Cat dan Kimia

8 Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi yang Mudah Dilakukan dengan Efektif

Media
03 Jan 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bau tak sedap di kamar mandi memang cukup mengganggu bagi pemilik rumah. Bau di kamar mandi terkadang juga menjadi penyebab bau pada ruangan lainnya karena dapat menyebar ke seisi ruangan rumah.

Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Untuk mengantisipasinya, Anda bisa menerapkan cara menghilangkan bau kamar mandi dengan mudah pada artikel berikut ini.

Kenapa Saluran Air Kamar Mandi Bau?

Sebelum membahas cara menghilangkan, mari kita pahami terlebih dahulu beberapa penyebab saluran air kamar mandi bau.

Bau yang tidak sedap di saluran air kamar mandi biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa alasan umum mengapa saluran air kamar mandi dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap, yaitu:

1. Penyumbatan Saluran

Salah satu alasan utama adalah penyumbatan atau pemblokiran dalam saluran air. Penyumbatan dapat terjadi karena penumpukan rambut, sabun, deterjen, lemak, dan serpihan makanan yang masuk ke dalam saluran air. Ketika benda-benda ini terurai dan membusuk, mereka dapat menghasilkan bau yang tidak sedap.

2. Bakteri dan Jamur

Saluran air yang lembap dan kurang ventilasi adalah tempat yang baik bagi pertumbuhan bakteri dan jamur. Bakteri dan jamur ini dapat menghasilkan bau yang tidak sedap saat mereka berkembang biak dan membusuk.

3. Kelembapan Berlebih

Kelembapan berlebih dalam saluran air dapat menyebabkan kondisi yang ideal untuk pertumbuhan bakteri dan jamur yang menghasilkan bau tidak sedap. Kelembapan juga dapat menyebabkan serpihan makanan atau bahan lainnya yang terperangkap di saluran air untuk membusuk lebih cepat.

4. Kebocoran Pipa

Kebocoran pipa dalam saluran air kamar mandi dapat mengakibatkan air menggenang di area yang tidak seharusnya. Air yang menggenang ini bisa mengandung bahan organik dan menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur yang menciptakan bau yang tidak sedap.

5. Pemakaian Bahan Kimia yang Tidak Tepat

Pemakaian bahan kimia yang tidak cocok untuk membersihkan saluran air juga bisa menyebabkan masalah bau. Beberapa produk pembersih mungkin tidak efektif dalam mengatasi masalah bau atau bahkan bisa merangsang pertumbuhan bakteri.

6. Umur Saluran

Penyebab yang terakhir yaitu saluran air yang sudah tua dan rusak mungkin memiliki kebocoran atau penumpukan yang sulit diatasi, sehingga bau yang tidak sedap seringkali muncul.

Apa Saja Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi yang Ampuh?

Berikut ini adalah beberapa pilihan cara yang dapat Anda lakukan dirumah untuk menghilangkan bau kamar mandi dengan cepat dan mudah:

1. Menggunakan Pewangi Ruangan

Menggunakan pewangi atau pengharum ruangan adalah cara menghilangkan bau kamar paling sederhana dan banyak diterapkan. Anda sebaiknya juga harus jeli dalam memilih pewangi untuk kamar mandi. Hindarilah penggunaan pewangi dengan aroma yang cukup tajam.

Mengapa begitu? Alih-alih kamar mandi menjadi wangi, aroma tajam ini justru membuat bau semakin menyengat. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memilih pewangi dengan aroma yang lembut sekaligus menyegarkan. Aroma aqua dan eucalyptus bisa Anda jadikan pilihan untuk pewangi tersebut.

Baca Juga: Atasi Kamar Mandi Berjamur

2. Baking Soda dan Cuka Juga Bisa Anda Gunakan

Selama ini mungkin Anda mengira bahwa baking soda hanya digunakan untuk membuat kue. Akan tetapi, baking soda pun bisa digunakan untuk membersihkan bau tak sedap di kamar mandi. Cara hilangkan bau kamar mandi menggunakan baking soda pun sangat mudah. Cukup tuangkan baking soda tadi ke dalam kloset dan tutuplah dudukannya sebentar. Dan ternyata, baking soda juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau pesing pada kasur.

Lalu, Anda pun dapat menggunakan larutan cuka, terutama untuk menghilangkan bau karena asap rokok. Caranya adalah cukup meneteskan cuka putih pada handuk bersih. Kibaskanlah handuk tersebut dalam kamar mandi dan letakkan untuk beberapa saat. Cuka tersebut akan menyerap bau rokok di kamar mandi Anda.

Baca Juga: Begini Cara Ampuh Membersihkan Keramik Kamar Mandi

3. Gunakan Ampas Kopi

Tahukah Anda jika ampas kopi juga bisa digunakan sebagai cara membersihkan bau kamar mandi? Cara melakukannya pun juga mudah diterapkan. Anda tinggal menggunakan ampas kopi yang sudah digunakan dan tambahkan sedikit air panas dan garam. Setelah itu, ampas kopi bisa disiramkan pada lubang saluran pembuangan air maupun toilet atau bagian yang bau tersebut.

Ketika Anda menyiramkannya pada saluran air maupun toilet tadi, jangan lupa untuk menekan flush maupun menyiramnya dengan menggunakan air bersih setelah beberapa saat. Tunggulah hingga bau menghilang dan pastikan kamar mandi dalam kondisi terbuka.

Baca Juga: Cara Efektif Membasmi Sarang Kecoa di Kamar Mandi

4. Lilin Aromaterapi Sebagai Alternatif

Jika Anda tidak menggunakan pewangi ruangan maupun karbol, cara menghilangkan bau kamar mandi dapat dicegah dengan menggunakan lilin aromaterapi.

Nyalakan lilin aromaterapi ini saat mandi. Pilihlah lilin aroma terapi yang sesuai dengan selera dan ukurannya sesuai kebutuhan. Sebab, di pasaran lilin aroma terapi dijual dengan berbagai macam ukuran.

Tempatkan lilin di tempat yang cukup kering dan tidak mudah terkena percikan air agar nyala tetap terjaga. Fungsi lain dari lilin aroma terapi di samping menghilangkan bau tak sedap juga dapat memberikan rasa rileks saat Anda mandi. Terlebih lagi ketika seharian menjalani aktivitas.

5. Menggunakan Arang Bambu

Arang bambu adalah bahan yang secara tradisional digunakan untuk mengatasi bau tidak sedap di berbagai situasi, termasuk di dalam kamar mandi. Arang bambu memiliki sifat adsorpsi, yang berarti ia dapat menyerap bau, kelembapan berlebih, dan zat-zat kimia berbahaya dari lingkungan sekitarnya.

6. Rutin Membersihkan Kamar Mandi

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi adalah dengan rutin membersihkan kamar mandi. Meski sederhana, cara seperti ini sangatlah efektif menghilangkan bau tak sedap tersebut. Kondisi kamar mandi yang basah dan lembab menjadi penyebab utama bau tak sedap. Langkah yang bisa Anda lakukan agar kamar mandi cepat kering di antaranya dengan membiarkan pintu terbuka saat tidak digunakan.

Bersihkan kamar mandi Anda dengan menggunakan produk yang memiliki aroma wangi yang kuat. Hal ini akan dapat dengan mudah mengatasi bau tidak sedap yang muncul dari kamar mandi Anda.

Baca Juga: Menjaga Kebersihan Kamar Mandi

7. Membuat Sistem Sirkulasi Udara yang Baik

Selain menjaga kebersihan kamar mandi, Anda juga perlu memperhatikan dinding kamar kering dan membuat sistem sirkulasi udara yang baik. Kamar mandi yang lembab dapat membuat bau tidak sedap muncul. Oleh karena itulah penting pula untuk memperhatikan ventilasi ruangan kamar mandi agar tetap terbuka. Di sisi lain, lembabnya kamar mandi juga membuat tumbuhnya jamur dan kuman penyebab penyakit.

8. Tempatkan Tanaman di Kamar Mandi

Menempatkan tanaman di kamar mandi juga dapat menjadi solusi untuk membuat udara segar di kamar mandi.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah Anda harus memastikan kalau Anda memilih tanaman yang dapat berada di ruangan seperti kamar mandi. Ruangan seperti kamar mandi tentunya akan memiliki ventilasi yang lebih minim dibanding ruangan lainnya. Lalu kamar mandi juga mungkin akan terasa lembab beberapa saat.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Tembok yang Lembab dan Berjamur

Sebagai referensi, Anda dapat menggunakan tanaman lidah buaya atau lidah mertua yang memang umumnya ditempatkan di kamar mandi.

Itulah dia cara menghilangkan bau kamar mandi yang dapat Anda terapkan di rumah. Anda dapat memulai dengan menggunakan bahan rumahan seperti cuka dan baking soda untuk membersihkan kamar mandi. Lalu untuk mempertahankan aroma dan udara segar, Anda bisa memasang ventilasi, menyalakan lilin aromaterapi hingga menggunakan tanaman yang dapat memberikan udara segar.

Untuk membantu Anda menghilangkan bau kamar mandi, gunakan peralatan kamar mandi yang dapat Anda dapatkan secara langsung maupun secara online di Klopmart, toko bahan bangunan terpercaya. Semoga bermanfaat!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya