Home & Living

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan manusia memiliki usia pakai. Seiring dengan beban pekerjaan dan waktu kerja serta jenis material yang dikerjakan, mata bor akan menurun kondisinya. Dengan kita rawat, kita dapat memperpanjang usia pakainya. Mata bor dapat bertahan dalam kondisi baik sehingga pekerjaan kita efektif dan bahkan efisiensi dapat ditingkatkan dengan menghemat dalam pembelian mata bor baru.

    Untuk dapat merawat mata bor, berikut beberapa tips:

     

    1. Sesuaikan putaran (RPM) mesin bor dengan diameter mata bor. Jika lubang yang ingin dihasilkan memiliki mdiameter besar, otomatis, mata bor yang dipergunakan juga besar. Diameter mata bor yang dipergunakan berbanding terbalik dengan RPM mesin bor: Semakin besarnya diameter mata bor berarti semakin rendah putaran mesin yang dipergunakan.

     

    1. Jenis & kekerasan material benda yang akan dibor juga berpengaruh dengan putaran (RPM) mesin bor. Semakin keras material bendanya, semakin lambat RPM yang dipergunakan. Mengebor besi berbeda dengan mengebor kayu. Untuk besi, RPM yang dipergunakan lebih lambat dibandingkan dengan RPM untuk kayu. Jika menggunakan RPM yang sama, maka dapat menimbulkan percikan api dan juga akan merusak mata bornya.

     

    1. Mengerti dan melakukan cara mengebor dengan aman dan tepat juga akan menambah usia pakai mata bor. Anda dapat membacanya dengan lengkap di sini.

     

    1. Menjaga temperatur mata bor untuk tidak kelewat panas (over heat), sehingga mata bor tidak cepat aus dan tumpul. Hal ini juga akan memperpanjang usia pakainya. Mata bor jika digunakan terus menerus atau untuk waktu yang panjang, akan meningkat temperaturnya, maka sebaiknya berikan jeda waktu untuk berhenti sejenak supaya temperaturnya turun. Untuk material yang keras, berikan pelumasan dengan minyak pelumas untuk mendinginkan mata bor.

     

    1. Biasakan untuk membersihkan mata bor setelah digunakan. Kerak material yang menempel pada mata bor dapat menyebabkan karat dan mengakibatkan bidang potongnya tumpul.

     

    1. Jika sudah mulai tumpul, asahlah mata bor dengan gerinda. Hal ini perlu keahlian khusus. Kita dapat menghubungi bengkel las atau toko besi untuk mengasahnya.

     

    1. Simpan mata bor setelah dipergunakan di tempat yang kering. Hindari tempat lembab yang akan memicu karat pada mata bor.

     

    Dengan beberapa tips ini diharapkan mata bor yang Anda miliki dapat berusia pakai lebih panjang dan pekerjaan yang dihasilkan pun tetap optimal.

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya