Cat dan Kimia

5 Cara Menggunakan Lem Aibon yang Benar, Perekat Serbaguna!

Media
27 Feb 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Lem aibon adalah jenis barang serbaguna yang digunakan untuk merekatkan barang dan alat. Popularitas lem aibon sendiri sangat tinggi di tengah masyarakat Indonesia. Hampir semua orang tahu dan pernah menggunakan lem ini. 

Hingga saat ini, lem aibon tetap dinilai memiliki keunggulan dalam merekatkan dan terhitung kuat serta tahan lama juga. Namun ada berbagai fakta menarik tentang lem aibon yang perlu Anda ketahui. Penasaran apa saja fakta-fakta menarik mengenai lem aibon? Simak rangkumannya di bawah ini.


Fakta-Fakta Lem Aibon

Lem aibon adalah cairan perekat serbaguna yang terbuat dari bahan sintetis serta pelarut organik. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa lem aibon memiliki dua jenis varian. Ya, ada lem aibon jenis toluene (oles) dan non-toluene (semprotan). Selain itu, masih ada fakta menarik lainnya.

1. Dapat Merekatkan Berbagai Bahan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lem aibon mampu merekatkan berbagai macam barang dan alat. Dimulai dari alat kebersihan, alat kamar mandi, alat rumah tangga lainnya, hingga konstruksi bangunan dengan ukuran kecil.

Lebih jelasnya, lem aibon mampu merekatkan berbagai barang berbahan kulit. Sebut saja sepatu dan tas. Kemudian juga bisa untuk barang dengan material plastik, kayu, karet, dan lainnya. Kekuatan perekatan lem aibon juga sangat tinggi. Daya tahannya yang tinggi membuat lem aibon banyak dicari hingga saat ini.

Namun sebagai sebuah jenis cairan perekat, ada sisi buruk lem aibon yang juga cukup identik di tengah masyarakat Indonesia. Apa sisi buruk lem aibon?

Baca juga: Sempat Viral, Ini Dia Kegunaan Lem Aibon yang Sebenarnya

2. Memiliki Zat Adiktif

Salah satu fakta menarik lainnya dari lem aibon yaitu berbahaya untuk kesehatan. Ya, lem aibon memiliki zat berbahaya dan adiktif bernama Lysergic Acid Diethylamide (LSD). LSD adalah halusinogen yang sangat terkenal. Bersifat cair, tidak berwarna, dan berbau, LSD dapat memberikan efek tenang serta nyaman. 

Dengan memiliki zat LSD ini, lem aibon sering disalahgunakan. Banyak remaja dan anak jalanan yang menggunakannya untuk ngelem atau menciptakan efek tenang dan nyaman terhadap pikiran, penciuman, dan persepsi. Hasilnya apa? Orang yang menyalahgunakan lem aibon akan merasakan efek halusinasi dan merasa mabuk.

Efek berbahaya dari penyalahgunaan lem aibon sangatlah tidak baik. Oleh karena itu, jangan pernah menyalahgunakan lem aibon untuk hal lain selain merekatkan berbagai jenis barang yang sudah mengalami kerusakan.

3. Tidak Boleh Terbuka Terlalu Lama

Anda juga perlu mengetahui cara menyimpan lem ini dengan benar agar masih awet saat akan digunakan kembali.

Perlu dipahami, lem aibon ini dikemas di dalam wadah yang terbuat dari bahan kaleng. Tujuannya adalah jelas untuk memastikan lem tetap terlindung dengan baik dan tidak cepat kering. Jadi, begitu Anda selesai menggunakan lem ini, jangan lupa untuk langsung menutup kembali kaleng wadah dengan rapat. Jangan biarkan wadah kaleng lem terbuka untuk waktu yang terlalu lama.

Baca juga: Apa Efek Cat Tembok Dicampur Lem Kayu?

4. Wajib Dimiliki untuk Persiapan Barang Rusak

Melihat dua sisi dari lem aibon, Anda sebaiknya hanya menggunakan lem aibon untuk merekatkan barang saja. Apalagi kemampuan lem aibon tidak perlu diragukan lagi. 

Lem aibon wajib selalu ada di setiap rumah tangga. Dengan tersedianya lem aibon, maka kerusakan yang terjadi dan bisa diperbaiki dengan cara dilem kembali dapat memanfaatkan cairan perekat ini. Inilah yang membuat Anda wajib memiliki lem aibon untuk persiapan jika ada barang rusak.

Cara Menggunakan Lem Aibon

Setelah mengetahui berbagai fakta menarik dari lem aibon. Selanjutnya pahami juga bagaimana cara penggunaannya. Anda cukup mengikuti 5 langkah ini:

1. Keringkan Permukaan Benda

Pastikan permukaan benda yang ingin Anda rekatkan dalam keadaan kering. Apabila basih maka keringkan terlebih dahulu agar hasilnya maksimal.

2. Bersihkan Kotoran yang Menempel

Setelah mengeringkan permukaan benda, bersihkan menggunakan lap kain yang bersih. Hal ini dilakukan agar tidak ada yang mengganjal saat merekatkan permukaan benda dengan lem aibon.

3. Ratakan Permukaannya

Apabila permukaannya terlalu kasar, Anda dapat menggosok dengan menggunakan amplas agar lebih rata. Namun, perhatikan agar membersihkan debu-debu hasil pengamplasan.

Baca juga: Keunggulan dan Kegunaan dari Lem Fox

4. Berikan Lem

Selanjutnya, beri lem di kedua permukaan secara merata, biarkan mengering. Anda juga dapat mengangin-anginkan atau menjemurnya di bawah sinar matahari.

5. Tempelkan Kedua Permukaan Benda

Apabila sudah kering, sekarang waktunya untuk merekatkan kedua permukaan. Tekan atau press dan tahan sampai benar-benar merekat.

Jadi sekarang Anda sudah tahu berbagai fakta menarik dari lem aibon. Memang ada dua sisi dari cairan perekat ini, yaitu sisi positif dan negatif. Namun jangan sampai Anda malah fokus kepada sisi negatifnya saja. Lem aibon sudah terbukti menjadi cairan perekat yang memiliki daya kuat dan ketahanan tinggi sepanjang penggunaan.

Dapatkan Lem Aica Aibon dengan Mudah di Klopmart

Itulah informasi tentang lem aibon yang wajib Anda ketahui. Apakah Anda ingin mulai membeli lem aibon? Sekarang sudah tidak perlu bingung lagi mencarinya. Klopmart siap memberikan Anda produk lem aica aibon sesuai kebutuhan. Apalagi dengan sistem e-commerce, sekarang tinggal menunggu di rumah hingga lem aibon sampai ke tangan Anda. Apalagi harga lem aibon terhitung terjangkau dan dapat Anda beli melalui Klopmart sekarang juga.


Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya