebuah beton cetak yang berbentuk seperti tabung dengan bagian dalam yang kosong. Karena bentuknya inilah, ada banyak saluran atau gorong-gorong yang memanfaatkan material satu ini. 

Selain sebagai gorong-gorong, ada banyak pemanfaatan lainnya dari pemasangan buis beton ini. Salah satunya sebagai sumur resapan atau septic tank. Bentuknya yang menyerupai pipa ini sangat cocok menjadi bahan baku dasar menggantikan septic tank yang dibuat dari bata dan semen cor karena pengaplkasiannya yang lebih mudah.

Mari mengenal cara pembuatannya sehingga informasi tersebut bisa Anda terapkan nantinya.

Baca Juga: 7 Ukuran Buis Beton yang Umum Digunakan Serta Fungsinya

5 Cara Membuat Septic Tank dengan Buis Beton

Untuk membuat sumur resapan ini menggunakan buis beton, ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti. Berikut ini adalah langkah untuk membuat septic tank dengan bius beton.

1. Memilih Lokasi yang Tepat Untuk Septic Tank

Cara membuat septic tank dengan buis beton yang pertama yaitu dengan memilih lokasi. Septic tank sebenarnya dapat ditempatkan sesuai keinginan Anda, namun bukan berarti tidak perlu penghitungan dan melihat berbagai macam faktor lainnya.

Jarak dari sumber air dan lokasi tempat tinggal adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Kawasan perkotaan dengan luas hunian yang sempit, septic tank bisa ditempatkan di bawah kamar mandi atau di dalam area rumah. Penempatan septic tank di depan rumah biasanya menjadi pilihan masyarakat perumahan dengan lahan terbatas. Sedangkan masyarakat dengan lahan yang cukup luas akan memilih area belakang rumah sebagai lokasi dari septic tank.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Tak Sedap

2. Buat Galian Secara Melingkar

Setelah memilih lokasinya, cara membuat septic tank dengan buis beton selanjutnya adalah menggali secara melingkar dengan diameter serta kedalaman yang dibutuhkan.

Ukuran standar septic tank adalah 1,5-2,5 meter dengan kedalaman lebih kurang 1-3 meter. Sesuaikan juga dengan diameter buis beton yang akan digunakan.

3. Memasukkan Buis Beton

Langkah ketiga cara membuat septic tank dengan buis beton yaitu memasukkan bius beton. Dikarenakan ukuran dan massanya yang besar dan berat, diperlukan tenaga ekstra. Untuk mempermudah pemasangannya katrol dan tuas bisa menjadi solusinya.

Cara pembuatan septic tank dengan buis beton akan membutuhkan lebih dari 1 buis beton untuk melapisi dinding septic tank galian, tergantung kedalaman septic tank dan tinggi buis beton yang dibeli. Jika sudah meletakkannya, maka kita bisa lanjut pada proses pemlesteran dinding septic tank hingga rapat.

4. Merancang dan Membuat Saluran Menuju Septic Tank

Membuat saluran dari WC ke septic tank merupakan cara membuat septic tank dengan buis beton berikutnya.

Saluran dari kloset dapat dibuat dengan menggunakan pipa-pipa berukuran cukup agar tidak mudah tersumbat. Sebagai tambahan, sebaiknya saluran pipa harus minim belokan agar kotoran dapat mengalir tanpa hambatan. Sudut kemiringan yang pas juga diperlukan agar kotoran dapat masuk ke dalam saluran septic tank dengan lancar. 

Baca juga: Mudah Diterapkan, Begini Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam

5. Menutup Lubang Septic Tank 

Cara membuat septic tank dengan buis beton yang terakhir yaitu menutup lubang. Penutupan dapat dilakukan menggunakan buis beton berbentuk piringan dan menambahkan cor beton permukaan tanahnya demi mengantisipasi kebocoran atau rembesan. Tambahkan juga pipa udara untuk sirkulasi udara septic tank ini.

Standar Septic Tank Berdasarkan SNI

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat septic tank buis beton. Akan semakin baik jika Anda juga memahami standar spesifikasi dari septic tank.

Di Indonesia penggunaan septic tank merupakan hal yang wajib diterapkan untuk setiap jamban rumah tangga. Hal ini tertuang jelas di dalam peraturan menteri kesehatan nomor 3 tahun 2014 tentang sanitasi total berbasis masyarakat.

Selanjutnya, septic tank juga diatur standarnya oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN). Spesifikasi teknis septic tank diatur jelas di dalam SNI 2398:2017 tentang Tata cara perencanaan tangki septik dengan pengolahan lanjutan (sumur resapan, bidang resapan, up flow filter, kolam sanita).

Berikut ini standar dari septic tank berdasarkan SNI 2398:2017:

1. Jarak Ideal Septic Tank

Adapun jarak ideal (minimum) saptic tank yang diatur bermacam-macam, ini penjelasannya:

  • Untuk jarak ideal sumur resapan dengan sumur air bersih minimal 10 meter,
  • Untuk jarak dengan bangunan minimal yaitu 1,5 meter, dan
  • Unuk jarak dengan sumur resapan air hujan yaitu 5 meter.

Baca juga: 4 Solusi Masalah Air Kloset Lambat Turun

2. Bentuk dan Ukuran Septic Tank

Selanjunya, bentuk dan ukuran dari septic tank juga memiliki standar berdasarkan SNI 2398:2017, yaitu:

  • Septic tank segi empat dengan perbandingan panjang dan lebar 2 : 1 sampai 3 : 1,
  • Lebar septic tank minimal 0,75 m,
  • Panjang septic tank minimal 1,50 m,
  • Tinggi minimal 1,5 m termasuk ambang batas 0,3 m.
  • Bentuk segi empat dengan panjang x lebar 2:1 sampai 3:1
  • Volume septic tank disesuaikan dengan jumlah penghuni rumah

3. Lubang Pemeriksa

Adapun lubang pemeriksa harus memenuhi ketentuan berikut:

  • Septic tank harus dilengkapi dengan lubang pemeriksa
  • Permukaan lubang pemeriksa harus ditempatkan minimal 10 cm diatas permukaan tanah
  • Lubang pemeriksa yang berbentuk empat persegi dengan ukuran minimal (0,40 x 0,40) m2, dan bentuk bulat dengan diameter minimal 0,4 m;

Baca Juga: Cara Kerja Bio Septic Tank

Demikianlah penjelasan tentang cara membuat septic tank dengan buis beton dan spesifikasinya yang bisa Anda ikuti. Temukan berbagai kebutuhan material bangunan maupun perlengkapan domestik Anda dengan harga distributor hanya di Klopmart. Buruan nikmati potongan harganya untuk berbagai produk pilihan Anda sekarang juga.


Selain itu, Anda dapat menggunakan Drymix Thinbed 100 untuk mendapatkan lapisan semen yang bagus pada septic tank Anda. Temukan produk ini di Klopmart dan terapkan cara membuat septic tank dengan buis beton ini.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya