Konstruksi

Bagian Bagian Mesin Bor Tangan dan Fungsinya saat Digunakan

Media
20 Sep 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ingin mengenal informasi bagian bagian mesin bor tangan dan fungsinya? Salah satu alat untuk konstruksi bangunan dan juga untuk pekerjaan lainnya ini memiliki kegunaan yang sangat banyak. 

Mesin bor tangan bisa membantu Anda dalam mengurus pekerjaan bangunan untuk urusan rumah tangga, seperti memasang gantungan kamar mandi. Selain itu masih banyak lagi kegunaannya. 

Namun rasanya tidak lengkap jika Anda sering menggunakan mesin bor tangan tapi tidak mengetahui setiap bagiannya. Begitu juga fungsinya. Untuk lebih jelas, simak rangkuman lengkapnya di bawah ini.
 

Bagian Bagian Mesin Bor Tangan dan Fungsinya

Total ada delapan bagian mesin bor. Setiap bagian memiliki fungsi berbeda-beda. Dengan dijadikan satu kesatuan, maka mesin bor tangan bisa digunakan secara maksimal. Inilah penjelasannya:
 

1. Base (Dudukan)

Base adalah penopang dari semua komponen mesin bor. Base ini biasanya di bagian bawah, lebih tepatnya menempel dengan lantai yang dibaut agar tetap kuat. Ya, base ini harus dalam kondisi kuat karena bisa mempengaruhi keakuratan pengeboran. Jika terjadi getaran, maka hasil bor bisa menjadi buruk. Bahkan merusak bagian yang di bor.
 

2. Column (Tiang)

Column adalah bagian mesin bor yang menyangga bagian-bagian lain yang digunakan selama proses pengeboran. Kolom berbentuk silinder mempunyai rel atau alur untuk jalur gerak vertikal meja. Biasanya komponen ini ada di bagian mesin bor meja.
 

3. Drill (Mata Bor)

Bisa dibilang, drill atau mata bor adalah bagian mesin bor tangan yang paling terkenal. Letaknya ada di bagian depan mesin bor dengan ujung yang tajam dan ada bentuk uliran atau spiral. Memang, mata bor spiral menjadi yang paling sering dipakai karena memiliki daya hantar baik. Selain itu memiliki keunggulan lain, seperti penyaluran serpih yang baik karena berbentuk seperti sekrup, sudut-sudut sayat menguntungkan dan bidang potong bisa diasah tanpa mengubah diameter bor. 
 

4. Table (Meja)

Meja terhitung sebagai bagian penting dalam mesin bor. Meja di sini adalah tempat untuk meletakkan benda kerja yang akan dibor. Tentunya perlu penyesuaian secara vertikal agar ketinggian benda kerja tersebut bisa membuat Anda nyaman selama proses mengebor. Bahkan ada meja berbentuk lingkaran yang bisa diputar 360 derajat dengan poros di tengah. Terdapat pengunci agar posisi meja tetap terjaga dengan baik. 

Baca juga: 6 Fungsi Gerinda dan Jenis-Jenis Mesin Berserta Tipenya
 

5. Spindle

Fungsi spindle adalah untuk menggerakkan chuck atau pencekam. Fungsi dari chuck adalah memegang mata bor agar bisa tetap dalam posisi yang sama dalam proses pengeboran berbagai benda kerja.
 

6. Spindle Head

Spindle head adalah rumah dari konstruksi spindle. Bagian ini digerakkan oleh motor dengan sambungan berbentuk belt serta diatur drill feed handle dalam proses pemakaiannya.
 

7. Drill Feed Handle

Drill feed handle berguna untuk menurunkan dan menekan spindle serta mata bor ke benda kerja. Bagian ini membuat proses kerja lebih lancar.
 

8. Bagian Kelistrikan

Bagian kelistrikan di sini adalah motor listrik yang terdiri dari berbagai komponen, seperti kabel power, kabel penghubung, fuse, saklar on/off, lampu indikator, dan saklar pengatur kecepatan.

Jadi itulah penjelasan setiap bagian mesin bor tangan sekaligus fungsinya. Jika Anda membutuhkan produk mesin bor berkualitas dari berbagai ukuran dan merek, seperti Makita, Klopmart telah hadir sebagai solusi tepat penjualan alat konstruksi bangunan dengan pilihan terbaik. Dengan informasi bagian bagian mesin bor tangan dan fungsinya, kunjungi jual bor Makita bersama Klopmart, selain itu juga ada merk lain seperti Bosch, dengan harga bor listrik bosch yang sama dengan harga supplier.

Baca juga: Pengertian Mesin Bor, Fungsi dan 9 Jenis-Jenis Bor

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya