Baut & Perkakas

10 Jenis Mata Gerinda dan Fungsinya Sesuai dengan Kebutuhan Konstruksi Anda!

Media
02 Jul 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ada 10 jenis mata gerinda dan fungsinya yang berbeda-beda. Ya, jika Anda melihat gerinda, sebenarnya mata (grinding wheel) yang dimilikinya tidak hanya satu jenis saja. Ada banyak jenisnya sehingga gerinda menjadi semakin mudah untuk digunakan dalam mendukung berbagai pekerjaan konstruksi.

10 Jenis Mata Gerinda dan Fungsinya

Ingin mengenal setiap jenis beserta fungsinya? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Mata Gerinda Amplas

Mata Gerinda Amplas

Sesuai namanya, amplas gerinda berfungsi untuk menghasilkan finishing permukaan yang halus dan rata. Biasanya digunakan untuk permukaan logam dan kayu.

Terdapat dua jenis amplas gerinda, yaitu flap disc dan fibre disc.

  • Flap disc tersusun dari beberapa lembar kertas amplas dan berbentuk piringan. Secara umum digunakan untuk membuat permukaan logam dan kayu yang rata dengan cara mengikisnya.
  • Fiber disc dikenal sebagai abrasive disc berbentuk bulat. Fiber disc umumnya dipakai untuk mengasah dan memperhalus permukaan logam atau fiber pada kapal.


2. Mata Gerinda Asah Spons

Batu Gerinda Spons

Jenis mata gerinda lainnya ada mata gerinda asah spons (grinding wheel sponge). Mungkin Anda termasuk yang jarang melihat jenis ini. Biasanya mata gerinda asah spons digunakan untuk menghaluskan serta mengkilapkan permukaan batu granit dan marmer.

Ketika mata gerinda ini digunakan, ada proses pemotongan dan pengikisan yang terjadi. Terkadang hasilnya memang membuat marmer dan granit tidak mengkilap. Itulah mengapa dalam penggunaannya, harus lebih hati-hati dan perlahan.

Baca juga: Apa Itu Gerinda serta Bagian Bagian dari Gerinda Tangan

3. Mata Gerinda Asah

Mata Gerinda Asah

Mata gerinda asah (grinding wheel) menjadi bagian dari gerinda yang paling sering dibutuhkan dan digunakan untuk pengerjaan logam. Kemampuan mata gerinda ini adalah mengikis permukaan logam. Dari baja, besi, hingga stainless steel.

4. Mata Gerinda Tembok

Mata Gerinda Tembok

Selanjutnya ada mata gerinda tembok (diamond turbo wheel) yang berfungsi untuk menghasilkan permukaan lebih rata.

Mata gerinda ini tidak dapat Anda gunakan untuk memotong tetapi dapat digunakan untuk mengikis sisi granit agar menciptakan lekukan sesuai pola. Selain digunakan untuk granit, biasanya digunakan juga untuk mengikis permukaan semen dan tembok.

Baca juga: 5 Cara Memilih Gerinda yang Baik

5. Mata Batu Gerinda Potong

Mata Batu Gerinda Potong

Mata batu gerinda potong (cutting wheel) memiliki bentuk yang cukup berbeda dibandingkan jenis lainnya. Bentuknya datar dengan ketebalan dari 3 mm hingga 8 mm.

Fungsi dari mata gerinda ini adalah melakukan pemotongan pada logam, baja, besi, dan stainless steel.

6. Mata Gerinda Wool Polishing

Mata Gerinda Wool Polishing

Umumnya mata gerinda ini juga dikenal dengan nama polishing pad & kain poles, yang berfungsi pada tahap finishing dan cukup nyaman karena memiliki bahan wool yang berfungsi untuk memoles baret di permukaan bodi mobil. Tentunya dibantu juga dengan cairan penghilang goresan atau wax yang cukup banyak dijual pada saat ini.

Baca juga: Teknik Gerinda yang Bisa Anda Praktekkan Dengan Mudah

7. Mata Gerinda Fleksibel

Mata Gerinda Fleksibel

Mata gerinda fleksibel (flexible disc) memiliki bentuk fisik seperti batu gerinda asah, namun lebih tipis. Fungsi dari mata gerinda adalah untuk mengikis permukaan logam yang berada di area sempit atau terbatas.

8. Mata Gerinda Asah Non Woven

Mata Gerinda Asah Non Woven

Mata gerinda asah non woven (non woven nylon wheel) memiliki fungsi untuk polishing atau menghaluskan dan mengilapkan benda. Mata gerinda ini digunakan untuk melakukan finishing untuk bahan logam, besi, stainless steel, hingga alumunium. Namun penggunaannya harus hati-hati karena jika terlalu berlebihan malah dapat mengikis lapisan logam tersebut.

Baca juga: Harga Gerinda Makita dengan Kualitas Terbaik

9. Mata Gerinda Sikat

Mata Gerinda Sikat

Dari namanya sudah terlihat bahwa mata gerinda sikat berguna untuk membersihkan permukaan logam dari kotoran, semacam kerak, karat, seta oksidasi yang terjadi.

Tidak hanya membersihkan logam, mata gerinda ini juga sering digunakan untuk mengupas lapisan kulit luar kayu. Ada dua bentuk dari jenis ini, yaitu berbentuk rata dan mangkuk.

10. Mata Gerinda Pisau Potong Keramik

Mata Gerinda Pisau Potong Keramik

Mata gerinda pisau potong keramik (diamond wheel) memang fokus digunakan dalam pemotongan keramik.

Ada jenis basah dan kering dengan perbedaan cara penggunaan. Untuk jenis basah, perlu menggunakan air sebagai media pendinginan. Sebaliknya, jenis kering tidak memerlukan air.

Baca juga: Cara Memotong Kaca dengan Gerinda

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai berbagai jenis-jenis mata gerinda yang digunakan pada mesin gerinda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Bagaimana Cara Menggunakan Mesin Gerinda yang Aman dan Selamat?

Sekarang Anda telah mengetahui berbagai jenis mata gerinda dan fungsinya. Tentu saja Anda juga perlu memahami cara menggunakan mesin gerinda dengan aman agar terhindar dari kecelakaan.

Berikut ini cara menggunakan mesin gerinda yang selamat:

  1. Pastikan yang menggunakan mesin gerinda adalah orang yang kompeten untuk mengoperasikannya.
  2. Pastikan Anda telah memahami bahaya dan risiko dalam melakukan aktivitas dengan mesin gerinda.
  3. Jika bahaya-bahaya dalam melakukan proses gerinda tidak dapat di hilangkan, maka gunakan APD (Alat Pelidung Diri) yang sesuai. Misalnya masker, kaca mata, ear plug dan sarung tangan. Walaupun di beberapa mesin gerinda telah ada pelindung cakram. Sebaiknya tetap gunakan APD tersebut.
  4. Pasang batu gerinda dengan memperhatikan batas kecepatan maksimum biasanya dalam RPM yang tertera pada batu gerinda dan pastikan spesifikasi kecepatan pada batu gerinda lebih besar dari kecepatan maksimum mesin yang akan digunakan. Anda bisa lihat kecepatan maksimum mesin pada bodi mesin.
  5. Pastikan bahwa Anda memahami dengan betul kode spesifikasi batu gerinda. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dapat mengetahui mata gerinda tersebut dapat digunakan untuk menggerinda atau memotong material apa.
  6. Pastikan bahwa benda kerja yang akan dipotong atau digerinda dalam posisi yang tetap. Oleh karena itu, tidak dianjurkan meletakkan benda yang akan digerinda pada permukaan yang licin. Hal ini berpotensi menyebabkan benda dapat terpental ketika diberikan tekanan oleh batu gerinda.
  7. Pastikan bahwa arus listrik sudah terputus saat mengganti batu gerinda.
  8. Saat selesai melakukan pekerjaan. Pastikan bahwa Anda telah mematikan mesin gerinda dengan menekan tombol off terlebih dahulu baru kemudian memutuskan arus listriknya. Karena beberapa kejadian yang tidak mengoff-kan mesin gerindanya setelah selesai pekerjaan, saat di sambungkan ke arus listrik langsung menyala (untuk beberapa jenis mesin gerinda).
  9. Jangan memaksakan diri, apabila lelah istirahatlah.


Kesimpulan

Jika Anda memerlukan informasi tentang memotong keramik, Klopmart juga memiliki informasi mengenai rangkuman Harga Mesin Potong Keramik.

Itulah informasi mengenai jenis-jenis mata gerinda. Ingin menggunakan salah satu mata gerinda di atas dengan produk gerinda terbaik? Bosch GWS 8-100 CE bisa menjadi salah satu gerinda pilihan Anda. Dengan informasi jenis mata gerinda dan fungsinya, cek harga gerinda Bosch dan alat perkakas lainnya di Klopmart sekarang juga.

Inspirasi Lainnya

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Home & Living

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Selengkapnya
10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Selengkapnya
8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Home & Living

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Selengkapnya
Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb