Jenis Mata Gerinda dan Fungsinya

Ada 10 jenis mata gerinda dan fungsinya yang berbeda-beda. Ya, jika Anda melihat gerinda, sebenarnya mata yang dimilikinya tidak hanya satu jenis saja. Ada banyak jenisnya sehingga gerinda menjadi semakin mudah untuk digunakan dalam mendukung berbagai pekerjaan konstruksi. Ingin mengenal setiap jenis beserta fungsinya? Simak rangkumannya di bawah ini.
 

1. Mata Gerinda Amplas 

Sesuai namanya, amplas gerinda berfungsi untuk menghasilkan finishing permukaan yang halus dan rata. Biasanya digunakan untuk permukaan logam dan kayu. Terdapat dua jenis amplas gerinda, yaitu flap disc dan fibre disc.
 

2. Mata Gerinda Asah Spons

Jenis mata gerinda lainnya ada mata gerinda asah spons. Mungkin Anda termasuk yang jarang melihat jenis ini. Biasanya mata gerinda asah spons digunakan untuk menghaluskan serta mengkilapkan permukaan batu granit dan marmer. Ketika mata gerinda ini digunakan, ada proses pemotongan dan pengikisan yang terjadi. Terkadang hasilnya memang membuat marmer dan granit tidak mengkilap. Itulah mengapa dalam penggunaannya, harus lebih hati-hati dan perlahan.
 

3. Mata Gerinda Asah

Mata gerinda asah menjadi bagian dari gerinda yang paling sering dibutuhkan dan digunakan untuk pengerjaan logam. Kemampuan mata gerinda ini adalah mengikis permukaan logam. Dari baja, besi, hingga stainless steel.
 

4. Mata Gerinda Tembok

Selanjutnya ada mata gerinda tembok yang berfungsi untuk menghasilkan permukaan lebih rata. Mata gerinda ini mampu mengikis sisi granit agar menciptakan lekukan sesuai pola. Selain digunakan untuk granit, biasanya digunakan juga untuk mengikis permukaan semen dan tembok.
 

5. Mata Batu Gerinda Potong

Mata batu gerinda potong memiliki bentuk yang cukup berbeda dibandingkan jenis lainnya. Bentuknya datar dengan ketebalan dari 3 mm hingga 8 mm. Fungsi dari mata gerinda ini adalah melakukan pemotongan pada logam, baja, besi, dan stainless steel.
 

6. Mata Gerinda Wool Polishing

Mata gerinda ini cukup enak karena memiliki bahan wool yang berfungsi untuk memoles baret di permukaan bodi mobil. Tentunya dibantu juga dengan cairan penghilang goresan atau wax yang cukup banyak dijual pada saat ini.
 

7. Mata Gerinda Fleksibel

Mata gerinda fleksibel memiliki bentuk fisik seperti batu gerinda asah, namun lebih tipis. Fungsi dari mata gerinda adalah untuk mengikis permukaan logam yang berada di area sempit atau terbatas.
 

8. Mata Gerinda Asah Woven

Mata gerinda asah woven memiliki fungsi untuk polishing atau menghaluskan dan mengilapkan benda. Mata gerinda ini digunakan untuk melakukan finishing untuk bahan logam, besi, stainless steel, hingga alumunium. Namun penggunaannya harus hati-hati karena jika terlalu berlebihan malah dapat mengikis lapisan logam tersebut.
 

9. Mata Gerinda Sikat

Dari namanya sudah terlihat bahwa mata gerinda sikat berguna untuk membersihkan permukaan logam dari kotoran, semacam kerak, karat, seta oksidasi yang terjadi. Mata gerinda ini juga bisa mengupas lapisan kulit luar kayu. Ada dua bentuk dari jenis ini, yaitu berbentuk rata dan mangkuk.

10. Mata Gerinda Pisau Potong Keramik

Mata gerinda pisau potong keramik memang fokus untuk digunakan dalam pemotongan keramik. Ada jenis basah dan kering dengan perbedaan cara penggunaan. Untuk jenis basah, perlu menggunakan air sebagai media pendinginan. Sebaliknya, jenis kering tidak memerlukan air. Jika Anda memerlukan informasi tentang memotong keramik, Klopmart juga memiliki informasi mengenai rangkuman Harga Mesin Potong Keramik.

Itulah informasi mengenai jenis-jenis mata gerinda. Ingin menggunakan salah satu mata gerinda di atas dengan produk gerinda terbaik? Bosch GWS 8-100 CE bisa menjadi salah satu gerinda pilihan Anda. Dengan informasi jenis mata gerinda dan fungsinya, cek harga gerinda Bosch di Klopmart sekarang juga.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
27 Mar 2021

Related Article