5 Cara Menghias Kelas agar Suasana Belajar Semakin Menyenangkan

Cendekiawan Michel Foucault pernah menyatakan bahwa ruang kelas modern tidak jauh beda dari penjara. Ya, penjara! Karena ruang kelas itu berbentuk persegi yang membosankan, bersuasana otoriter, dilengkapi jendela yang biasanya kecil dan dinding berwarna kusam.

Apakah mengagetkan bila murid-murid jadi kesulitan belajar dalam suasana ini? Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan dampak-dampak tata ruangan kepada efisiensi pembelajaran. Mari kita simak beberapa cara menghias kelas di bawah ini, agar ruang belajar memberikan suasana yang lebih bebas, hingga akhirnya bisa mendorong para murid nyaman belajar.

Cara Menghias Kelas yang Wajib Anda Perhatikan

Berikut ini cara menghias ruangan kelas yang perlu Anda ketahui:

1. Kenali Karakter Murid

Kenali Karakter Murid

Sebelum menghias kelas, harus kenal dulu, target audience-nya. Murid-murid di kelompok kelas berbeda akan lebih menyukai jenis hiasan berbeda. Misalnya, murid-murid kelas TK sampai SD mungkin lebih menggemari hiasan yang berwarna-warni, atau bertema tayangan/film populer.

Murid-murid kelas SMP-SMA mungkin lebih menggemari bukan sekadar hiasan cantik, melainkan hiasan yang berfungsi. Seperti peta dunia atau gambar-gambar binatang yang dipelajari di kelas biologi.


2. Kenali aturan-aturan sekolah

Pahami Aturan Sekolah

Juga harus dipikir matang-matang dampak hiasan di kelas. Bisakah murid-murid memakai hiasan tersebut untuk mencontek? Apakah meletakkan hiasan di dinding melanggar aturan sekolah? Aturan sekolah tentang hal-hal tersebut sebaiknya dipelajari sebelum memulai proyek menghias kelas.

Cara menghias kelas yang benar adalah menghormati aturan sekolah, kalau tidak, hiasan yang sudah susah-susah dibuat malah dibuang oleh petugas kebersihan sekolah.

3. Menyiapkan alat dan bahan hiasan kelas

Cara menghias kelas dengan menyiapkan alat dan bahan

Setelah itu, mari kita kumpulkan beberapa barang pokok perhiasan, seperti gunting, selotip, bermacam-macam kertas, lem, penggaris, glitter, spidol dan seterusnya.

Bermacam-macam kertas yang dapat Anda gunakan yaitu kertas origami, kertas karton, dan lain lain, semuanya memiliki cara pakai masing-masing. Semua ini dapat dibeli di Klopmart dengan harga kompetitif!

Baca juga: Lem Aibon Adalah Perekat Serbaguna, Ketahui Fakta Menariknya!

4. Lakukanlah sebagai ekstrakurikuler

Menghias kelas pada momen tertentu

Cara menghias kelas selanjutnya adalah melakukan kegiatan menghaias kelas bersama seluruh warga kelas. Proses dekorasi kelas adalah kesempatan bukan sekadar menghias, tetapi juga sebagai aktivitas yang dapat membuat murid-murid lebih mudah berteman dengan satu sama lain.

Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi kesempatan untuk mengekspresikan diri sendiri, dan membuat suasana kelas lebih personal dan menyerupai rumah.

Sebagai guru, Manfaatkanlah waktu-waktu tertentu untuk menghias ruang kelas bersama murid-murid Anda seperti momen hari kemerdekaan di tanggal 17 Agustus, karena momen tersebut dapat membangkitkan semangat, termasuk semangat untuk menghias kelas.

5. Berikan tema agar serasi

Cara menghias kelas dengan tema tertentu

Nah, karena murid-murid cenderung anak-anak muda yang bingung. Tugas guru lah yang memberikan contoh dan nasihat dalam menghias kelas. Sekaligus, memastikan bahwa hiasan mereka tidak keluar dari batas aturan sekolah, dan juga memastikan bahwa hasil karya mereka layak dilihat, tidak justru membuat kelas lebih kusam atau kotor.

Usulan kami adalah untuk memberikan tema hiasan kepada murid murid, supaya hiasan terlihat konsisten dan tidak saling tabrak warna. Tema dapat bermacam-macam, dari pemilihan color palette yang terang atau color palette yang redup, atau memilih hiasan bertema hollywood, bertema Mesir, dan seterusnya. Yang penting, murid-murid Anda dapat memilih tema-tema yang Anda tawarkan.

Baca juga: 7 Desain Keramik Kamar Mandi yang Unik dan Menarik untuk Anda

Ide Menghias Kelas yang Menarik untuk Diterapkan

Tetapi, bagaimana mempraktikkan cara menghias kelas? Ada banyak cara menghias kelas, dari membuat gambar-gambar untuk dipajang di dinding dengan selotip atau removable glue, sampai membuat pohon dari karton yang dipajang di dinding, terus dihiasi dengan gambar murid-murid, memasang atlas, diagram biologi, formula matematika, dan seterusnya - semua tergantung ke umur murid.

Berikut adalah beberapa ide untuk cara menghias kelas yang unik, menarik, menyenangkan, dan membuat semangat belajar:

1. Menghias Meja Guru dengan Kertas Manila

Meja Dihias dengan Kertas Manila

Ide pertama adalah menghias meja dengan menggunakan kertas manila. Meskipun terlihat sederhana, ide ini dapat membuat proses belajar mengajar di kelas semakin menyenangkan.

Anda dapat menggunakan kertas karton atau kertas manila untuk ‘mewarnai’ meja guru, kabinet, loker, dan bagian-bagian dinding. Satu hal yang perlu Anda perhatikan, pasanglah dengan selotip atau double-tape, tapi jangan pake lem!

2. Hiasan Gantung Origami

Cara menghias kelas dengan gantungan origami

Selanjutnya adalah dengan menggunakan kertas origami dan benang. Anda dapat mengarahkan murid-murid untuk membuat origami sebagai hiasan kelas. Misalnya, mereka dapat membuat bentuk origami binatang yang lucu, seperti angsa, bebek, burung dan lain lain.

Baca juga: 7 Rekomendasi Desain Lorong Samping Rumah untuk Anda

3. Membuat Pohon dari Kertas Karton

Membuat Pohon dari Kertas Karton

Salah satu ide kreatif dalam menghias ruang kelas yaitu dengan menggunakan kertas karton yang nantinya dapat ditempel di dinding. Potonglah pohon dari kertas karton, pasang sticky notes di ranting-ranting pohon tersebut, dan di sana murid-murid dapat menuliskan nama-nama mereka.

4. Hiasan Dinding Kelas Hasil Kerja Siswa

Hiasan Dinding Kelas Hasil Kerja Siswa

Ide hiasan kelas selanjutnya yaitu membuat hiasan dinding. Caranya tempel kertas karton berwarna dalam bentuk persegi di dinding samping kelas. Di atas kertas karton tersebut, pajang fotokopi hasil tes murid yang paling bagus.

Anda juga dapat menambahkan komentar dengan spidol di samping pajangan tersebut! Dengan demikian, murid-murid yang lain akan berlomba agar tugas yang diberikan mendapat nilai maksimal, agar dapat dipajang di sana. Menarik, kan?

5. Tirai Pelangi Menggunakan Kaleng

TIrai pelangi menggunakan kaleng bekas

Ide ini dapat Anda terapkan di ruang kelas atau di laboratorium. Manfaatkan saja barang-barang bekas seperti kaleng.

Cara menghias kelas yang satu ini cukup unik, karena terlihat seperti cat yang tumpah. Bahan yang dibutuhkan pun tidak sulit di dapatkan, yaitu kain tile warna warni. Adapun cara membuatnya, cukup memasukkan kain tersebut ke dalam kaleng dan biarkan ujung kainnya menjuntai. Selanjutnya, kaleng bekas digantung dalam posisi miring di atas jendela.

6. Quotes Favorit di Ruangan Kelas

Cara menghias kelas dengan qoute favorit

Ruang kelas akan lebih menarik jika dihiasi dengan berbagai quotes. quotes dapat di gantung di dinding atau papan buletin.

Libatkan murid-murid untuk memilih kutipan motivasi, inspirasi, ataupun yang sesuai dengan tema kelas mereka. Hal ini dapat membuat mereka lebih betah di kelas dan akan berusaha merawat hiasan tersebut karena punya rasa kepemilikan.

7. Galeri Mini Foto Idola

Galeri Mini Foto Idola

Membuat galeri mini yang berisikan foto idola murid-murid bisa jadi ide kreatif. Murid Anda dapat menghias dinding dengan cara menaruh foto orang yang mereka kagumi, seperti Albert Einstein.

Bisa jadi murid Anda semakin termotivasi mengejar cita-citanya apabila melihat foto tersebut. Mereka juga dapat memasang foto kedua orang tuanya. Hal tersebut semakin menumbuhkan rasa sayang kepada orang tua dan lebih termotivasi dalam belajar karena merasa orang tuanya selalu berada di sampingnya.

8. Menambahkan Karpet di Lantai

Ide menghias kelas dengan karpet

Salah satu cara terbaik untuk mendekorasi ruang kelas Anda adalah dengan menambahkan beberapa karpet yang nyaman di lantai.

Salah satu cara meredam kebisingan yaitu dengan memasang karpet di ruangan. Dengan demikian, tingkat kebisingan yang berkurang dapat membantu menjaga perhatian murid agar tetap terfokus saat belajar.

Baca juga: Rekomendasi Model Keramik Kamar Tidur Terbaru

9. Menambahkan Tanaman Hias

Tanaman hias di kelas

Menambahkan tanaman ke ruang kelas merupakan cara kreatif untuk membuat anak cinta terhadap lingkungan.

Tanaman hias dapat membantu meningkatkan kualitas udara, bahkan dapat mengurangi tingkat stres. Untuk memajang tanaman hias bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggantung, menempatkannya di pot bahkan di dinding kelas.

10. Menghias Jadwal Piket Lucu

Jadwal piket unik

Ide yang terakhir yaitu dengan menghias jadwal piket kalas. Segala perabot, hiasan yang ada di dalam kelas tidak akan berarti jika terlihat kumuh karena jarang dibersihkan. Oleh karena itu, tiap murid memiliki tanggung jawab yang sama terhadap kelasnya.

Jadwal piket membantu murid mengetahui kapan mereka harus melakukan tugasnya untuk bersih-bersih di kelas. Caranya pun sederhana, cukup menyiapkan stik es krim, kertas karton dan lem. Mereka dapat membuat daftar piket harian yang unik seperti gambar di atas. Menarik, kan?


Kesimpulan

Alat dan bahan-bahan yang digunakan di atas seperti gunting, lem fox dapat Anda beli dengan mudah dengan harga kompetitif di Klopmart. Semoga usaha Anda untuk menghias kelas berhasil, dan murid-murid dapat motivasi baru untuk meraih nilai dan mimpi yang lebih tinggi!

Jika Anda mencari perkakas untuk renovasi atau pembangunan rumah, Klopmart hadir untuk Anda. Di sini, tersedia beragam pilihan perkakas berkualitas tinggi untuk membantu dalam pembangunan rumah Anda.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya