5 Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Tak Sedap

Bau tak sedap di kamar mandi memang cukup mengganggu bagi pemilik rumah. Bau kamar mandi terkadang juga menjadi penyebab bau pada ruangan lainnya karena dapat menyebar ke seisi ruangan rumah. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Untuk mengantisipasinya, Anda bisa menerapkan cara menghilangkan bau kamar mandi dengan mudah berikut ini.

Menggunakan Pewangi Ruangan

Menggunakan pewangi atau pengharum ruangan adalah cara menghilangkan bau kamar paling sederhana dan banyak diterapkan. Anda sebaiknya juga harus jeli dalam memilih pewangi untuk kamar mandi. Hindarilah penggunaan pewangi dengan aroma yang cukup tajam.

Mengapa begitu? Alih-alih kamar mandi menjadi wangi, aroma tajam ini justru membuat bau semakin menyengat. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memilih pewangi dengan aroma yang lembut sekaligus menyegarkan. Aroma aqua dan eucalyptus bisa Anda jadikan pilihan untuk pewangi tersebut.

Baking Soda dan Cuka Juga Bisa Anda Gunakan

Selama ini mungkin Anda mengira bahwa baking soda hanya digunakan untuk membuat kue. Akan tetapi, baking soda pun bisa digunakan untuk membersihkan bau tak sedap di kamar mandi. Cara mehilangkan bau kamar mandi menggunakan baking soda pun sangat mudah. Cukup tuangkan baking soda tadi ke dalam kloset dan tutuplah dudukannya sebentar.

Lalu, Anda pun dapat menggunakan larutan cuka, terutama untuk menghilangkan bau karena asap rokok. Caranya adalah cukup meneteskan cuka putih pada handuk bersih. Kibaskanlah handuk tersebut dalam kamar mandi dan letakkan untuk beberapa saat. Cuka tersebut akan menyerap bau rokok di kamar mandi Anda.

Gunakan Ampas Kopi

Tahukah Anda jika ampas kopi juga bisa digunakan sebagai cara membersihkan bau kamar mandi? Cara melakukannya pun juga mudah diterapkan. Anda tinggal menggunakan ampas kopi yang sudah digunakan dan tambahkan sedikit air panas dan garam. Setelah itu, ampas kopi bisa disiramkan pada lubang saluran air maupun toilet atau bagian yang bau tersebut.

Ketika Anda menyiramkannya pada saluran air maupun toilet tadi, jangan lupa untuk menekan flush maupun menyiramnya dengan menggunakan air bersih setelah beberapa saat. Tunggulah hingga bau menghilang dan pastikan kamar mandi dalam kondisi terbuka.

Lilin Aromaterapi Sebagai Alternatif

Jika Anda tidak menggunakan pewangi ruangan maupun karbol, cara menghilangkan bau kamar mandi dapat dicegah dengan menggunakan lilin aromaterapi. Anda bisa menyalakan lilin aromaterapi ini saat mandi. Pilihlah lilin aroma terapi yang sesuai dengan selera dan ukurannya sesuai kebutuhan. Sebab, di pasaran lilin aroma terapi dijual dengan berbagai macam ukuran.

Tempatkan lilin di tempat yang cukup kering dan tidak mudah terkena percikan air agar nyala tetap terjaga. Fungsi lain dari lilin aroma terapi di samping menghilangkan bau tak sedap juga dapat memberikan rasa rileks saat Anda mandi. Terlebih lagi ketika seharian menjalani aktivitas.

Tetap Jaga Kondisi Kamar Mandi

Terakhir, cara menghilangkan bau kamar mandi bisa Anda lakukan dengan menjaga kondisinya tetap kering. Meski sederhana, cara seperti ini sangatlah efektif menghilangkan bau tak sedap tersebut. Kondisi kamar mandi yang basah dan lembap menjadi penyebab utama bau tak sedap. Langkah yang bisa Anda lakukan agar kamar mandi cepat kering di antaranya dengan membiarkan pintu terbuka saat tidak digunakan.

Selain cara tersebut, Anda juga perlu memperhatikan dinding kamar kering dan udara bisa masuk. Kamar mandi yang lembap tidak hanya membuat bau tidak sedap. Oleh karena itulah penting pula untuk memperhatikan ventilasi ruangan kamar mandi agar tetap terbuka. Di sisi lain, lembabnya kamar mandi juga membuat tumbuhnya jamur dan kuman penyebab penyakit.

Setidaknya itulah beberapa cara menghilangkan bau kamar mandi dengan mudah. Untuk mendapatkan pembersih kamar mandi tersebut, Anda bisa mendapatkannya secara langsung maupun secara online di toko terpercaya. Semoga bermanfaat!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
07 Okt 2019

Related Article