5 Cara Memotong Kaca dengan Gerinda yang Aman dan Rapi

Ada beberapa langkah atau cara memotong kaca dengan gerinda. Pasti Anda memiliki beberapa kaca atau benda yang terbuat dari kaca, seperti botol, yang sayang jika harus dibuang begitu saja.

Jika Anda bisa memotongnya, maka benda dari kaca tersebut bisa digunakan untuk hal-hal lainnya yang pastinya bermanfaat. 

Untuk bisa memotong kaca dengan mudah, Anda membutuhkan alat pemotong. Beberapa alat pemotong kaca yang paling sering digunakan adalah gerinda. Tanpa gerinda, rasanya sulit untuk melakukan hal ini.


Jenis-Jenis Kaca

Tapi, sebelum memulai proses pemotongan kaca, sebaiknya Anda juga mengetahui seperti apa jenis-jenis kaca.

Pada dasarnya kaca adalah sebuah materi padat yang transparan dan sering digunakan dalam setiap konstruksi bangunan. Bahan dasar untuk pembuatan kaca umumnya menggunakan pasir silika dan pasir. Bahan tersebut nantinya akan dilelehkan dan melalui proses bertekanan tinggi dan melewati pemanasan dan pendinginan yang cepat.

1. Jenis Kaca Bening

Salah satunya tipe kaca yang terbanyak dipakai pada bangunan tempat tinggal adalah kaca bening. Jenis kaca yang sering disebut dengan float glass ini mempunyai permukaan yang paling bersih dan rata. Hingga kaca bening sanggup membiaskan objek sampai 90%.

Kaca bening dapat dipakai sebagai interior atau exterior rumah. Umumnya tipe kaca ini lebih banyak dipakai untuk membuat jendela, kaca railing, dan bermacam kepentingan furnitur lain.

2. Jenis Kaca Es

Kaca es atau frosted glass sebagai salah satunya tipe kaca yang sering dipakai untuk dekorasi. Tipe kaca ini bisa mengurangi intensif cahaya matahari dan merintangi penglihatan seseorang ke ruang. Biasanya, kaca es digunakan untuk tempat shower di kamar mandi. Selain itu, kaca es dapat digunakan juga untuk ruangan yang memiliki sifat privacy.

Cara Memotong Kaca dengan Gerinda

Dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini, Anda bisa memotong kaca dengan mudah dan hasilnya pun rapi. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak penjelasan berikut ini:

1. Siapkan Seluruh Peralatan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan seluruh peralatan. Adapun perlatan dan bahan yang wajib Anda siapkan adalah sebagai berikut:

  • Gerinda (alat pemotong kaca)
  • Mata gerinda penggosok/halus
  • Mata gerinda pemotong
  • Minyak
  • Alas kayu
  • Alat Pelindung Diri (sarung tangan dan kacamata)

Ya, untuk menjaga keselamatan dan kesehatan Anda selama proses pemotongan kaca dengan gerinda, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan kacamata. 

Kedua peralatan itu bisa melindungi tangan dan mata dari serpihan potongan yang bisa saja menyerang bagian tubuh Anda saat memotong kaca. Jika sudah menyiapkan seluruh peralatan, mari mulai proses pemotongan.

Baca juga: Fungsi Sarung Tangan Kerja Sebagai Alat Pelindung Diri 

2. Oleskan Bagian Kaca dengan Minyak

Langkah berikutnya adalah mengoleskan minyak pada kaca. Adapun tujuanya agar kaca nantinya lebih mudah dipisahkan dan hasilnya lebih rapih dan halus. Adapun minyak yang dapat Anda gunakan adalah oli atau solar.

3. Potong Kaca dengan Mata Gerinda yang Tepat

Setelah kaca diolesi dengan minyak pelumas, cara memotong kaca selanjutnya adalah mengambil alas kayu dan letakkan kaca atau benda yang terbuat dari kaca di atasnya. Alas kayu ini berguna agar proses pemotongan kaca berjalan lancar dan aman serta tidak terasa licin. Kemudian ambil alat pemotong gerinda dengan mata pemotong. 

Sekarang saatnya mulai proses pemotongan kaca. Anda harus meletakkan kaca tersebut di posisi paling tepat. Coba cari sudut pemotongan yang baik agar proses memotong kaca bisa dilakukan dalam sekali percobaan. Dengan begitu, hasilnya pun akan lebih baik.

Baca juga: Cara Membersihkan Kaca Jendela Rumah

4. Potong dengan Hati-Hati

Anda harus mengingat bahwa gerinda itu sangat tajam dan bisa membawa masalah jika proses pemotongan mengalami kekeliruan. Untuk itulah Anda harus memotongnya dengan hati-hati dan perlahan.

Potong kaca tersebut sesuai keinginan hingga Anda mendapatkan hasil sesuai. Jika masih ada keraguan dari sisi sudut pemotongan, jangan ragu untuk menunda proses ini. Cari lagi sudut paling tepat untuk memotong kaca dengan memainkan imajinasi Anda. Kalau sudah yakin, proses pemotongan bisa kembali dilanjutkan.

Baca juga: 6 Fungsi Gerinda dan Jenis-Jenis Mesin Berserta Tipenya

5. Haluskan Permukaan Kaca yang Masih Tajam

Pemotongan kaca sudah selesai, tapi belum berhenti di sini. Masih ada satu langkah lagi yang harus Anda lakukan. Dengan mengganti mata pemotong dengan mata penggosok, gunakan gerinda ke bagian permukaan kaca yang masih tajam. Proses ini berguna untuk menghaluskan permukaan kaca yang baru saja selesai dipotong. 

Biasanya kaca yang telah dipotong memiliki permukaan yang masih tajam. Hal ini akan sangat berbahaya jika dibiarkan karena sewaktu-waktu dapat melukai tubuh.

Oleh karena itu, Anda harus menghaluskannya dengan mata gerinda penggosok. Lakukan langkah ini dengan hati-hati dan perlahan. Jangan terburu-buru karena bisa jadi hasil akhirnya kurang memuaskan dan masih ada permukaan yang tajam. Bahkan Anda juga harus melakukan proses ini berulang kali hingga memastikan semua bagian permukaan sudah halus.

Jadi, itulah beberapa cara memotong kaca dengan gerinda. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk Anda dan bisa langsung dipraktikkan juga.

Baca juga: 5 Cara Memilih Gerinda yang Baik dan Sesuai Kebutuhan

Berbicara mengenai gerinda, Anda jangan sampai menggunakan produk gerinda dengan kualitas yang kurang baik. Sebaiknya maksimalkan gerinda dengan kemampuan terbaik dan daya tahan lama. Itulah mengapa Makita N 9500 N bisa menjadi opsi gerinda pilihan untuk memotong kaca. Didukung dengan spesifikasi mumpuni di kelasnya, Anda bisa mendapatkan gerinda ini bersama Klopmart. Cek harga gerinda Makita sekarang juga.


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya