Apa Kegunaan Mortar dalam Proyek Pembangunan Rumah?

Kegunaan mortar dalam konstruksi bangunan tidak bisa disepelekan. Mortar sudah dianggap salah satu material yang wajib ada saat proyek pembangunan apapun. Rumah, gedung bertingkat, dan jenis bangunan lainnya tidak bisa dipisahkan dari kehadiran material satu ini. 

Sayangnya, masih banyak orang yang belum familiar dengan mortar yang bisa membuat orang beralih dari semen konvensional. Klopmart akan mengupas tentang fungsi mortar secara detail di artikel ini.

Apa Saja Kegunaan Mortar dalam Konstruksi Bangunan?

Mortar dan semen adalah dua material yang memiliki fungsi sama, yakni perekat. Bedanya, mortar adalah versi instan dari semen. Bahan utama pembuat mortar adalah semen dan pasir silika, bisa juga ditambah kapur agar lebih tahan lama. Ada pula zat aditif lainnya, tergantung jenis mortar tersebut.

Masyarakat kini beralih ke mortar karena proses penggunaannya yang lebih mudah dibandingkan semen. Anda cukup mengaduk mortar dengan air sesuai dengan kadarnya. Setelah jadi, adukan mortar siap diaplikasikan untuk merekatkan material bangunan, seperti batu bata, batako, keramik, dan lain-lain.

Baca Juga: 10 Bahan Bangunan Untuk Konstruksi Rumah Anda

Mortar dibuat dengan teknologi modern, jadi memiliki kegunaan yang lebih canggih. Apa saja kegunaan mortar dalam proyek pembangunan rumah?

  1. Merekatkan bahan bangunan, seperti batu bata, batu-batuan, keramik, dan lain-lain. Mortar juga melindungi bahan batu-batuan tersebut agar tidak mudah lepas atau retak.
  2. Mortar berguna sebagai alas atau permukaan yang lembut dan rata sebelum dilapisi batu-batuan di atasnya. Tujuannya adalah untuk mendistribusikan beban secara merata di lapisan bawah.
  3. Mengisi jarak (space) antar batu bata atau nat keramik agar dinding dan lantai terlihat tidak berlubang.
  4. Jika diaplikasikan di beton, mortar berguna sebagai matriks untuk menahan potongan-potongan batunya.
  5. Mortar digunakan sebagai bahan acian atau plesteran dinding. Gunanya adalah memperhalus tampilan dinding agar pori-porinya tersamarkan. Fungsi lainnya adalah menyembunyikan sambungan pada dinding.
  6. Merekatkan bubungan di bagian atap genteng.
  7. Mortar juga berguna untuk pengecoran atau membuat ornamen ukir.

Jenis mortar yang dijual di toko bangunan memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya, varian mortar untuk plester dinding belum tentu berfungsi sama dengan mortar untuk memasang keramik (tile adhesive).

3 Tips Mencampur Mortar Dengan Tepat

Anda juga harus hati-hati dalam membuat campuran mortar agar bisa digunakan dengan baik. Kesalahan dalam proses pencampuran mortar akan berakibat pada rusaknya hasil plesteran atau lapisan. Mortar instan lebih cepat kering atau mengeras apabila salah menakar jumlah airnya.

Perhatikan tips mencampur mortar yang tepat di bawah ini agar material bisa digunakan dengan fleksibel:

1. Aduk Mortar Dalam Kuantitas Yang Kecil

Mortar harus diaduk dalam kuantitas yang kecil sehingga nyaman digunakan. Tips ini juga berguna agar adukan tidak cepat kering. Adukan mortar juga harus digunakan sesegera mungkin supaya tidak langsung mengeras. Klopmart merekomendasikan waktu maksimal yang ideal untuk mengaplikasikan mortar:

  • Mortar berbahan kapur sebaiknya digunakan maksimal 4 jam setelah pengadukan.
  • Mortar berbahan surki atau cinder digunakan maksimal 24 jam setelah pengadukan.
  • Mortar berbahan semen harus digunakan maksimal 90 menit setelah ditambahkan air.

‚Äč2. Rendam Batu Bata atau Batuan Selama 12 Jam

Batu bata atau batu-batuan yang hendak direkatkan sebaiknya direndam dalam air setidaknya selama 12 jam. Tujuannya adalah menghindari penyerapan air dari mortar sebelum mengering.

 

3. Perhatikan Jumlah Air dan Gunakan Air Bersih

Jangan mencampurkan terlalu banyak air ke dalam mortar karena mudah mengeras. Gunakan air keran yang bersih dan murni untuk mencampur mortar.

 

Klopmart juga menjual berbagai jenis mortar unggulan untuk konstruksi rumah Anda, salah satunya mortar acian putih MU-270. Harga mortar acian sangat terjangkau, tapi bisa menghasilkan kualitas plesteran dinding terbaik. Dapatkan produk MU-270 di Klopmart dan rasakan kegunaan mortar di atas untuk pembangunan rumah Anda.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
03 Feb 2022

Related Article