Sangat Indah, Inilah 10 Desain Rumah Sederhana di Pinggir Pantai

Desain rumah sederhana di pinggir pantai selalu menjadi tujuan sebagian orang jika memiliki rumah di pinggir pantai. Mengapa harus sederhana? Hal ini untuk menyeimbangi kecantikan pemandangan pantai dan laut yang sederhana namun indah. Rumah yang memiliki desain heboh cenderung akan membuat kesan kontras terhadap pemandangan pantai dan laut ini.

Pada artikel ini, kami akan memberikan referensi desain rumah sederhana di pinggir pantai untuk rumah pantai Anda. Jika ingin mengetahui seluruh referensi dari kami, pastikan untuk membaca artikel ini hingga akhir!

Desain Rumah Sederhana di Pinggir Pantai

Memiliki sebuah rumah di pinggir pantai merupakan impian bagi banyak orang. Namun, untuk membangun sebuah rumah di pinggir pantai tidaklah mudah, terutama dalam hal desain. Desain rumah sederhana di pinggir pantai harus mampu menyesuaikan dengan lingkungan sekitar dan tetap mempertahankan kesan sederhana. Berikut adalah berbagai desain rumah sederhana di pinggir pantai yang bisa Anda jadikan referensi!

1. Desain Rumah Pinggir Pantai Minimalis

Desain minimalis cocok untuk rumah pinggir pantai karena dapat menyediakan suasana yang sederhana dan nyaman. Desain minimalis dapat menciptakan kesan yang bersih dan teratur di rumah, yang dapat membuat lingkungan menjadi lebih segar dan tidak terlalu padat. 

Selain itu, desain minimalis juga dapat menambah kesan yang elegan dan modern. Desain eksterior minimalis dapat mengurangi penggunaan bahan-bahan yang berlebihan, sehingga dapat menghemat biaya dan membuat rumah terlihat lebih modern.

Desain minimalis juga sangat cocok diterapkan pada rumah yang berada di pinggir pantai, karena dapat memberikan kesan yang sederhana dan segar. Rumah yang berada di pinggir pantai cenderung memiliki panorama yang indah dan luas, dengan desain minimalis dapat membuat rumah terlihat lebih modern dan sederhana serta tidak mengalihkan perhatian dari pemandangan luar.

Baca juga: 10 Desain Teras Rumah Minimalis yang Nyaman dan Menarik

2. Desain Rumah Pinggir Pantai Tropikal

Pantai terkadang juga berhubungan dengan nuansa tropis. Hal ini membawa kami ke desain selanjutnya, yaitu desain rumah pinggir pantai tropical. Desain tropical merupakan jenis desain rumah sederhana di pinggir pantai yang mengutamakan kesan alami dan tropis dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti rotan, bambu, dan kayu sebagai material dominan. 

Desain ini sangat cocok apabila gambaran Anda mengenai pantai memiliki nuansa-nuansa tropis seperti pantai-pantai di Indonesia sendiri. Menggunakan desain rumah sederhana di pinggir pantai bernuansa tropis akan sangat menyatu dengan pantai dekat rumah Anda yang sejatinya memang masih masuk dalam kategori tropis.

3. Desain Rumah Pinggir Pantai Modern

Desain modern yang diterapkan pada rumah pinggir pantai mengutamakan kesan elegan dan minimalis dengan menggunakan bahan-bahan modern seperti beton, kaca, dan stainless steel. Desain ini cocok untuk Anda yang menyukai desain yang elegan dan minimalis serta ingin merasakan suasana modern setiap saat. Perlu Anda ketahui, gaya rumah minimalis yang modern akan sangat cocok dengan sentuhan alam seperti pemandangan pantai dan laut.

Anda dapat menambahkan beberapa elemen-elemen seperti garis-garis yang tegas, bentuk geometris, dan warna-warna netral pada desain minimalis modern ini. Selain itu, pemilihan warna yang sesuai dengan alam juga dapat menambah kesan modern pada rumah tersebut.

Baca juga: Warna Cat Rumah Terbaru atau Kekinian yang Esetetik

4. Desain Rumah Pinggir Pantai Rustic

Desain rustic yang diterapkan pada rumah pinggir pantai mengutamakan kesan alami dan sederhana. Material yang digunakan seperti kayu, batu, dan bambu yang dapat mengingatkan pada alam pantai. Desain ini dapat membuat rumah terasa seperti menyatu dengan lingkungannya dan menambah kesan alami pada rumah tersebut. Selain itu, desain rustic juga dapat menambah suasana yang santai dan sejuk di rumah.

Desain rustic di pinggir pantai juga dapat diimplementasikan dengan menambahkan elemen-elemen yang mengingatkan pada pantai seperti pasir, batu, dan ombak. Anda dapat menggunakan warna-warna natural seperti cokelat, abu-abu, dan putih dapat menambah kesan alami pada desain rumah. 

5. Desain Rumah Pinggir Pantai Coastal

Desain coastal merupakan jenis desain rumah sederhana di pinggir pantai yang mengutamakan kesan pantai dengan menggunakan warna-warna yang cerah dan alami seperti biru, putih, dan beige sebagai warna dominan. Desain ini dapat diterapkan dengan menambahkan elemen-elemen seperti pasir, batu, dan ombak yang mengingatkan pada pantai. 

Selain itu, pemilihan warna yang sesuai dengan alam pantai juga dapat menambah kesan alami pada rumah tersebut. Desain ini sangat cocok diterapkan di daerah pinggir pantai, yang mana hasilnya akan menyatu sempurna dengan pemandangan pantai di dekat rumah Anda.

