Biaya Plester Dinding yang Harus Anda Ketahui Beserta Rumus Biayanya

Biaya plester dinding akan sangat bergantung pada banyak hal. Mulai dari ukuran dinding, semen yang digunakan, hingga waktu pengerjaan. Oleh karena itu, Anda harus bisa memperkirakan secara kasar kisaran biaya yang akan dikeluarkan untuk mendapatkan dinding dengan permukaan yang rata. Di bawah ini adalah panduan yang akan bisa digunakan untuk memperkirakan biaya dari plesteran dinding untuk rumah atau bangunan Anda yang sedang dikerjakan.

Mencari Tahu Biaya Plester Dinding

Sebuah bangunan akan dibangun mulai dari fondasi, rangka, dinding, hingga atap. Ada banyak proses yang akan dilalui hingga hunian atau bangunan dapat berdiri sempurna dan bisa digunakan untuk tujuan yang sudah direncanakan. Salah satu tahapan yang akan dilakukan adalah memberi plester pada dinding agar memiliki permukaan yang rata dan bisa dicat sesuai keinginan Anda. Dalam proses ini akan dibutuhkan berbagai macam bahan baku dan juga tenaga kerja agar bisa diselesaikan secara tepat waktu.

Tentu akan ada biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan-bahan dan membayar tenaga kerjanya. Maka penting sekali untuk mengetahui hal ini dalam mengatur pengeluaran yang diperlukan. Untuk dapat menghitungnya, maka beberapa cara di bawah ini akan bisa membantu Anda.

Baca Juga: Pengertian Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Fungsinya

1. Standar SNI Untuk Plesteran Dinding

Dalam membantu masyarakat untuk menentukan berapa biaya yang akan dikeluarkan, dibuatlah sebuah standar acuan demi meningkatkan efisiensi dalam kegiatan pembangunan. Acuan ini ada dalam aturan SNI 03-2835-2002. Dengan adanya standar acuan ini, maka kita akan semakin dipermudah dalam memperhitungkan berbagai macam hal ketika melakukan kegiatan plester dinding ini.


2. Material Plesteran

Seperti yang sudah diatur pada SNI 03-2835-2002, daftar material yang akan digunakan adalah:

  • Semen Portland (PC)
  • Pasir pasang (PS)
  • Air (tidak masuk dalam analisis)

Baca Juga: 6 Langkah dan Cara Plester Tembok yang Baik dan Benar

3. Ongkos Pengerjaan

Untuk ongkos dari tenaga kerja yang dibutuhkan, SNI 03-2835-2002 ini juga memberikan acuan mengenai posisi apa saja yang dibutuhkan. Beberapa diantaranya adalah:

  • Pekerja
  • Tukang Batu
  • Kepala Tukang (Dapat dihilangkan dalam skala pengerjaan kecil)
  • Mandor (Dapat dihilangkan dalam skala pengerjaan kecil)

4. Menghitung Volume Pekerjaan Plesteran Dinding

Seberapa besar volume pekerjaan yang dilakukan, semuanya akan dihitung berdasarkan luas permukaan dinding yang akan diplester. Untuk mempermudah hal ini, kita bisa menggunakan rumus:

Luas dinding (m2) = (panjang x tinggi dinding) - (lebar kosen x tinggi kosen pintu) - (lebar kosen x tinggi kosen jendela)

5. Rumus Biaya

Nah, kini saatnya menghitung biaya yang akan dikeluarkan untuk plesteran dinding bangunan Anda. Untuk 1 m2 plesteran dinding setebal 2 cm, maka biaya yang akan dikeluarkan adalah:

 

SNI 03-2835-2002

Plesteran Dinding

1Pc:3Ps (m²) tebal 20 mm

Satuan

Besaran

Harga

Bahan

Ongkos

Tukang

Jumlah

Bahan

Semen Portland

Kg

10,800

1.050,00

 

11.340,00

Pasir Pasang

M³

26

125.000,00

 

3.250,00

Tenaga

Pekerja

Oh

250

 

36.000,00

9.000,00

Tukang Batu

Oh

200

 

42.500,00

8.500,00

Kepala Tukang

Oh

20

 

45.000,00

900,00

Mandor

Oh

13

 

40.000,00

500,00

Sub Total

33.490,00

 

Hasil di atas menunjukkan bahwa plesteran per meter persegi adalah sebesar Rp33.490,00/m2 .Tentu hal ini bisa saja berbeda di lokasi Anda. Ini hanyalah hitungan kasar yang membantu dalam menentukan harga pasti yang akan dikeluarkan untuk membuat plesteran dinding.  Anda bisa cek harga semen MU di Klopmart yang bisa menjadi bahan dasar Anda. Semoga informasi perkiraan biaya plester dinding ini bisa berguna nantinya.

Baca Juga: Ketahui Biaya Renovasi Rumah Per Meter disini

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya