10 Sayuran yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah

Percayakah Anda bahwa ada beberapa sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah? Selain untuk tanaman hias, pekarangan rumah juga bisa ditanami sayuran. Namun, tidak semua sayuran bisa ditanam di pekarangan rumah.

Menanam sayuran di pekarangan rumah Anda secara tidak langsung memberikan beberapa keuntungan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Hobi berkebun tidak hanya untuk menanam tanaman hias saja, melainkan Anda bisa berkebun dengan sayuran-sayuran. Sayuran yang Anda tanam pun juga bisa Anda pergunakan untuk kebutuhan pribadi di rumah. 
  • Menanam sayuran di pekarangan Anda bisa dikomersilkan walaupun tidak dalam skala besar. Namun, apabila disertai dengan pemeliharaan yang baik Anda dapat menjual sebagian hasil berkebun dan mendapat keuntungan dari hal tersebut. 
  • Menanam sayuran di pekarangan rumah dapat mengisi pekarangan rumah Anda agar tidak terkesan kosong. Selain tanaman hias, sayuran juga tidak kalah menarik untuk menghiasi suatu pekarangan rumah. 

Sayuran yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah

Bagaimana, apakah Anda sudah tertarik untuk menanam sayuran di pekarangan rumah? Sebelum itu, pastikan Anda untuk mengetahui sayuran apa saja yang cocok ditanam di pekarangan rumah. Berikut adalah sayuran-sayuran yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

1. Pakcoy

Sayur pakcoy adalah salah satu sayuran yang bisa ditanam dan dibudidayakan di pekarangan rumah. Apabila Anda tidak tahu sayuran pakcoy, sayuran ini adalah jenis sawi yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dengan rasa yang nikmat.  

Sayuran pakcoy adalah tipe sayuran yang bisa ditanam di pekarangan rumah karena sayuran ini bisa dibudidayakan di pot atau polybag. Apabila pekarangan rumah Anda tidak terlalu luas dan memiliki keinginan untuk bercocok tanam, sayuran pakcoy adalah opsi yang dapat Anda pilih.

2. Kangkung

Sebagai orang Indonesia, Anda jelas sudah pasti mengenal kangkung. Jenis sayuran kangkung ini selalu menjadi opsi memasak sayuran yang mudah namun tetap nikmat.

Tidak hanya jenis sayuran yang mudah dimasak, kangkung juga sangat mudah untuk bercocok tanam. Kangkung memiliki karakteristik sayuran yang mudah dirawat dan cepat dipanen. Kangkung dapat dipanen setelah 3-4 minggu penanaman. 

Untuk menanam kangkung, Anda harus memastikan kondisi pekarangan rumah harus lembap dan memiliki banyak nutrisi. Pastikan pula untuk mendapatkan sinar matahari yang penuh. 

Baca juga: 10 Peralatan Berkebun yang Wajib Anda Miliki, Apa Saja?

3. Daun Bawang

Pada kegiatan sehari-hari memasak, daun bawang memiliki peran penting yang sulit untuk digantikan. Untungnya, daun bawang adalah salah satu sayuran yang cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. 

Anda tidak perlu bingung apabila persediaan daun bawang habis. Menanam daun bawang di pekarangan rumah akan memberikan Anda kemudahan untuk jangka waktu panjang. 

4. Cabai

Cabai tidak dapat dipisahkan dari permintaan masyarakat di pasaran. Alhasil, menyediakan rempah yang satu ini adalah suatu keharusan di setiap rumah terutama bila memasak menu Indonesia. Harga cabai yang fluktuatif membuat kebanyakan orang was-was. 

Untuk mengurangi perasaan tersebut, sebaiknya tanamlah cabai di pekarangan rumah Anda. Benar, cabai juga menjadi salah satu jenis sayuran yang cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. Merawat cabai bukan hal yang sulit, Anda bisa menanamnya pada pot atau polybag ditambah dengan penyiraman rutin dan sinar matahari yang cukup. 

5. Bayam

Sayur bayam merupakan salah satu sayuran yang cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. Memasak sayur bayam menjadi pilihan mudah apabila Anda bingung ingin memasak menu apa namun masih memiliki kandungan gizi yang tinggi dan harga sayurnya yang terjangkau. Bayangkan saja betapa mudahnya apa bila Anda hanya perlu memetik sayur bayam dari pekarangan rumah Anda.

6. Selada

Sayur selada dikenal memiliki banyak kegunaan. Meskipun hanya untuk dikonsumsi, namun sayur selada dapat dikonsumsi dalam berbagai macam cara. Anda bisa mengonsumsinya dengan dimasak terlebih dahulu, dimakan langsung menjadi pendamping, dan bisa menjadi kombinasi smoothie.

Tahukah Anda bahwa selada bisa ditanam di pekarangan rumah? Selada bisa ditanam sendiri di pekarangan muda tanpa harus merepotkan Anda. Cukup menyiram dua kali sehari, karena selada tergolong jenis yang membutuhkan banyak air. Namun, kurangi penyiraman apabila musim hujan.

Baca juga: 7 Tanaman Rambat Untuk Kanopi Dekorasi Rumah dan Taman

7. Mentimun

Sama seperti selada, mentimun dapat dikonsumsi dalam berbagai macam cara. Anda bisa mengolah mentimun menjadi pendamping lalapan atau acar. Namun, Anda juga bisa mengombinasikan mentimun di dalam jus sehat Anda. Kabar baiknya adalah Anda bisa menanam mentimun di pekarangan rumah Anda tanpa perawatan yang sulit.

8. Tomat

Kebanyakan orang akan menanam tomat di pekarangan rumahnya. Tomat dinilai sebagai sayuran yang mudah dirawat dan cepat proses pertumbuhannya. Tomat bisa ditanam langsung di tanah atau menggunakan media tanam seperti pot atau polybag.

9. Buncis

Buncis adalah kacang-kacangan yang bisa dan cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. Jika Anda berada pada tahap awal di dunia bercocok tanam, buncis adalah sayuran yang tepat untuk dibudidayakan. Untuk perawatannya, buncis harus disiram dua kali sehari dengan kadar air yang secukupnya.

10. Kale

Sayuran terakhir adalah sayuran yang tidak terlalu banyak dikonsumsi di Indonesia. Kale jarang menjadi bahan utama pada menu masakan Indonesia. Namun, kale sendiri banyak dikonsumsi oleh orang luar negeri untuk jus karena memiliki kandungan nutrisi yang baik. Kale sendiri tergolong jenis sayuran yang memiliki harga di atas kebanyakan jenis sayur lainnya karena tergolong ke dalam superfood.

Jika Anda ingin memulai bercocok tanam sayuran-sayuran di rumah Anda, pastikan untuk mempersiapkan segala kebutuhannya selain bibit sayuran yang ingin ditanam. Persiapkan perlengkapan untuk bercocok tanam Anda seperti selang air untuk menyirami sayuran Anda.

Selang benang adalah opsi yang bisa Anda gunakan dengan panjang selang yang bisa menyesuaikan skala pekarangan rumah Anda. Untuk mendapatkan selang benang yang sesuai, Anda bisa cek berbagai macam jenis selang benang dengan harga selang benang di website Klopmart!

Klopmart akan memudahkan Anda dalam belanja berbagai macam alat berkebun untuk di rumah. Dengan menggunakan alat yang tepat, Anda bisa mencoba menanam berbagai macam sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah!

Sumber : 

https://alacasa.id/article/read/6/2022/5473/bikin-hemat-10-sayuran-ini-bisa-ditanam-di-halaman-rumah


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Nov 2022

Related Article