Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Panci Gosong dan Berkerak, Dijamin Ampuh!

Media
28 Sep 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Sebagai salah satu peralatan kesayangan para ibu-ibu di dapur, panci yang gosong akibat sering digunakan masak seringkali menyebalkan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara membersihkan panci gosong agar kembali kinclong.

Klopmart telah merangkum beberapa cara membersihkan panci gosong yang gampang dilakukan di rumah. Simak hingga tuntas yah!.

Cara Membersihkan Panci Gosong dan Berkerak

Ada beberapa cara untuk membersihkan panci yang gosong. Berikut ini adalah cara yang anda dapat lakukan.

1. Menggunakan Garam


garam untuk membersihkan panci gosong

Ini sangat cocok untuk membersihkan panci berjenis teflon bila dibandingkan dengan menggunakan pisau maupun sendok yang justru membuatnya tergores. Berikut beberapa cara membersihkan panci gosong dengan garam:

  • Rendamlah panci stainless atau wajan yang gosong ke dalam air panas dan garam selama beberapa saat.

  • Apabila kerak gosong yang ada di apnci bagian dalam, maka Anda bisa menggunakan air dingin dan garam untuk merendamnya.

  • Tunggu dan diamkanlah kurang lebih 8 jam atau semalaman agar semua noda dan kerak menghilang.

  • Gosoklah bagian yang gosong tadi secara perlahan dan keringkan dengan menggunakan lap bersih secara merata.

Baca juga: 11 Desain Dapur Cantik Sederhana dan Terlihat Modern

2. Air Cuka untuk Membersihkan Kerak

cuka untuk membersihkan panci gosong

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan air cuka. Cuka mengandung zat asam asetat yang terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan gosong pada panci stainless. Bagaimana menggunakannya? Berikut langkah-langkahnya.

  • Panaskan panci stainless maupun wajan yang terdapat kerak gosong tadi dengan api yang sedang.

  • Tuangkan air cuka secukupnya pada bagian panci yang terdapat kerak gosong tadi.

  • Tunggulah beberapa menit agar zat asam sitrat tadi bekerja dengan baik.

  • Setelah kerak perlahan terangkat, cucilah kembali panci gosong tersebut menggunakan spons berbusa maupun dari bahan aluminium foil.

3. Menggunakan Air Panas

air panas untuk membersihkan panci gosong

Cara membersihkan panci gosong dengan mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan air panas. Biasanya, cara ini digunakan untuk menghilangkan kerak pada panci dengan bahan stainless steel maupun yang menggunakan bahan enamel. Langkahnya pun sangat mudah dilakukan yakni:

  • Panaskanlah panci stainless yang gosong tadi di atas sebuah kompor kurang lebih beberapa menit.

  • Pada saat panci atau wajan tadi cukup panas, siram panci dengan air pada bagian yang berkerak secara perlahan menggunakan air panas hingga muncul suara mendesis.

  • Oleskan sedikit sabun cuci ke bagian permukaan panci gosong dan gunakan sendok kayu atau spatula berbahan nilon untuk mengikis kerak.

  • Bersihkan kembali menggunakan air dingin sampai kerak hilang.

Namun, perlu diingat untuk cara ini hanya bisa dilakukan pada panci dengan jenis stainless steel dan enamel saja. Tidak dianjurkan membersihkan dengan cara ini untuk wajan dengan bahan anti lengket maupun teflon.

4. Menggunakan Baking Soda

Baking Soda untuk membersihkan panci gosong

Baking soda atau soda kue tidak hanya digunakan untuk bahan pembuatan kue saja. Baking soda terbukti ampuh dalam membersihkan kerak gosong maupun benda berkarat lainnya. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko makanan maupun toko kue terdekat. Bagaimana cara membersihkannya? Simak langkah-langkahnya ini.

  • Campurkan baking soda secukupnya dengan menggunakan air bersih dalam wadah.

  • Oleskanlah secara merata pada bagian panci maupun wajan yang terdapat kerak gosong.

  • Diamkan selama beberapa jam untuk hasil yang optimal.

  • Setelah dirasa cukup, Anda pun dapat mencuci panci maupun wajan gosong tersebut menggunakan air bersih seperti biasanya.

  • Apabila masih ada kerak gosong yang masih menempel, Anda bisa menyikatnya dengan spons maupun bahan aluminium foil secara perlahan pada bagian kerak tersebut.

Baca juga: 12 Desain Tempat Cuci Piring & Kompor untuk Dapur Rumah

5. Minuman Bersoda Juga Bisa Anda Gunakan

air soda untuk membersihkan panci gosong

Selain menyegarkan ketika diminum saat cuaca terik, tahukah Anda jika minuman bersoda ini bisa dijadikan sebagai salah satu bahan dalam cara membersihkan panci gosong? Tentu saja yang dimaksud dengan minuman bersoda di sini adalah Coca Cola’ Cara membersihkan panci yang gosong dengan cola ini sangat mudah. Langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Tuangkan Coca Cola tadi kurang lebih satu kaleng pada panci stainless maupun wajan gosong.

  • Kemudian, letakkan di atas kompor dan panaskan dalam suhu yang cukup.

  • Ketika Coca Cola yang diletakkan pada sebuah panci tadi mendidih, goyangkanlah secara perlahan. Tujuannya adalah agar Coca Cola tersebut dapat membilas bagian panci yang gosong.

  • Tunggulah beberapa saat hingga kerak dan noda gosong hilang.

  • Bersihkan dengan air bersih dan gunakan lap untuk mengeringkannya.

6. Menggunakan Dryer Sheet

Dryer Sheet untuk membersihkan panci gosong

Buat sebagian dari Anda, dryer sheet mungkin merupakan hal yang masih asing. Benda satu ini umumnya digunakan saat sedang mengeringkan baju di dalam mesin cuci. Ternyata, selain untuk mengeringkan baju, dryer sheet juga dapat digunakan untuk membersihkan panci atau wajan gosong.

Caranya juga sangat simpel. Tempatkan dryer sheet pada bagian panci atau wajan yang gosong. Lalu, tuangkan air hangat. Biarkan dryer sheet bekerja beberapa jam. Setelah itu, angkat dryer sheet dan kotoran dan bekas gosong akan langsung hilang. Jangan lupa untuk menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan panci gosong yang baru saja dibersihkan.

7. Menggunakan Jeruk Nipis

jeruk nipis untuk membersihkan panci gosong

Jeruk nipis juga dapat menjadi solusi membersihkan panci yang gosong. Anda dapat menggunakan jeruk nipis dengan cara rebuskan air panas mendidih. Kemudian, beri sabun cuci piring dengan jeruk nipis. Lalu, diamkan semalaman.

8. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Bersihkan panci gosong dengan sabun cuci piring

Dengan menggunakan sabun cuci piring kerak gosong pada panci juga dapat menghilang. Caranya hanya dengan menambahkan sabun cuci piring ke dalam panci yang sudah di rendam air. Lalu, tunggu sampai 30 menit dan gunakan spatula berbahan kayu atau plastik untuk mengeruk kerak yang menempel di bagian panci. Setelah itu, jika kerak sudah terlepas buang air sabun dan bilas dengan air bersih.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi dan Perabotan

9. Menggunakan Lemon Rebus

lemon rebus untuk membersihkan panci gosong

Lemon memiliki kandungan zat asam yang sama dengan cuka. Zat asam ini dapat membersihkan kerak yang menempel di permukaan panci yang gosong. Pertama, Anda rebus lemon yang sudah dipotong bersama panci yang berkerak.

Lalu, tunggu selama 5 sampai 10 menit dan Anda akan melihat kerak mulai terkelupas. Setelah itu, gosok panci dan bilas dengan air bersih.

10. Alumunium Foil

Alumunium Foil untuk membersihkan panci gosong

Alumunium foil juga menjadi salah satu pilihan untuk membersihkan panci yang gosong. Pertama, masukkan air panas disertai oleh sabun pencuci piring hingga menutupi bagian noda gosong dan berkerak. Lalu, tunggu sampai 30 menit dan gosok panci dengan alumunium foil yang sudah berbentuk bulat. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Itulah dia bahan-bahan yang Anda dapat gunakan untuk membersihkan panci Anda yang gosong dan berkerak. Anda dapat mencoba salah satu di antaranya dan menilai mana paling efektif hasilnya.

Material Bahan Bangunan

Sebagai Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart menjual kebutuhan untuk atap, dinding dan lantai hingga perlengkapan sanitasi yang berkualitas baik. Jadi, kunjungi Klopmart sekarang juga dan temukan berbagai produk yang Anda cari.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya