13 Inspirasi Desain Lorong Samping Rumah untuk Anda

Desain lorong samping rumah yang indah dan menarik tidak harus berukuran luas. Lorong sempit pun bisa dirancang secantik mungkin sesuai keinginan Anda. Manfaatkan saja space atau area yang kosong untuk menyulap lorong yang polos menjadi lebih hidup.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengubah desain lorong samping rumah Anda. Lorong samping juga merupakan area outdoor, jadi Anda lebih leluasa menambahkan berbagai jenis dekorasi untuk menunjang tampilannya. Anda pun bisa menggunakan kreativitas dalam mendesain rumah supaya tampilan lorongnya sesuai keinginan.

Jika Anda bingung memikirkan ide desain untuk lorong rumah, jangan khawatir. Klopmart akan memberikan berbagai inspirasi desain lorong yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Simak artikelnya sampai selesai.

13 Inspirasi Desain Lorong Samping Rumah Minimalis

Sebagai pemilik rumah, Anda pasti mendambakan tampilan eksterior dan interior yang cantik, bukan? Mulai dari area teras depan, kamar, dapur, hingga bagian tersembunyi seperti lorong samping, semuanya harus ditata seindah mungkin. Pasalnya, tampilan rumah yang indah bisa menambah kenyamanan penghuni rumahnya.

Jika rumah Anda memiliki lorong samping, tidak ada salahnya memperindah area ini pula. Meski letaknya berada di pojokan dan berukuran sempit, Anda masih bisa memodifikasi area ini supaya terlihat lebih cantik.

Lorong samping pun bisa didesain dengan gaya minimalis yang populer diterapkan di rumah-rumah masa kini. Artinya, Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak dekorasi untuk menghias area ini. 

Dekorasi yang terlalu ramai justru membuat lorong menjadi tidak nyaman untuk dilintasi. Anda cukup menerapkan beberapa jenis dekorasi pada area ini, tetapi fungsi lorongnya bisa dimaksimalkan.

Anda siap menyulap tampilan lorong menjadi lebih indah? Cobalah mengikuti tujuh inspirasi desain lorong samping rumah minimalis pada hunian Anda.

1. Dinding Batu Bata

Dinding Batu Bata

Susunan batu bata atau jenis batu-batuan lainnya bisa dimanfaatkan untuk menghias dinding lorong Anda. Desain ini membuat area lorong terlihat lebih natural, apalagi ditambah tanaman hias di depannya.

Anda bisa menggunakan atap transparan dengan rangka tunggal supaya lebih banyak cahaya yang masuk ke area lorong. Pemasangan atap transparan justru menghilangkan kesan suram pada lorong sempit. 

Untuk lantainya, Anda bisa memasang keramik hanya pada satu sisinya. Sisi lain lantainya cukup dibiarkan supaya Anda bisa menanam tanaman favorit di lorong.


Baca juga: Perbandingan Biaya Harga Bata Ringan Hebel dan Bata Merah

2. Pajangan Tanaman di Dinding

Pajangan Tanaman di Dinding

Ada cara yang lebih genius untuk memajang tanaman di dinding, yaitu menggunakan wall grid board kawat. Setelah menempelkan grid board di dinding, Anda bisa menggantung dua atau tiga tanaman kesayangan di area tersebut. Gunakan kawat supaya tanamannya tidak mudah lepas dari wall grid.

Selain wall grid board, Anda dapat menggantung tanaman hias di bagian atasnya. Pilihlah pot tanaman yang lebih kecil dan ramping jika Anda ingin menaruh koleksi tanaman di tanah. Alhasil, lorong pun tidak terasa sesak dengan pajangan tanaman di lantai jika Anda mengikuti cara ini.

3. Batu Kerikil di Lantai Lorong

Batu Kerikil di Lantai Lorong

Lantai lorong dapat dihias dengan batu kerikil dan dua jalan setapak seperti gambar di atas. Anda dapat menggunakan material keramik atau quartz stone untuk menghias bagian jalan setapaknya.

Bagian dinding sekitar koridor dapat dilapisi dengan semen sehingga menghasilkan nuansa industrialis. Tampilan lorong makin estetis apabila Anda mendesain bagian atapnya sesuai gambar di atas. Gunakan material besi yang dicat putih supaya terlihat menyatu dengan dinding lorongnya.  

4. Bangku untuk Bersantai

Bangku untuk Bersantai

Konsep desain lorong pada gambar ini bisa diterapkan bagi Anda yang ingin bersantai di rumah dengan nuansa alami. Tambahkan bangku kecil di area tengah atau ujung lorong sebagai tempat bersantai.

Keunikan desain lorong ini terletak pada penempatan tanaman hiasnya sehingga menghasilkan kesan hutan mini dalam rumah. Anda bisa menanam tanaman di pinggir jalan setapak di area tengahnya. Selain itu, tanaman hias pun dapat digantung di dinding supaya terlihat lebih menarik.

Baca juga: 9 Model Lorong dalam Rumah Minimalis yang Cantik, Pilih Mana?

5. Atap Kaca di Atas Lorong

Atap Kaca di Atas Lorong

Jika lorong samping rumah bersifat semi-indoor, Anda cukup mendesain bagian atapnya. Daripada menutupi seluruh plafonnya, gunakan kaca transparan supaya area lorong terlihat lebih cerah di siang hari. Solusi ini tentu bermanfaat karena Anda bisa mengurangi penggunaan listrik melalui lampunya.

Gunakan juga material kayu untuk bagian lantai di sepanjang lorongnya. Meski terlihat sempit dan tidak memajang dekorasi, lorong terlihat lebih estetik dengan tips desain ini.

6. Jalan Setapak di Atas Rumput

Jalan Setapak di Atas Rumput

Ubahlah lorong menjadi taman mini dengan menanam rumput di atas tanahnya. Tambahkan juga keramik kotak yang menyusun jalan setapak di area lorongnya. Selain kotak, Anda dapat menggunakan bentuk lain yang lebih menarik, seperti lingkaran, segienam, dan sebagainya.

Area dindingnya pun dapat dirancang supaya lorongnya tidak monoton. Selain semen, Anda bisa memajang material kayu untuk menghias dindingnya. Pajang juga dekorasi berupa lampu gantung untuk menerangi taman mini ini di malam hari.

7. Lantai Kayu dan Tanaman

Lantai Kayu dan Tanaman

Apabila ingin mendesain konsep lorong terbuka, Anda bisa mulai dari menambahkan lantai kayu. Lantai kayu sebaiknya menyisakan sedikit area kosong di sampingnya untuk ditanami beberapa tanaman hijau.

Bagian dindingnya dapat dilapisi dengan keramik berwarna netral. Anda pun dapat menambahkan dekorasi berupa pot yang ditempel di dindingnya agar lebih menarik.

Baca juga: Inspirasi Desain Taman Lorong Samping Rumah yang Menarik

8. Taman Sebagai Area Bersantai

Taman Sebagai Area Bersantai

Membuat area taman yang enak dipandang tentu baik. Tetapi jika Anda bisa membuatnya lebih maksimal mengapa tidak? Lahan yang masih tersisa bisa Anda gunakan untuk menaruh beberapa kursi taman. 

Anda juga bisa menaruh sofa yang memiliki kanopi supaya lebih nyaman dan tidak basah apabila turun hujan. Anda bisa menjadikan area taman sebagai tempat bersantai tambahan ketika sudah mulai suntuk bekerja seharian.

9. Taman dengan Kolam Ikan

Taman dengan Kolam Ikan

Memenuhi taman dengan berbagai tanaman indah seperti bunga pasti akan terlihat sangat cantik. Bagaimana kalau ditambah suara air dari kolam ikan? 

Duduk di area taman dengan pemandangan yang indah dan suara air yang stabil tentu akan terasa menenangkan. Anda bisa berdiam diri sambil mendengarkan suara air yang terus mengalir. 

10. Taman dengan Tanaman Gantung

Taman dengan Tanaman Gantung

Sisa lahan di samping rumah sangat kecil? Tidak masalah! Anda tetap bisa menjadikannya indah dengan berbagai tanaman gantung. 

Ada banyak tanaman mungil yang cocok untuk mendekorasi sisa lahan tersebut. Pilih tanaman yang unik dan indah supaya Anda bisa merasakan keindahan taman setiap kali berjalan melewatinya.

11. Taman Open Space

Taman Open Space

Desain open space tidak hanya digunakan untuk interior rumah. Nyatanya membuat taman dengan desain open space termasuk pilihan yang tepat. Desain seperti ini bisa diaplikasikan dengan merubuhkan tembok penghalang. 

Kemudian Anda bisa menggantinya dengan pintu kaca yang besar. Tindakan ini akan membuat taman Anda terasa lebih luas dari sebelumnya.

12. Taman dengan Jalan Setapak

Taman dengan Jalan Setapak

Jika lahan samping rumah benar-benar kecil maka membuatnya menjadi jalan setapak adalah ide yang bagus. Memang benar Anda tidak bisa menanam banyak tanaman karena keterbatasan lahan. Tetapi mengubahnya menjadi jalan setapak juga tidak buruk. 

Anda bisa masuk ke rumah melewati taman tersebut supaya suasana hati Anda berubah menjadi senang. Tambahkan rumput-rumput cantik dan tanaman rambat untuk membuat jalan setapak Anda semakin estetik. 

13. Desain Taman Industrial

Desain Taman Industrial

Desain taman industrial bisa menjadi ide yang cemerlang! Desain taman seperti ini pasti tidak akan membuat Anda bosan berlama-lama di area tersebut. Anda bisa menambahkan unsur industrial dari kursi dan meja taman yang dipilih. 

Tidak sekadar meja dan kursi taman biasa, Anda bisa menambahkan meja tinggi layaknya di bar dengan kursi yang cocok. Tambahkan juga lampu-lampu gantung sederhana untuk melengkapi dekorasi taman.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Rumah 2 Lantai Terbaik 

Manfaat Taman di Rumah

Ada banyak desain lorong samping rumah yang menyertakan taman di atas.

Namun, tahukah Anda, keberadaan taman di rumah memberikan angin segar bagi seluruh anggota keluarga.

Tidak hanya bagus dipandang mata tetapi juga baik untuk sirkulasi udara yang masuk ke rumah. Lebih jauh lagi, keberadaan taman memberikan beberapa manfaat berikut ini. 

1. Rumah Menjadi Lebih Cantik

Desain rumah Anda biasa-biasa saja? Bukan masalah! Keindahan alam yang natural tidak kalah dari rumah dengan desain mewah. Keberadaan taman di rumah memberikan sentuhan estetika yang enak dipandang mata. 

Apalagi jika taman yang dibuat berisi berbagai jenis bunga cantik. Paduan warna hijau, merah, kuning, dan warna lainnya akan membuat Anda merasa senang meskipun hanya berada di rumah. 

2. Mendatangkan Udara Bersih

Adanya taman di rumah membuat sirkulasi udara menjadi lebih bersih. Zat karbon dioksida (CO2) yang ada di dalam rumah akan tergantikan dengan oksigen (O2) yang dihasilkan oleh tanaman di taman. 

Udara yang lebih sehat akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup seluruh anggota keluarga Anda. Memang hasilnya tidak langsung terlihat tetapi Anda bisa merasakan perbedaannya pada waktu mendatang.

3. Udara di Rumah Lebih Sejuk

Selain lebih bersih, udara di rumah juga akan terasa jauh lebih sejuk dari biasanya. Pantulan sinar matahari yang menyengat dapat diserap oleh tanaman-tanaman. Ada banyak tanaman yang bisa menyerap panas matahari seperti tanaman Sri Rejeki, Palem Kuning, Sirih Gading, Lidah Mertua, dan lain-lain. 

4. Sebagai Area Resapan Air

Keberadaan taman di samping rumah dapat menjadi area resapan air ketika musim hujan datang. Jika biasanya bagian samping rumah selalu tergenang air maka keberadaan tanaman dapat mengatasi masalah tersebut. 


5. Tempat Beraktivitas yang Baru

Terakhir, taman bisa menjadi tempat baru dari area lainnya yang ada di rumah. Selalu berada di rumah karena aturan PPKM pasti membuat Anda bosan dan stres, bukan? 

Selalu melihat hal yang sama untuk waktu lama dapat menurunkan motivasi dan semangat Anda ketika beraktivitas. Itu sebabnya keberadaan taman di rumah sangat penting untuk dijadikan area baru dalam beraktivitas.

Baca juga: 9 Model Lorong dalam Rumah Minimalis yang Cantik, Pilih Mana?

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan ide desain lorong samping idaman? Jika sudah, barulah desain tersebut bisa diterapkan lorong hunian Anda. Jangan lupa untuk menggunakan bahan bangunan berkualitas seperti MU-270 Acian Putih untuk melapisi dindingnya.

Produk semen instan ini dapat membuat hasil acian dinding lorong terlihat lebih halus. Selain itu, warna cat akan lebih sempurna sehingga area lorong Anda makin cantik. Anda pun bisa mendapatkan harga mortar acian termurah hanya di Klopmart. Temukan juga beragam penawaran menarik lainnya di sini.

Hubungi kami segera untuk membeli produk semen acian ini dan kami akan mengirimkannya langsung ke proyek pembangunan Anda. Proses pengerjaan desain lorong samping rumah Anda pun makin sempurna hanya dengan bahan bangunan berkualitas lainnya dari Klopmart.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya