Atap & Lantai

5 Cara Memasang Rak Dinding Tanpa Paku dan Cara Memasangnya Menggunakan Sekrup

Media
13 Apr 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Saat ini banyak orang yang beralih memasang rak dinding dari penggunaan paku ke rak dinding tanpa paku atau bor. Cara tersebut dapat Anda lakukan dengan menyiapkan bahan dan mengikuti langkah-langkahnya pada artikel ini.

Terkhusus untuk mereka yang tinggal di apartemen dan rumah kos, penggunaan paku atau mengebor dinding sangat dilarang. Meskipun terlihat rentan jatuh, nyatanya memasang rak dinding tanpa paku sangat mungkin dilakukan. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui cara memasangnya tanpa menggunakan paku. 

Cara Memasang Rak Dinding Tanpa Paku


Cara memasang rak dinding tanpa paku sangat mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Memilih Perekat yang Sesuai

Saat ini terdapat perekat yang sudah dirancang khusus untuk menempel dengan kuat. Perekat ini bisa Anda cari dengan mudah baik secara offline maupun online. Berbagai macam pilihan perekat sudah terjual di pasaran dengan berbagai kebutuhan dan kekuatan dalam menahan beban. Jenis perekat ini macam-macam, seperti reclosable fastenerscommand, dan velcro

Setiap selotip perekat memiliki beban maksimal yang dapat ditahan. Ada yang bisa menahan beban 1,4 kg, 2,2 kg, 4,5 kg, 5,4 kg bahkan hingga 7,2 kg. Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan membeli suatu perekat, pastikan terlebih dahulu beban maksimal yang dapat ditanggungnya. 

Baca juga: Lem Aibon Adalah Perekat Serbaguna, Ketahui Fakta Menariknya!

2. Memilih Rak Dinding yang Ringan

Anda telah memilih perekat yang akan digunakan, kini saatnya mulai memilih rak dinding ringan yang dapat ditanggung oleh perekat tersebut. Rak dinding yang ringan akan memudahkan Anda dalam pemasangan. Selain itu beratnya yang ringan akan meminimalisir risiko rak dinding jatuh ke bawah. Dalam memilih rak dinding, pikirkan juga barang apa saja yang ingin Anda taruh di atasnya. 

Jangan sampai rak dinding dan barang di atasnya terlalu berat. Ada baiknya barang yang akan ditaruh di atas rak tersebut merupakan barang ringan, seperti pot tanaman kecil, atau satu sampai dua buku majalah. Bisa juga menaruh beberapa figure character untuk memberi sentuhan berbeda pada ruangan. Bobot figure yang ringan akan sangat cocok menjadi dekorasi ruangan Anda. 


3. Membersihkan Dinding dan Rak Dinding

Memilih perekat dan rak dinding sudah, cara memasang rak dinding tanpa paku selanjutnya adalah proses pembersihan dinding dan rak dinding. Sebelum masuk ke dalam pemasangan, Anda perlu membersihkan area dinding yang akan ditempelkan perekat. Selain area dinding, jangan lupa untuk membersihkan sisi rak dinding yang akan ditempelkan perekat. 

Bersihkan area-area dan sisi-sisi tersebut menggunakan cairan alkohol. Hal ini dilakukan supaya tidak ada debu, minyak, atau kotoran lainnya yang menghalangi kinerja perekat. Apabila sudah selesai dibersihkan, jangan biarkan tangan Anda menyentuh area dan sisi tersebut, supaya kotoran atau minyak tidak kembali menempel. 

Baca juga: Cara Menggunakan Paint Remover untuk Membersihkan Dinding Anda

4. Pemasangan

Proses pemasangan perekat pada rak dinding dan dinding membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika perekat yang digunakan adalah selotip mounting biasa, Anda bisa langsung menempel perekat pada sisi rak dinding. Kemudian tempelkan rak dinding ke dinding sambil ditekan oleh kedua tangan. Tahan selama 30 detik sebelum melepaskan kedua tangan Anda. 

Jika perekat yang Anda gunakan adalah jenis perekat velcro, Anda bisa mulai menempelkan selotip ke rak dinding sambil ditekan selama 30 detik. Tempel juga perekat yang sama ke area dinding sambil ditekan selama 30 detik. Saat perekat sudah menempel pada dinding dan rak dinding, ini saatnya untuk menyatukan rak dinding ke dinding. 

Tekan rak dinding selama 30 detik, kemudian lepaskan rak dinding dari dinding secara perlahan, untuk memastikan perekat tidak copot. Kembali tekan setiap perekat yang ada pada dinding dan rak dinding secara terpisah, selama masing-masing 30 detik. Tunggulah selama satu jam sebelum kembali menempelkan rak ke dinding. 

5. Penyelesaian

Cara memasang rak dinding tanpa paku adalah finishing. Jika sudah satu jam, Anda bisa menempelkan rak dinding ke dinding. Kemudian taruh beberapa barang ringan sebagai dekorasi. Supaya lebih aman dan terjamin, Anda bisa mempertimbangkan untuk menaruh benda yang empuk apabila rak tersebut jatuh tiba-tiba. Dengan ini semua proses pemasangan rak dinding telah selesai. 

Baca juga: 6 Cara Menempel Poster Tanpa Merusak Dinding dengan Efektif

Cara Memasang Rak Dinding Tempel Menggunakan Sekrup

Selain menggunakan perekat atau lem, Anda juga dapat menggunakan sekrup. Tentu saja setiap cara yang diberikan di bawah ini sebaiknya Anda pahami dan ikuti agar hasil kerja menjadi lebih memuaskan.

Berikut ini dia cara-caranya.

Menyiapkan Alat dan Bahan

Proses pemasangan rak dinding tempel bisa dijalankan dengan mudah jika Anda menyiapkan setiap bahan dan alat yang diperlukan. Apa saja? Ini dia daftarnya:

  • Tripleks atau Multipleks 12 mm

  • Lem kayu

  • Cat kayu

  • Gerinda tangan

  • 2 buah plat besi ketebalan 3 mm, panjang 7 cm - 10 cm

  • 2 buah plat besi ketebalan 3 mm, panjang 26 cm - 35 cm

  • 4 buah Fisher S6

  • Sekrup/paku

  • Gergaji kayu

  • Mesin las

  • Waterpass

  • Bor

  • Mata bor besi 6 mm 

  • Mata bor tembok 6 mm

  • Palu/obeng 

Jika seluruh alat dan bahan rak dinding tempel sudah Anda lengkapi, maka sekarang saatnya memulai proses pemasangan.

2. Melapisi Bracket dengan Cat Anti Karat

Anda bisa memulai proses pemasangan dengan menyiapkan plat besi yang dipersonalisasi bergantung pada setelan yang dibutuhkan.

Kemudian buat lubang sebesar 6 mm dengan menggunakan bor pada kedua sisi plat besi berukuran 7 cm itu. Jika sudah selesai, last plat besi dengan ukuran 2 cm pada bagian tengah. Tentunya di plat besi yang tadi sudah Anda lubangi terlebih dahulu. Akhirnya akan menghasilkan bentuk huruf T. 

Demi menghindari karat yang bisa muncul seiring berjalannya waktu, Anda harus melapisi bracket dengan cat anti karat.

3. Membuat Papan Rak Dinding

Plat besi sudah siap dipasang, tapi papan rak dinding belum siap. Anda dapat membuatnya dengan memotong multipleks sesuai ukuran yang diinginkan. Ingat, ukuran papan akan mempengaruhi ukuran bracket yang dibutuhkan.

Rakit seluruh bagian multipleks dengan menggunakan lem kayu agar bisa tetap kokoh dan memiliki daya tahan lama. Kemudian gunakan sekrup atau paku untuk menyambung semua bagian rak. Terakhir, tutup bagian samping multipleks dengan dempul dan amplas hingga rata. Jika ingin memberikan warna berbeda, cat rak yang sudah dihaluskan dengan amplas.

4. Memulai Proses Pemasangan

Rak yang sudah jadi dapat Anda pasang ke tembok. Sebelum itu, tandai bagian tembok yang akan dilubangi untuk dipasangkan rak. Bor lubang tersebut lalu pasang Fisher S6 pada setiap lubang. 

Selanjutnya, pasang bracket ke dinding dengan menggunakan sekrup atau obeng. Supaya tidak miring, maksimalkan waterpass. Cek apakah bracket sudah lurus sejajar atau masih miring. Kemudian tinggal pasang bracket dan memasukkan raknya. Selamat, Anda sudah membuat rak dinding tempel.


Hal-hal yang Perlu Anda Perhatikan Setelah Memasang Rak Dinding

Dalam memasang rak dinding tanpa paku, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diingat: 

  1. Anda perlu mengingat bahwa perekat sebagai ganti paku memiliki daya tahan yang rentan. Jika proses pemasangan tidak dilakukan dengan benar, ada kemungkinan rak dinding dan barang di atasnya jatuh begitu saja. 

  2. Apabila perekat yang dipasang lepas, gunakan perekat yang baru. Jangan lupa melakukan proses yang sama, supaya perekat tersebut dapat merekat dengan sempurna sesuai yang Anda inginkan. 

  3. Ketika barang yang ingin ditaruh pada rak dinding memiliki bobot yang sangat berat, ada baiknya Anda tidak memaksakan untuk menaruhnya di atas rak dinding tersebut. Selain barang dapat pecah, jatuhnya barang tersebut juga sangat membahayakan Anda. Barang yang terlalu berat bisa Anda atasi dengan menaruhnya pada meja atau di atas rak buku dan di atas lemari. 

Demikian penjelasan cara memasang rak dinding tanpa paku yang bisa Anda coba. Kini tembok rumah, apartemen, atau kamar kos jadi aman dan terhindar dari retakan akibat penggunaan paku. Jika Anda membutuhkan bahan-bahan material lain seperti cat tembok, besi hollo dan bahan lainnya, langsung saja kunjungi KlopMart.

Dalam website KlopMart, Anda bisa menemukan banyak bahan dan alat material yang dibutuhkan. Selain itu proses pembayaran sangat cepat, aman, dan mudah dilakukan hanya melalui ponsel Anda. Hal ini karena Klopmart selalu mengembangkan dan meningkatkan kualitas layanan-nya untuk kepuasan pelanggan. Tunggu apalagi? Segera berkunjung ke KlopMart dan dapatkan diskon menarik khusus untuk Anda! Semoga Anda bisa melakukan cara memasang rak dinding tanpa paku di atas. 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya