Konstruksi

5 Warna Tempat Sampah dengan Fungsi yang Berbeda, Mana Pilihanmu?

Media
26 Jul 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Sampah saat ini bukannya hanya menjadi masalah negara ini, sampah sudah menjadi masalah yang mendunia. Saat ini kita mulai dipaksa untuk sadar bahwa sampah yang kita hasilkan sehari-hari tidak dapat dibuang begitu saja ke tempat sampah tanpa mau tahu apa jadinya itu sampah nantinya.

Sampah sudah begitu merajalela hingga laut pun menjadi penuh sampah! Gerakan kesadaran akan lingkungan hidup mulai menjadi kesadaran nasional dan juga kesadaran global.


Sudah bukan waktunya lagi sekarang untuk cuek saja, acuh tak acuh tentang sampah ini! Apakah kita akan cek saja yang penting hidup kita happy sendiri tanpa mau tahu dunia seperti apa yang akan kita wariskan kepada generasi di bawah kita, anak-anak dan cucu-cucu kita kelak?

Dunia yang penuh sampah dengan tanah dan udara tercemar untuk dihidupi oleh anak-anak kita nantinya? Mau mulai sekarang atau mulai sesudah semuanya terlambat hingga dunia ini tidak layak untuk didiami kita, manusia? Apakah Planet Mars tujuan kita selanjutnya untuk ditinggali dan untuk kita cemari dengan kebodohan dan kemasa-bodohan kita?

Sampah perlu diolah dengan baik untuk memudahkan penguraiannya dan mengurangi pencemaran kepada lingkungan yang ujung-ujungnya mempengaruhi kesehatan tubuh kita sendiri.

Untuk mendukung kesadaran nasional ini, apa yang bisa kita perbuat?

Saat ini di tempat-tempat umum disediakan tempat sampah yang terdiri dari beberapa tong sampah dengan lima macam warna. Itu bukan diberi warna karena keinginan mempercantik dekorasi!

Tempat-tempat sampah itu dibuat dengan lima warna yang berbeda untuk membedakan jenis sampah yang dibuang ke dalamnya. Sampah yang sudah dikelompokkan ini akan diangkut dan diolah lagi oleh dinas kebersihan. Dengan membuang sampah berdasarkan pengelompokkan ini, kita sudah melakukan salah satu dalam mendukung kesadaran nasional akan sampah ini.

5 Warna Tempat Sampah dengan Fungsi yang Berbeda

Kelima tempat sampah ini selain dibedakan warnanya, biasanya juga dilengkapi tulisan dan keterangan jenis sampah yang boleh dibuang ke dalamnya. Berikut adalah jenis tempat sampah beserta fungsinya.
 

1. Tempat Sampah Warna Hijau

Tempat sampah ini berfungsi sebagai tempat untuk menampung sampah organik. Sampah ini antara lain adalah sampah yang mudah terurai secara alamiah, seperti sampah limbah rumah tangga berupa sisa makanan, sayur-sayuran, buah-buahan, daun-daunan, potongan rumput dan sebagainya.

Sampah organik ini dapat diolah menjadi bahan pupuk kompos. Pengolahan akan lebih cepat jika sudah dipisahkan dari jenis sampah lainnya.
 

2. Tempat Sampah Warna Kuning

Tempat sampah ini berfungsi sebagai tempat untuk menampung sampah non-organik berupa sampah plastik seperti gelas atau botol plastik ataupun kaca bekas kemasan air minum maupun minuman beraroma lain dan sebagainya.

Sampah non-organik lebih sulit atau bahkan tidak dapat terurai secara alamiah sehingga perlu diproses daur ulang untuk diolah menjadi benda plastic lain di pabrik pengolahan limbah plastik.
 

3. Tempat Sampah Warna Merah

Tempat sampah ini berfungsi sebagai tempat untuk menampung sampah dengan kategori B3 atau Bahan Berbahaya dan Beracun. Sampah B3 ini berupa sampah beling atau kaca, kemasan detergen, kemasan obat nyamuk, lampu rusak, disket, kepingan Compact Disc, baterai, kemasan bahan insektisida, herbisida, bahan-bahan kimia lain dan bahan pembersih lainnya yang akan mencemari tanah dan air tanah dan membahayakan kesehatan manusia.

Baca juga: Bahaya dari Bakar Sampah

4. Tempat Sampah Warna Biru

Tempat sampah ini berfungsi sebagai tempat untuk menampung sampah yang berbahan kertas. Sampah kertas memang termasuk sampah organik, karena dapat terurai secara alamiah karena memang terbuat dari pulp kayu.

Namun kertas dibuat bukan hanya dari pulp kayu saja tetapi juga dengan tambahan bahan-bahan kimia, sehingga lebih baik diolah dan didaur ulang kembali. Biasanya sampah kertas didaur ulang menjadi bahan baku pembuatan kertas. Ada pula sampah kertas yang digunakan untuk membuat benda-benda kerajinan.

5. Tempat Sampah Warna Abu-abu

Tempat sampah ini berfungsi sebagai tempat untuk menampung sampah yang tidak termasuk ke dalam keempat kategori lain yang tadi disebutkan di poin-poin sebelumnya. Sampah ini disebut sebagai sampah residu.

Jadi sekarang setelah kita bahas kelima warna tempat sampah, kita akan mengerti cara membuang sampah sesuai dengan kategori sampahnya. Sembari mengelompokkan sampah-sampah kita, jangan lupa sambil menyanyikan “Tempat Sampahku Ada Lima, Rupa-rupa Warnanya…” supaya tambah semangat!

perlengkapan sanitary ware

Untuk lebih menjaga kebersihan dan kenyamanan dirumah, sebaiknya Anda menggunakan produk sanitary yang berkualitas agar tetap semangat untuk menjaga kebersihannya. Anda bisa mendapatkan berbagai produk sanitary berkualitas dengan harga distributor di Klopmart.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya