Home & Living

10 Inspirasi Dapur Bersih Minimalis yang Nyaman

Media
19 Feb 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Memperbanyak inspirasi dapur bersih sangat membantu untuk menentukan desain mana yang cocok untuk dapur bersih di rumah Anda. Sebelumnya, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan dapur bersih? 

Dapur bersih adalah istilah lain untuk dapur kering. Keduanya istilah ini merujuk pada suatu dapur yang penggunaannya sangat minim, contohnya seperti untuk menyiapkan makanan dan minuman yang tidak terlalu rumit. Pada umumnya, di dapur bersih atau dapur kering tidak tersedia kompor yang dapat menimbulkan asap. Jadi pada penggunaannya, dapur bersih atau dapur kering dapat ditempatkan di dalam rumah atau ruangan ber-AC.

Untuk membuat dapur bersih Anda terlihat minimalis dan nyaman, ada beberapa desain yang bisa menjadi inspirasi Anda. Jadi, baca artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan inspirasi dapur bersih dari Klopmart!

Inspirasi Dapur Bersih yang Minimalis  

Untuk mendapatkan dapur bersih yang terlihat minimalis, Anda dapat melakukan perombakan atau perencanaan desain awal yang terkonsep agar sesuai dengan keinginan. Berikut adalah inspirasi dapur bersih yang minimalis dan nyaman yang bisa Anda jadikan referensi!

1. Dapur Bersih dengan Menggunakan Rak Tertutup 

Kesan minimalis selalu didapatkan jika suatu ruangan tidak terlalu ramai dengan peralatan atau barang. Mungkin hal ini sangat susah untuk diterapkan pada dapur bersih yang meskipun tidak banyak barang, namun terasa tidak mungkin jika jumlah barang tersebut harus dikurangi.

Solusi pertama yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan rak tertutup. Meskipun barang-barang Anda banyak, namun dengan adanya rak tertutup maka tumpukan barang-barang tersebut tidak akan terlihat secara langsung. Jadi, dapur bersih Anda tetap terlihat minimalis meskipun memiliki banyak barang.

2. Dapur Bersih dengan Menggunakan Hiding Shelves 

Hampir sama dengan inspirasi dapur bersih sebelumnya, Anda dapat menggunakan hiding shelves. Meskipun sama-sama bertujuan untuk menyembunyikan barang atau peralatan dapur bersih Anda yang terkesan banyak, hiding shelves memiliki konsep yang berbeda dengan rak tertutup.

Hiding shelves sengaja dibuat namun tidak terlihat seperti rak. Hal ini dapat mengecoh siapa pun yang tidak tahu dengan konsep ini ketika Anda menerapkannya di dapur bersih. Jadi, tamu Anda akan berpikir jika barang dan tempat penyimpanan Anda tidak terlalu banyak, padahal sebenarnya ada hiding shelves yang menyamarkan tempat penyimpanan ini.

3. Dapur Bersih dengan Sliding Shelves 

Masih berbicara mengenai rak di dapur bersih, selanjutnya Anda menggunakan sliding shelves. Sliding shelves selain menimbulkan kesan minimalis juga tidak memakan banyak ruang. Makin berkembangnya zaman, banyak orang yang mengembangkan konsep sliding shelves bukan hanya untuk tempat bumbu atau peralatan dapur kecil, melainkan untuk barang besar seperti teflon dan panci. 

Baca juga: 11 Model Jendela Dapur Minimalis

4. Dapur Bersih dengan Kitchen Counter Siku-Siku 

Untuk mendapatkan dapur bersih yang minimalis dan nyaman, Anda bisa menggunakan kitchen counter dengan model siku-siku. Kitchen counter yang Anda perlukan pada dapur bersih atau dapur kering tidak harus panjang dan lebar. Pastikan saja kitchen counter sesuai dengan keperluan Anda, namun tetap sesuai dengan area dapur bersih. 

5. Dapur Bersih dengan Kitchen Bar Multifungsi 

Jika Anda ingin menggunakan kitchen bar, namun dengan desain minimalis dan nyaman. Anda bisa menggunakan kitchen bar multifungsi. Kitchen bar multifungsi dapat dijadikan tempat penyimpanan rahasia Anda agar barang di dapur bersih tidak terlihat banyak. 

Selain itu, ada pula kitchen bar yang dapat disesuaikan. Kitchen bar seperti ini bisa dilipat menjadi kitchen counter di tengah ruangan dapur bersih, namun jika Anda ingin makan atau bersantai sambil menikmati makanan ringan atau minuman, kitchen bar dapat disesuaikan seperti keadaan semula. 

6. Dapur Bersih dengan Menggunakan Lampu Neon LED

Untuk memberikan kesan minimalis, Anda perlu memperhatikan aspek pencahayaan pada dapur bersih. Pada umumnya, dapur bersih selalu menggunakan kitchen cabinet yang mana sering terjadi di antara kitchen cabinet dan kitchen counter selalu gelap. Solusinya adalah gunakan lampu neon LED berwarna putih di bawah kitchen cabinet Anda untuk memberikan efek terang. 

7. Dapur Bersih dengan Sentuhan Aksen Marmer

Anda dapat menambahkan aksen marmer yang minimalis namun mewah pada beberapa bagian di dapur bersih. Beberapa di antaranya adalah kitchen counter, kitchen bar, hingga kitchen cabinet. Selain dinding dapur, ketiga perabotan dapur bersih ini sangat memengaruhi tampilan pada dapur bersih Anda. Jadi, pastikan untuk memilih desain luar perabot yang Anda gunakan untuk terlihat minimalis. 

8. Dapur Bersih dengan Sentuhan Aksen Kayu

Selain aksen marmer, Anda bisa menggunakan aksen kayu untuk melapisi perabotan di dapur bersih. Pemilihan kayu untuk menciptakan kesan minimalis dan nyaman pada dapur bersih Anda juga tidak bisa sembarangan. 

Pilihlah aksen kayu yang terlihat lembut dan cenderung berwarna terang. Aksen dan tekstur kayu yang tidak terlalu bagus juga akan memberikan kesan tidak nyaman untuk dipandang. 

9. Dapur Bersih dengan Peletakan yang Terorganisir

Terlepas dari desain unik apa pun yang Anda coba, dapur bersih akan terlihat tidak minimalis atau nyaman dipandang jika peletakan dan penataan barang atau perabotan dapur Anda berantakan.

Jadi, Anda harus memastikan agar semua peralatan dan perabotan dapur terorganisir. Anda bisa menggunakan wadah atau toples dengan desain yang sama untuk bumbu dapur. Selain itu, Anda dapat memberikan label untuk setiap tempat alat dapur atau bumbu dapur agar terlihat rapi.

10. Dapur Bersih dengan Hiasan Tanaman yang Sesuai

Meskipun terkesan harus mengurangi jumlah barang yang terlihat agar mendapatkan kesan minimalis dan nyaman pada dapur bersih. Anda juga tidak boleh melupakan hiasan pada dapur bersih.

Anda bisa menambahkan sentuhan hijau dari tanaman hias atau bunga yang ukurannya sesuai sebagai hiasan dapur bersih. Tambahkan tanaman hias dengan ukuran medium untuk diletakkan di tengah kitchen bar. Selain itu, jika Anda tidak menyukai tanaman hias, gunakan alternatif seperti hiasan buah-buahan palsu untuk menghiasi kitchen bar. 

Inspirasi dapur bersih lainnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan membuat dinding terlihat sederhana, namun tetap bersih. Caranya tambahkan keramik pada dinding dapur bersih Anda. Untuk menambahkan keramik, jangan lupa untuk memastikan kualitas perekatnya pula.

Baca juga: 15 Ide Warna Cat Tembok Dapur Cantik Tahun 2023

Kualitas perekat yang baik seperti MU-480 Reno Fix dapat membuat keramik dinding di dapur bersih Anda tidak mudah lepas. Kunjungi situs web Klopmart untuk mengetahui harga MU 480 perekat keramik di atas keramik dan mendapatkan produknya dengan mudah. Jadi, dapatkan inspirasi dapur bersih sesuai keinginan Anda dengan kualitas bahan terbaik hanya di Klopmart!

 

Sumber rujukan: 

  • www.architecturaldigest.in/content/essential-elements-wet-dry-kitchen/
  • www.iproperty.com.my/guides/wet-and-dry-kitchen-design-ideas-51034
  • www.suara.com/lifestyle/2021/02/23/140354/mengenal-bagian-kitchen-set-area-masak-yang-jadi-favorit-ibu?page=all 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya