Home & Living

11 Desain Dapur Cantik Sederhana dan Terlihat Modern

Media
05 Jul 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Sedang mencari inspirasi desain dapur cantik yang sederhana tetapi tetap terlihat modern dan elegan? Sebenarnya tidak sulit mencari inspirasi desain dapur minimalis tetapi tetap elegan. Hampir semua orang mengacu pada desain seperti ini karena penataan desainnya sangat enak dipandang mata. 

Tentu bukan perkara mudah menentukan desain terbaik untuk dapur Anda. Pasalnya pembuatan dapur sangat penting karena semua aktivitas memasak akan dilakukan di area ini. Kalau dapur didesain dengan baik, mudah diakses serta estetis maka memasak 3x sehari tidak akan menjadi beban. 

Itu sebabnya Klopmart sudah menyediakan berbagai inspirasi model dapur yang cantik tetapi tetap memperhatikan fungsionalitas serta estetikanya. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini! 

Namun sebelum itu, apabila saat ini Anda sedang mencari berbagai bahan bangunan ataupun perlengkapan rumahan untuk kebutuhan pembangunan dapur Anda, dapatkan diskon yang menarik untuk berbagai pilihan produk Anda hanya di Klopmart.

Konsep Desain Dapur Cantik Sederhana, Elegan, dan Modern

Perkembangan yang terus terjadi dalam peradaban manusia juga berdampak pada desain interior rumah. Itu sebabnya Anda akan melihat banyak desain unik, modern, dan estetis yang bisa dijadikan inspirasi untuk dapur rumah. Coba temukan salah satu desain favorit Anda berikut ini. 

1. Model Dapur Putih Abu Modern


Menggunakan warna netral pada area apa pun memang tidak pernah salah. Contohnya seperti kombinasi warna putih dan abu yang terlihat pada gambar di atas. Belum lagi desain dapurnya yang estetis dan rapi tanpa penambahan aksesori. Kabinet lemari yang dibuat berwarna putih juga menjadi focal point yang sangat cantik di tengah tema interior berwarna abu-abu. 

Penempatan berbagai peralatan kebutuhan memasak juga diletakkan pada lokasinya masing-masing sehingga memberikan kesan yang luas meski area dapurnya terbatas. Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar, tidak ada peralatan yang tercecer karena semua barang memiliki “rumahnya” masing-masing. 

Desain seperti ini sangat cocok untuk Anda yang suka dengan tema minimalis dengan ruang yang terbatas. Namun memang pemeliharaannya perlu Anda perhatikan agar warna putih pada kabinet tidak berubah kotor atau pudar. 

Baca juga: 10 Inspirasi Dapur Bersih Minimalis yang Nyaman

2. Model Dapur All White 


Selain menggunakan kombinasi warna netral, Anda juga bisa berkreasi dengan menggunakan warna putih untuk seluruh area dapur. Penggunaan warna putih pada dapur Anda mampu menciptakan ilusi ara yang lebih luas daripada aslinya. Tema seperti ini juga sangat enak dipandang mata. 

Penataan area dapur juga didesain dengan baik untuk memaksimalkan setiap area ruangan dengan baik. Keberadaan tempat cuci piring dengan jendela bahkan makin menambah kesegaran. Beraktivitas sepanjang hari di area dapur dengan desain seperti ini pasti tidak akan terasa membosankan!

3. Model Dapur Minimalis yang Hangat


Hanya punya sedikit ruang tersisa untuk dapur? Tenang saja karena ukuran ruangan dapur Anda tidak akan menjadi masalah dalam desain estetis, cantik, tetapi tetap sederhana dan fungsional. Anda bisa melihat contoh gambar di atas mengenai tata letak yang dibuat dengan rapi meskipun area dapurnya hanya sekitar 3m x 3m saja. 

Tentunya Anda bisa membuat desain yang serupa untuk memaksimalkan setiap ruang yang ada. Manfaatkan juga area dinding sebagai tempat penyimpanan tambahan untuk barang-barang yang sering digunakan. 

4. Model Dapur Hitam Elegan


Selain warna putih, penggunaan tema interior berwarna hitam juga memberikan kesan yang elegan tetapi tetap sederhana. Anda bisa melihat bahwa keberadaan kabinet dengan warna hitam menjadikan area dapur terlihat sangat mewah. 

Padahal tidak ada bahan khusus yang membuat dapur ini spesial, namun tema interior yang dipilih benar-benar memberikan perbedaan besar. Untuk memaksimalkan area yang ada, dapur ini juga dibuat dengan full cabinet untuk memastikan ketersediaan tempat penyimpanan yang dibutuhkan. 

Baca juga: 15 Ide Warna Cat Tembok Dapur Cantik Tahun 2023

5. Model Dapur Klasik


Meskipun zaman sudah berubah menjadi makin modern, bukan berarti tema interior klasik tidak bisa Anda gunakan lagi. Desain dapur klasik sejatinya masih sangat estetis untuk digunakan. Area dapur Anda pasti terasa antik dengan tambahan semua peralatan memasak yang ada.  

Tentunya pemilihan warna, motif, serta peralatan memasak harus dipilih dengan saksama untuk menyesuaikan tema klasik yang digunakan. Meski luasnya terbatas, Anda masih bisa menggunakan area dinding sebagai tempat penyimpanan cangkir, teko, maupun piring-piring. 

6. Model Dapur Fungsional 


Area dapur yang terbatas seharusnya tidak menjadi halangan bagi Anda untuk berkreasi. Contohnya seperti desain dapur satu ini yang meskipun kecil tetapi tetap fungsional. Setiap ruang yang ada digunakan semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga. Penggunaan warna netral dalam desain ini juga terbukti menjadikan area dapur lebih luas dari aslinya. 

7. Model Dapur Futuristik


Desain dapur juga bisa dibuat sangat futuristik untuk menampilkan kesan canggih dari berbagai peralatan yang dipasang di dalam kabinet. Sengaja dibuat built-in, area dapur menjadi sangat rapi karena semua area menggunakan warna putih. Tidak masalah dengan area dapur yang terbagi menjadi 3 baris karena cara ini menunjukkan penggunaan ruang yang optimal. 

8. Model Dapur Earth Tone


Selanjutnya ada desain dapur yang menggunakan tema interior earth tone. Warna cokelat dari kayu di kabinet, kursi, serta lantai membuat area dapur memiliki suasana yang hangat. 

Kemudian warna putih kembali digunakan untuk melengkapi area dapur yang mungil agar terlihat lebih lega. Penataan berbagai kabinet serta peralatan memasak yang ada juga rapi sehingga area dapur tidak terasa pengap. 

Baca juga: 10 Motif Keramik Dapur Cantik, Mana Favorit Anda?

9. Model Dapur Biru Putih


Desain dapur berwarna biru putih juga bisa dijadikan pilihan kalau Anda ingin memberikan warna baru di dalam rumah. Pada gambar di atas Anda bisa melihat bahwa penggunaan warna biru di kabinet bagian bawah justru memberikan kesegaran baru yang unik. 

Untuk penataannya sekilas tidak ada yang spesial, namun semuanya tetap terlihat rapi dan estetis. Keberadaan area dapur dengan desain seperti ini membuat rumah makin nyaman untuk ditinggali. 

10. Model Dapur Rustic


Kalau Anda punya tema interior rumah rustic, desain dapur satu ini tepat untuk dipilih. Tidak banyak berbeda dari desain sebelumnya soal penataan dapur, tetapi Anda bisa merasakan bahwa penggunaan batu bata di sekelilingnya membawa nuansa baru. 

Desainnya juga sangat sederhana tanpa banyak kabinet untuk menonjolkan kesan rustic yang kuat. Belum lagi penambahan penggunaan material stainless steel yang menonjolkan tema rustic pada area dapur rumah Anda.

11. Desain Dapur Minimalis Sederhana tanpa Kitchen Set

Desain dapur minimalis sederhana tanpa kitchen set menekankan pada estetika simpel dan fungsionalitas yang efisien. Dapur ini cenderung memaksimalkan ruang dengan meminimalisir penggunaan furnitur khusus seperti kitchen set yang besar.

Dengan memilih elemen-elemen desain yang esensial, seperti rak terbuka, lemari dinding sederhana, dan meja makan yang bersih, dapur ini menciptakan tampilan yang ringkas dan mudah dikelola.

Perpaduan warna netral atau palet warna yang terbatas sering digunakan untuk memberikan kesan bersih dan lapang, sementara pencahayaan yang baik dan jendela yang memadai menambahkan nuansa terang ke dalam ruangan.

Pemilihan desain dapur tidak boleh dilakukan sembarangan. Masalahnya dapur merupakan salah satu ruangan penting dalam rumah yang memiliki peranan cukup besar. Area dapur juga seringkali digunakan paling sering untuk melakukan berbagai aktivitas. Bukan hanya memasak, tetapi juga untuk makan maupun menyelesaikan pekerjaan. 

Itu sebabnya Anda harus memilih model dapur cantik yang tidak norak, tetapi tetap menampilkan kesan elegan dan modern. Melalui berbagai contoh model yang sudah disebutkan semoga Anda jadi bisa memilih desain dapur yang paling tepat dengan preferensi dan kebutuhan. 

Untuk membantu mewujudkan dapur impian Anda, perlu diperhatikan juga kualitas bahan dan peralatan yang digunakan. Salah satunya ialah penggunaan perekat keramik berkualitas tinggi seperti MU 480. 

Menariknya, kini Anda berkesempatan mendapatkan harga distributor untuk berbagai pilihan produk Anda ketika membeli di Klopmart. Segera kunjungi kami sekarang juga.

Jangan lupa untuk mencari tahu spesifikasi dan harga MU 480 perekat keramik di atas keramik hanya di Klopmart. Sebagai tempat jual beli bahan dan alat material yang tepercaya, Klopmart siap memenuhi semua kebutuhan Anda. Jadi mari temukan berbagai alat dan bahan yang Anda butuhkan dengan mengunjungi Klopmart sekarang juga!

Sumber rujukan: 

  • https://www.rumah.com/berita-properti/2016/3/120569/memahami-definisi-dan-ciri-khas-gaya-rustic

  • https://www.rumahkuunik.com/2017/05/desain-interior-dapur-minimalis.html

  • https://id.theasianparent.com/desain-dapur-minimalis

Inspirasi Lainnya

5 Cara Melapisi Triplek Dengan Resin yang Benar, Jangan Keliru!

Konstruksi

5 Cara Melapisi Triplek Dengan Resin yang Benar, Jangan Keliru!

Selengkapnya
6 Perbedaan Triplek dan Multiplek, Jangan Sampai Salah Pilih!

Konstruksi

6 Perbedaan Triplek dan Multiplek, Jangan Sampai Salah Pilih!

Selengkapnya
8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya