8 Cara Bersihkan Kompor Kaca dengan Benar dan Mudah

Memiliki kompor kaca di dapur memang memberikan sentuhan modern dan elegan, namun menjaga kebersihannya bisa menjadi tantangan tersendiri. Untuk membantu Anda menjaga tampilan kompor tetap bersih dan mengkilap, berikut adalah beberapa cara membersihkan kompor kaca yang efektif dan mudah dilakukan.

promosi klopmart

 Cara Bersihkan Kompor Kaca dengan Mudah

Untuk membersihkan kompor kaca (glass stovetop), Anda perlu menyimak beberapa langkah berikut ini agar hasilnya maksimal. Berikut ulasannya:

1. Siapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Nah, untuk membersihkan kaca kompor Anda, ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan:

  • Lap serat mikro (micro-fiber cloth) atau kain halus yang bersih.

  • Handuk dengan ukuran yang dapat menutupi permukaan kaca kompor Anda.

  • Ember bersih ukuran standar.

  • Cuka secukupnya.

  • Baking Soda atau soda kue secukupnya.

  • Air hangat secukupnya untuk merendam handuk.

  • Razor Blade Scraper atau pengerok bermata silet.

  • Alat semprotan yang kosong dan bersih. 

2. Lap dengan Cuka

Dengan alat penyemprot, semprotkan cuka secara merata pada permukaan kaca kompor. Basahi lap atau kain halus hingga lembab. Sekalah permukaan kaca kompor hingga cukanya bersih. Cuka akan membersihkan kotoran, bercak-bercak dan kerak-kerak tipis yang masih baru. 

3. Taburkan Baking Soda

Taburkan baking soda hingga merata pada permukaan kaca kompor. Sifat alkali ringan pada baking soda membuatnya mampu melunakkan kotoran dan kerak yang mengeras. Baking soda juga dapat menjadi bahan abrasive ringan untuk mengikis kotoran dan kerak tersebut tanpa menggores permukaan kaca kompor. 

4. Basahi Handuk

Dengan ember, rendamlah handuk dalam air hangat hingga basah semua. Kemudian peraslah handuk tersebut hingga menjadi handuk hangat yang cukup basah tetapi tidak menetesi kompor.

Baca juga: 10 Inspirasi Dapur Bersih Minimalis yang Nyaman

5. Tutupi Kaca Kompor dengan Handuk Basah

Dengan handuk basah hangat tadi, tutupilah permukaan kaca kompor yang sudah ditaburi baking soda tadi. Tutupilah seluruhnya. Anda dapat menggunakan dua lembar handuk berukuran sedang jika tidak ada handuk berukuran besar yang dapat dipakai untuk ini.

Diamkan selama sekitar 15 menit. Kotoran dan kerak akan menjadi lebih lunak dan lenih mudah terlepas dari permukaan kaca kompor. 

6. Gosok dengan Handuk Basah

Setelah sekitar 15 menit, bukalah handuk dan gunakan untuk menggosok permukaan kaca kompor. Jangan menggunakan tenaga berlebihan, bagaimanapun kaca adalah material yang dapat pecah jika menerima tekanan beban berlebih.

Secara rutin, bilas handuk dan peras. Gosoklah permukaan kaca kompor hingga bersih dan tidak ada bubuk baking soda yang tersisa di atasnya.

7. Gunakan Scraper Bermata Silet

Jika Anda menemukan kerak-kerak yang masih belum terlepas dari permukaan kaca, gunakan mata silet yang masih tajam. Keroklah kerak dengan mata silet tersebut dengan memposisikannya bersudut sekitar 45o dengan permukaan kaca. Pastikan mengerok dengan arah yang sama untuk satu titik untuk menghindari tergoresnya permukaan kaca kompor.

Perlu dicatat, jangan gunakan mata silet yang sudah tidak tajam ataupun sudah gompel (pecah kecil). Jangan juga gunakan kape besi karena kedua hal tadi dapat membuat permukaan kaca kompor anda akan tergores! 

8. Lap Hingga Kering

Setelah bersih, semprotkan cuka sekali lagi dan seka dengan menggunakan lap lembab. Keringkan dengan menggunakan lap halus yang kering. Setelah kering, permukaan kaca kompor Anda akan bersih dan mengkilap.

Saat Anda bekerja membersihkan permukaan kaca kompor Anda, ingatlah untuk tidak bertumpu di atasnya untuk menghindari retak dan pecah akibat tertekan berat badan Anda.

Baca juga: Kompor Induksi vs Kompor Gas: Kenali Perbedannya

Tips Merawat Kompor Kaca Anda agar Awet

Merawat kompor kaca dengan baik tidak hanya membuatnya terlihat bersih dan mengkilap, tetapi juga memastikan kompor tetap berfungsi optimal dan tahan lama. Berikut beberapa tips mudah dan efektif untuk merawat kompor kaca:

1. Bersihkan Secara Rutin

Bersihkan permukaan kompor kaca setiap kali selesai digunakan untuk mencegah penumpukan noda dan kotoran yang sulit dihilangkan.

2. Gunakan Pembersih Khusus

Gunakan pembersih khusus untuk kompor kaca yang dapat dibeli di toko perlengkapan rumah tangga. Produk ini dirancang untuk menghilangkan noda tanpa merusak permukaan kaca.

3. Hindari Menyiram dengan Air Langsung

Hindari menyiram permukaan kompor dengan air secara langsung karena dapat merusak komponen internal. Gunakan kain basah yang dibasahi untuk membersihkan.

4. Bersihkan Tumpahan Segera

Segera bersihkan tumpahan sisa makanan atau cairan saat kompor sudah dingin untuk mencegah noda menempel dan mengeras. Tumpahan gula dan cairan manis bisa sangat sulit dibersihkan jika dibiarkan mengering.

Baca juga: 4 Cara Memilih Selang Gas yang Bagus dan Aman

5. Periksa dan Ganti Segel

Periksa secara berkala segel karet di sekitar kompor dan ganti jika sudah rusak atau aus. Segel yang baik mencegah cairan masuk ke dalam komponen elektronik kompor.

6. Gunakan Pelindung Kompor

Pertimbangkan menggunakan pelindung kompor kaca yang bisa diletakkan di atas kompor saat tidak digunakan untuk melindungi permukaan dari goresan dan debu.

7. Hindari Menaruh Barang Berat

Hindari menaruh barang berat di atas kompor kaca yang dapat menyebabkan retakan atau pecahan. Juga, berhati-hatilah saat meletakkan atau memindahkan panci dan wajan agar tidak terjatuh atau tergeser dengan keras.

Dengan mengikuti tips-tips sederhana ini, Anda dapat menjaga kompor kaca tetap bersih, mengkilap, dan bebas dari kerusakan, sehingga dapur Anda selalu terlihat rapi dan modern.

sanitary ware klopmart

Demikianlah penjelasan tentang cara membersihkan kompor kaca yang tepat dan mudah dilakukan di rumah. Sebagai e-commerce penjualan bahan material, Klopmart menyediakan berbagai bahan dan alat kebersihan yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan kompor kaca Anda.

Segera kunjungi Klopmart sekarang juga!.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya