4 Cara Memilih Selang Gas yang Bagus dan Aman

Cara memilih selang gas yang bagus terkadang masih menjadi hal yang membingungkan bagi sebagian orang. Kualitas selang gas di mata mereka merupakan hal yang sama. Sehingga, tidak banyak orang yang memahami bahwa produk selang gas memiliki perbedaan pada kualitasnya.

Memastikan kualitas selang gas di rumah adalah hal penting yang harus dimasukkan ke daftar Anda sebelum membeli selang gas. Hal ini dikarenakan semua urusan yang menyangkut tabung gas bisa menjadi sangat rumit dan krusial. 

Apabila tidak mengetahui cara memilih selang gas yang bagus, Anda tidak perlu khawatir! Klopmart akan membantu Anda untuk mengetahui caranya. Artikel berikut akan mengulas tips hingga kapan saat yang tepat harus mengganti selang gas di rumah. Pastikan Anda membaca artikel ini hingga selesai agar tidak melewatkan informasi ini dari Klopmart!

Kapan Harus Mengganti Selang Gas?

Pada umumnya selang gas harus diganti bila tidak lagi berfungsi atau apabila mengalami kerusakan. Namun, jika menunggu kerusakan pada selang gas terjadi. Bisa saja itu akan memengaruhi gasnya. 

Beruntung apabila menyadari bahwa selang gas yang tidak berfungsi atau rusak tersebut di saat Anda tidak menggunakan gas atau menyalakan kompor yang terhubung dengan tabung gas. Bayangkan saja apabila Anda menggunakannya, banyak kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Untuk meminimalisir hal tersebut kejadian buruk yang diakibatkan selang tabung gas. Sebaiknya Anda harus mengganti selang gas setiap 1 tahun atau 3 tahun sekali. Namun, pastikan juga Anda memeriksa setiap waktu kondisi selang gas beserta regulatornya.

Berdasarkan ketetapan pemerintah 12 tahun silam, Menteri ESDM pada saat itu menyampaikan bahwa penggunaan selang gas sebenarnya bisa bertahan hingga 2 tahun. Namun, jika dilihat dari kebiasaan masyarakat Indonesia dalam penggunaan selang gas yang tidak karuan dan kurang menjaga. Penggunaan selang gas tidak bisa minimal 2 tahun sekali, sehingga penggantian selang gas harus dilakukan setiap satu tahun sekali. 

Hal ini dianjurkan pemerintah karena pada kurun waktu tahun 2010 dan beberapa tahun sebelumnya, banyak sekali kecelakaan LPG yang terjadi. Selain karena regulator, selang gas juga menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan tersebut.

Baca juga: 5 Cara Supaya Air Shower Kencang Dengan Cepat 

Cara Memilih Selang Gas yang Bagus

Untuk menghindari dan meminimalisir kecelakaan gas, sebaiknya perhatikan selang gas yang Anda pilih. Berikut adalah cara-cara untuk memilih selang gas yang bagus dan aman yang harus Anda ketahui.

1. Pilihlah Selang Gas yang Sudah SNI

Cara pertama adalah pastikan untuk memiliki pilihan selang gas yang berstandar SNI. Pada tahun 2015, Kementerian Perindustrian Indonesia menegaskan pada Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No. 15/2015 untuk mewajibkan penggunaan selang gas yang telah SNI untuk kompor LPG.

Selang gas yang sudah lolos uji standar SNI-06-7213-2006 memiliki karakteristik panjang 1,8 meter hingga 2,5 meter. Kemudian untuk diameter selang berukuran 10 mm.

2. Pilihlah Selang yang Memiliki Dua atau Tiga Lapisan

Kemudian cara kedua adalah memastikan selang gas yang Anda pilih memiliki dua hingga tiga lapis. Selang gas dua lapis memiliki model 2 lapisan karet, sedangkan untuk selang gas lapis 3 memiliki serat kawat baja di antara lapisan karet luar dan dalam. 

Sebenarnya, selang gas yang terdiri dari beberapa lapisan ini memiliki tujuan tersendiri. Lapisan terluar selang gas didesain untuk menahan efek panas dan tetesan minyak ketika sedang memasak. Lapisan dalam berfungsi agar mudah dilalui cairan gas.

Apabila Anda menggunakan selang gas 3 lapis yang memiliki serat baja. Tujuannya agar selang gas terlihat lebih kokoh. Beberapa produsen mengganti serat baja tersebut dengan serat polyester 1000D yang dikenal sebagai si tahan panas.

3. Pilihlah Selang Gas yang Elastis dan Fleksibel

Anda harus memilih selang gas untuk kompor LPG Anda yang bersifat elastis dan fleksibel. Selang gas yang elastis dan fleksibel ini akan memudahkan Anda untuk memindahkan dan mengatur penempatan kompor dan tabung LPG.

Selain itu, selang gas yang elastis dan fleksibel ini memberikan keuntungan apabila selang memuai. Selang yang elastis tidak akan mudah retak apabila memuai.

Baca juga: 9 Cara Pasang Jet Pump dengan Aman dan Benar

4. Periksa dan Pilihlah Fitur Tambahan Selang Gas yang Tepat

Apabila Anda menggunakan kompor LPG, bukan hanya selang gas, tabung LPG, dan kompor saja yang dibutuhkan. Beberapa fitur tambahan selang gas seperti clamp selang, regulator dan spiral. 

Ketika memilih clamp untuk mengeratkan selang Anda pada tabung LPG dan kompor, pastikan untuk memilih bahan yang tepat. Minimal Anda menggunakan clamp dengan bahan dasar stainless steel agar tidak mudah berkarat. 

Kemudian pastikan regulator yang dipilih dalam keadaan yang baik saat Anda membelinya. Waspadalah dengan regulator cacat yang secara curang dijual oleh pihak tidak bertanggung jawab. Hal tersebut juga dapat memicu kecelakaan yang tidak Anda inginkan.

Terdapat dua fitur terakhir yang harus Anda pastikan. Pertama adalah manometer yang berfungsi sebagai indikator volume gas. Kemudian, fitur kedua adalah spiral yang berfungsi mengamankan karet gas dari gigitan tikus. 

Sudah pahamkah Anda tentang kualitas selang gas yang harus digunakan di rumah? Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi selang gas dan semua fitur tambahannya. Jangan lupa juga untuk memilih toko yang benar-benar bertanggung jawab perihal kondisi selang gas yang dijualnya. 

Tidak perlu khawatir dengan pihak yang tidak bertanggung jawab, Anda bisa membeli selang gas dengan kualitas terbaik di Klopmart! Klopmart juga menjual berbagai macam produk toko bangunan dan perkakas rumah tangga yang Anda butuhkan. 

Tidak hanya selang gas saja, Anda bisa membeli selang lainnya seperti selang benang dengan harga yang terjangkau. Cek produk kami seperti harga selang benang dan harga produk lainnya di website Klopmart melalui perangkat Anda! Minimalisir kecelakaan dapur di rumah Anda dengan cara memilih selang gas yang bagus dan aman dari informasi di atas.

Sumber : 


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
23 Nov 2022

Related Article