Cat dan Kimia

5 Cara Membersihkan Furniture Kayu dengan Mudah dan Efektif

Media
05 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Memiliki furnitur kayu di rumah memberikan kesan klasik, alami, hangat dan mewah. Furnitur kayu biasanya dibuat dari beberapa jenis kayu antara lain jati, mahoni, akasia, trembesi, dan kamper.

Tahukah Anda bahwa furnitur kayu ini perlu perawatan yang tepat agar tidak cepat lapuk dan kusam? Mungkin kita termasuk salah satu yang menyukai atau memiliki furnitur kayu tersebut tapi tidak pernah mengetahui cara yang tepat untuk membersihkannya.
 

Cara Membersihkan Furniture Kayu Dari Berbagai Noda

Membersihkan furnitur kayu sebaiknya dilakukan satu minggu sekali dengan lap basah. Tapi selain itu ada beberapa cara membersihkan furnitur kayu yang perlu diperhatikan:
 

1. Membersihkan dari Debu

Bersihkan permukaan kayu dari debu secara berkala dengan kain lap basah yang telah dicelupkan ke dalam campuran air dan sabun cair kemudian segera keringkan dengan lap bersih yang kering.

Setiap beberapa bulan, bersihkan permukaan kayu dengan minyak lemon. Teteskan sedikit minyak lemon pada kain basah/lembap lalu bersihkan furnitur kayu secara menyeluruh. Kita juga bisa menggunakan kuas kecil atau vacuum cleaner untuk membersihkan debu pada lekukan furnitur kayu tersebut.
 

2. Menghilangkan Noda Air

Penyebab noda air umumnya berasal dari minuman dingin, piring/mangkok panas yang langsung diletakkan di atas kayu, atau tumpahan cairan. Cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan noda air adalah dengan mengoleskan pasta gigi pada kain basah/lembap kemudian gosok kain tersebut hingga noda terangkat. Untuk noda yang membandel, campurkan sedikit baking soda dan pasta gigi pada kain basah/lembap. Setelah noda hilang, bersihkan denga kain kering.
 

3. Menghilangkan Noda Minyak dan Noda Tinta

Gunakan cuka untuk membersihkan noda minyak atau noda tinta. Campurkan cuka dengan air hangat (perbandingan 1:1) dan masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan cuka tersebut ke area yang terkena noda, diamkan sekitar 1-2 menit kemudian bersihkan dengan kain lembut.
 

4. Melepaskan Stiker

Anak-anak senang menempelkan stiker dimana saja, termasuk di furnitur kayu yang kita miliki. Untuk melepaskan stiker jangan dikerik dengan pisau agar tidak menggores kayu. Teteskan sedikit minyak goring pada kertas stiker, diamkan beberapa saat hingga minyak terserap. Selanjutnya, gosok kayu dengan kain lap yang lembut dan kering. Ulangi proses ini hingga sitker benar-benar terlepas.
 

Membuat Furnitur Kayu Tetap Mengkilap

Ambillah 5 buah kemiri kemudian bakar hingga keluar minyaknya. Bungkus kemiri dengan kain kasa dan pukul hingga hancur. Kemudian gosokkan kain kasa berisi kemiri tersebut ke seluruh permukaan kayu.

Cara lain bisa dilakukan dengan mengoleskan permukaan kayu dengan larutan yang terbuat dari ¼ cangkir cuka dicampur dengan 1 cangkir minyak zaitun.

Jika kita gemar meminum teh, sisa air teh jangan dibuang karena bisa digunakan untuk membersihkan permukaan kayu.

Semoga bermanfaat dan selama mencoba!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya