Download Klopmart App

Pusat Bantuan

CARA BERSIHKAN KACA KOMPOR ANDA

Saat ini kompor yang menggunakan kaca (glass-top stove) pada permukaannya sudah menjadi pilihan untuk para pemilik rumah bergaya minimalis.

 

Kenapa begitu?

Karena kompor kaca ini permukaannya rata dan licin dan penampilannya pun modern dan minimalis. Cocok lah.

Tapi ada sedikit masalah yang tidak disebutkan oleh para penjual kompor model ini, yaitu bahwa kompor yang dijualnya ini sebenarnya agak sulit untuk menjaga kebersihan permukaan kacanya itu.

 

Lho? Kaca bukannya lebih mudah dibersihkan?

Secara teori, permukaan kaca yang rata dan licin memang mudah dibersihkan. Secara kenyataan di lapangan, setiap kali selesai memasak, betapa pun kita melakukan proses memasak, pastilah ada tetesan kuah atau minyak bekas gorengan yang menetes tanpa sengaja. Apalagi bagi kita, orang Indonesia, yang masakannya cenderung berkuah serta bersantan atau berupa gorengan manis (contoh pisang goreng) ataupun asin (gorengan pada umumnya). Masalahnya, kita harus menunggu permukaan kaca kompor dingin dulu sebelum kita melakukan pembersihan. Saat menunggu, kita tidak mungkin duduk menunggu di depan kompor. Kita biasanya melakukan hal lain sambil menunggu dan ini yang biasanya membuat waktu menunggunya jadi lebih panjang daripada seharusnya. Saat kita sampai di depan kompor, permukaan kaca sudah dingin dan tetesan-tetesan yang jatuh di permukaan kaca sudah keburu mengeras dan menjadi kerak.

Untuk membersihkannya, Anda dapat membeli bahan-bahan kimia khusus untuk kaca kompor Anda. Tahukah Anda, bahwa sebenarnya Anda bisa membersihkan kaca kompor dengan bahan-bahan yang biasanya ada di dapur rumah Anda? Bukan dapur rumah tetangga, lhoooo! Bahan-bahan ini relatif lebih murah dibandingkan bahan-bahan kimia pembersih yang disebut tadi di atas.

 

Nah, untuk membersihkan kaca kompor Anda, ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan:

  1. Lap serat mikro (micro-fiber cloth) atau kain halus yang bersih.
  2. Handuk dengan ukuran yang dapat menutupi permukaan kaca kompor Anda.
  3. Ember bersih ukuran standar.
  4. Cuka secukupnya.
  5. Baking Soda atau soda kue secukupnya.
  6. Air hangat secukupnya untuk merendam handuk.
  7. Razor Blade Scraper atau pengerok bermata silet.
  8. Alat semprotan yang kosong dan bersih.

 

Mari kita bahas cara membersihkan kaca kompor Anda dengan bahan-bahan yang ada di dapur rumah Anda.

 

Step #1 Pembersihan Awal dan Pemeriksaan

Diamkan dulu hingga permukaan kompor menjadi dingin. Setelah dingin, barulah kita bersihkan dari serpihan dan remah-remah makanan. Kita periksa juga apakah ada kerak-kerak makanan yang sudah lama mengeras hingga perlu dibersihkan dengan seksama nantinya.

 

Step #2 Lap dengan Cuka

Dengan alat penyemprot, semprotkan cuka secara merata pada permukaan kaca kompor. Basahi lap atau kain halus hingga lembab. Sekalah permukaan kaca kompor hingga cukanya bersih. Cuka akan membersihkan kotoran, bercak-bercak dan kerak-kerak tipis yang masih baru.

 

Step #3 Taburkan Baking Soda

Taburkan baking soda hingga merata pada permukaan kaca kompor. Sifat alkali ringan pada baking soda membuatnya mampu melunakkan kotoran dan kerak yang mengeras. Baking soda juga dapat menjadi bahan abrasive ringan untuk mengikis kotoran dan kerak tersebut tanpa menggores permukaan kaca kompor.

 

Step #4 Basahi Handuk

Dengan ember, rendamlah handuk dalam air hangat hingga basah semua. Kemudian peraslah handuk tersebut hingga menjadi handuk hangat yang cukup basah tetapi tidak menetesi kompor.

 

Step #5 Tutupi Kaca Kompor dengan Handuk Basah

Dengan handuk basah hangat tadi, tutupilah permukaan kaca kompor yang sudah ditaburi baking soda tadi. Tutupilah seluruhnya. Anda dapat menggunakan dua lembar handuk berukuran sedang jika tidak ada handuk berukuran besar yang dapat dipakai untuk ini. Diamkan selama sekitar 15 menit. Kotoran dan kerak akan menjadi lebih lunak dan lenih mudah terlepas dari permukaan kaca kompor.

 

Step #6 Gosok dengan Handuk Basah

Setelah sekitar 15 menit, bukalah handuk dan gunakan untuk menggosok permukaan kaca kompor. Jangan menggunakan tenaga berlebihan, bagaimanapun kaca adalah material yang dapat pecah jika menerima tekanan beban berlebih. Secara rutin, bilas handuk dan peras. Gosoklah permukaan kaca kompor hingga bersih dan tidak ada bubuk baking soda yang tersisa di atasnya.

 

Step #7 Gunakan Scraper Bermata Silet

Jika Anda menemukan kerak-kerak yang masih belum terlepas dari permukaan kaca, gunakan mata silet yang masih tajam. Di pasaran Indonesia memang belum banyak orang yang menjual pengerok bermata silet ini. Keroklah kerak dengan mata silet dengan memposisikannya bersudut sekitar 45o dengan permukaan kaca. Keroklah dengan arah yang sama untuk satu titik untuk menghindari tergoresnya permukaan kaca kompor. Jangan gunakan mata silet yang sudah tidak tajam ataupun sudah gompel (pecah kecil). Jangan juga gunakan kape besi karena kedua hal tadi dapat membuat permukaan kaca kompor anda akan tergores!

 

Step #8 Lap Hingga Kering

Setelah bersih, semprotkan cuka sekali lagi dan seka dengan menggunakan lap lembab. Keringkan dengan menggunakan lap halus yang kering. Setelah kering, permukaan kaca kompor Anda akan bersih dan mengkilap.

 

Saat Anda bekerja membersihkan permukaan kaca kompor Anda, ingatlah untuk tidak bertumpu di atasnya untuk menghindari retak dan pecah akibat tertekan berat badan Anda. Setelah bersih, usahakan untuk selalu membersihkannya secara rutin khususnya saat selesai memasak. Untuk menghindari goresan, biasakan untuk tidak menggeser-geser panci atau wajan pada permukaan kaca kompor Anda. Jika ingin memindahkan posisi panci atau wajan Anda, biasakan untuk mengangkat peralatan-peralatan masak tersebut ke posisi yang diinginkan. Letakkan panci dan wajan dengan perlahan di atas permukaan kaca kompor untuk menghindari kerusakan pada permukaannya seperti gompel, retak dan pecah.

Selamat memasak!

 

(Sumber: DIY Network)


Cek harga klik disini

Related Article