Berapakah Takaran Cor Beton Manual yang Akan Anda Gunakan?

Menentukan takaran cor beton manual adalah hal yang sangat penting untuk bisa membuat struktur bangunan yang kuat dan bisa bertahan sangat lama. Sebenarnya sudah ada banyak campuran ready mix yang cukup ditambahkan air untuk bisa digunakan. Namun ada banyak faktor di lapangan yang membuat kita harus bisa menciptakan takaran secara manual. Membuat campuran yang salah akan bisa beresiko sangat fatal karena dapat menciptakan kekerasan beton yang tidak seimbang antara bidang satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah cara menciptakan takaran untuk adukan cor dari bangunan yang akan dibangun. Perhatikan informasi di bawah ini dengan seksama.

Takaran Cor Beton Manual

Untuk bisa menghasilkan campuran beton yang kuat, maka akan dibutuhkan takaran yang tepat. Secara teknis takaran bahan campuran beton kualitas baik adalah:

  • 11% – Semen
  • 41% – Batu koral – Agregat (split)
  • 26% – Pasir kasar
  • 16% – Air

Namun akan dibutuhkan perhitungan lebih lanjut untuk mengubah persentase di atas menjadi sebuah takaran. Metode lainnya yang lebih mudah untuk dipahami adalah menggunakan metode perbandingan 1:2:3. Maka jumlah bahannya adalah 1 semen : 2 pasir : 3 koral.

Adukan beton ini sangat baik sebagai campuran untuk pekerjaan struktur seperti pondasi plat beton, beton sloof, beton kolom, dan balok beton. Lalu juga bagus untuk pekerjaan non struktur misalnya untuk plat lantai beton, topi-topi di atas jendela, dak teras, dan lain-lain.

1. Membuat Takaran Dengan Benda Di Sekitar Anda

Untuk bisa memudahkan dalam menggunakan perbandingan di atas, maka kita bisa memanfaatkan berbagai benda yang ada di sekitar. Salah satunya dengan menggunakan kaleng bekas cat yang berukuran galon. 1 zak semen ukuran 50 kg isinya adalah 2 kaleng bekas cat. Maka dari perbandingan di atas, campuran untuk cor semen adalah:

  • Semen = 2 kaleng cat
  • Pasir = 4 kaleng cat
  • Koral/split = 6 kaleng cat

Adukan beton 1:2:3 di atas kurang lebih setara dengan Beton Mutu K-175 atau mempunyai kuat tekan 175 kg / cm2, cukup untuk memenuhi syarat kondisi kekuatan duct beton.

Baca Juga: Tabel Mutu Beton yang Harus Dipahami Oleh Kontraktor

2. Manfaatkan Peralatan Pengaduk Semen

Salah satu peralatan yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan adukan semen yang baik adalah dengan menggunakan mesin molen. Proses pengadukan akan berjalan secara konsisten, air juga tidak akan berceceran. Jika mengaduk secara manual, maka akan ada lebih banyak hal yang harus dibersihkan nantinya. Setiap perhitungan harus tepat untuk bisa menghindari permukaan beton yang retak.

Kegunaan Beton Cor

Ada banyak manfaat dari penggunaan bahan yang satu ini. Beton cor yang dibuat dengan bahan berkualitas bisa menahan tekanan atau beban dengan baik. Sifat beton cor yang tahan terhadap korosi atau pembusukan terhadap lingkungan di sekitarnya juga menjadi salah satu alasan mengapa penggunaannya sangat umum kita jumpai. 

Jadi meskipun terkena hujan maupun panas ekstrim, beton cor tetap akan kokoh. Bahkan juga tahan akan api atau tidak mudah terbakar. Beton cor juga bisa dicetak berdasarkan kebutuhan dan keinginan. Memudahkan dalam proses konstruksi yang akan memerlukan berbagai macam bentuk.

Itulah informasi untuk komposisi adukan dari beton cor. Semoga informasi ini bisa berguna. Anda bisa cek harga semen MU hanya di Klopmart. Temukan semen yang tepat dan gunakan takaran cor beton manual ini pada bangunan Anda.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Beton Pracetak atau Beton Precast


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
30 Nov 2021

Related Article