6. Desain Rumah Pinggir Pantai Bohemian

Desain bohemian merupakan jenis desain rumah sederhana di pinggir pantai yang mengutamakan kesan kreatif dan bebas dengan menggunakan warna-warna yang beragam dan menyatu dengan alam sebagai warna dominan. Desain ini cocok untuk Anda yang menyukai desain yang kreatif, bebas dan ingin merasakan suasana yang unik setiap saat. 

Desain ini dapat diterapkan dengan menambahkan elemen-elemen seperti batik, kain tenun, kerajinan tangan, atau benda-benda yang unik dan bersejarah. Selain itu, pemilihan warna yang sesuai dengan alam juga dapat menambah kesan alami pada rumah tersebut. Desain ini sangat cocok diterapkan di daerah pinggir pantai, karena dapat memberikan kesan yang unik dan kreatif.

Baca juga: 4 Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kayu Triplek yang Mudah

7. Desain Rumah Pinggir Pantai Mediterranean 

Desain mediterranean merupakan jenis desain rumah sederhana di pinggir pantai yang mengutamakan kesan Mediterania dengan menggunakan warna-warna cerah seperti kuning, merah, dan hijau sebagai warna dominan. Desain ini cocok untuk Anda yang menyukai desain yang mengingatkan pada Mediterania dan ingin merasakan suasana Mediterania setiap saat.

Desain ini dapat diterapkan dengan menambahkan elemen-elemen seperti arsitektur yang khas Mediterania, seperti atap yang terbuat dari keramik atau atap yang terbuat dari bambu. Selain itu, pemilihan warna yang sesuai dengan alam Mediterania juga dapat menambah kesan alami pada rumah tersebut. Desain ini sangat cocok diterapkan di daerah pinggir pantai, karena dapat memberikan kesan yang alami dan sejuk.

8. Desain Rumah Pinggir Pantai Nautical

Jika sebelumnya ada desain coastal, mungkin Anda ingin mencoba desain nautical. Desain nautical merupakan jenis desain rumah sederhana di pinggir pantai yang mengutamakan kesan laut dengan menggunakan warna-warna biru dan putih sebagai warna dominan. Elemen-elemen tersebut dapat digunakan baik pada interior maupun eksterior rumah. Jika Anda menggunakan desain nautical untuk rumah di pinggir pantai, maka rumah akan terlihat menyatu dengan pantai dan laut pada siang hari.

Selain itu, pemilihan warna yang sesuai dengan alam laut juga dapat menambah kesan alami pada rumah tersebut. Jadi, desain nautical dianggap sangat cocok untuk diterapkan di daerah pinggir pantai, karena dapat memberikan kesan yang alami dan menyatu dengan keindahan alamnya secara langsung.

9. Desain Rumah Pinggir Pantai dengan Sentuhan Teras yang Luas

Desain rumah sederhana di pinggir pantai dengan memberikan sentuhan teras minimalis dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Teras minimalis yang diterapkan pada rumah di pinggir pantai akan memberikan kesan yang sederhana dan nyaman. Teras ini akan menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati suasana pantai yang indah dan menyegarkan.

Desain ini dapat diterapkan dengan menambahkan teras yang minimalis dengan menggunakan bahan-bahan seperti kayu, batu, atau beton sebagai material dominan.  Anda juga dapat menerapkan garis-garis yang simpel dan elegan, serta warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan hitam pada desain ini. Selain itu, pemilihan arsitektur yang sederhana dengan atap yang datar juga dapat menambah kesan minimalis pada teras.

Baca juga: 20 Model Teras Rumah Minimalis Kekinian yang Menarik

10. Desain Rumah Pinggir Pantai dengan Taman atau Tanah Lapang

Jika tidak terlalu suka dengan penggunaan teras, Anda dapat mengubahnya untuk terlihat lebih alami. Salah satunya dengan menambahkan taman atau tanah lapang yang terawat dan hijau. Desain ini dapat diterapkan dengan menambahkan taman atau tanah lapang yang minimalis dengan menggunakan tanaman yang alami seperti rumput hijau sebagai material dominan. 

Taman ini akan menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati suasana pantai yang indah dan menyegarkan. Pemilihan tanaman yang alami seperti rumput, bunga, atau pohon yang tumbuh liar di pantai dapat memberikan kesan yang natural dan segar. Taman atau tanah lapang ini juga akan menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai, bermain, atau berkebun.

Jika sudah menentukan desain mana yang ingin digunakan untuk rumah di pinggir pantai, pastikan juga bahwa Anda menggunakan bahan material yang baik. Desain yang cemerlang, namun tidak diimbangi dengan bahan material berkualitas sama saja akan menghasilkan desain akhir yang buruk. Jadi, usahakan untuk memilih bahan yang membuat hasil akhir desain rumah Anda terlihat kokoh dan rapi. Contohnya seperti penggunaan semen instan MU 100.

Anda bisa temukan produk semen instan berkualitas seperti MU 100 di Klopmart! Temukan berbagai macam bahan bangunan lainnya yang menunjang desain rumah sederhana di pinggir pantai Anda hanya di Klopmart!

Sumber rujukan: 

  • https://artikel.rumah123.com/7-inspirasi-desain-rumah-pinggir-pantai-dijamin-berasa-liburan-setiap-hari-92038
  • http://sun-ebank.com/11-gambar-rumah-minimalis-di-tepi-laut-indah/
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya