12 Ciri-Ciri Keramik yang Berkualitas Serta Cara Memilihnya

Anda perlu mengetahui ciri-ciri keramik berkualitas sebelum membeli material ini. Pasalnya, keramik bagus tidak hanya terlihat dari keindahan tampilannya. Kekuatan dan ketahanan materialnya pun menjadi faktor yang tidak boleh dilupakan saat memilih keramik. Pemilihan keramik dengan spesifikasi dan ukuran yang tepat tentu akan membuat material ini bertahan lama jika diterapkan di rumah Anda.

Masih banyak orang bingung mengenai karakteristik keramik berkualitas saat berbelanja di toko bangunan. Mereka hanya memilih keramik dari segi tampilannya dan harganya saja tanpa memerhatikan kualitas material tersebut. Alhasil, keramik yang dipasang di rumah mereka jadi mudah retak padahal belum terlalu lama digunakan.

Lantas, apa saja ciri-ciri yang harus diperhatikan saat memilih keramik? Simak artikel Klopmart ini untuk mengetahui jawabannya.

Jenis-Jenis Keramik

Sebelum mengetahui ciri-ciri keramik berkualitas, Anda perlu menentukan penggunaan keramik pada rumah terlebih dahulu. Ada dua jenis keramik yang dipasang dalam rumah, yaitu keramik lantai dan dinding. Baik keramik lantai maupun dinding, keduanya memiliki perbedaan mendasar yang harus diketahui.

1. Keramik Lantai

Biasanya, keramik lantai dipasang di seluruh ruangan. Untuk keramik lantai, Anda perlu memilih keramik yang tahan terhadap tekanan bentuknya lebih tebal. Artinya, keramik itu harus mampu menahan beban di atasnya, seperti manusia dan furniture.

Tekstur permukaannya bisa kasar atau halus, tergantung jenis ruangan yang ingin dipasang. Contohnya, Anda bisa menggunakan keramik bertekstur kasar pada teras dan kamar mandi, sedangkan keramik halus hanya digunakan di area indoor.

2. Keramik Dinding

Umumnya, keramik dinding diterapkan di kamar mandi atau dapur saja. Keramik dinding menggunakan material yang lebih tipis daripada keramik lantai. Jenis keramiknya tidak tahan terhadap tekanan karena memang tidak ada beban yang harus ditumpu di atasnya. Meskipun begitu, permukaan keramiknya tetap halus sehingga mudah dibersihkan. Anda bisa menggunakan keramik lantai untuk dinding, tetapi tidak sebaliknya, yaitu menggunakan keramik dinding di lantai karena berisiko mudah retak.

Baca juga: 5 Jenis Model Keramik Dinding Kamar Tidur Terbaik nan Menawan

Ciri-Ciri Keramik Berkualitas dan Pantas Dibeli

Apakah Anda sudah memutuskan jenis keramik yang ingin diterapkan di rumah? Setelah menentukannya, pahami dahulu beberapa ciri keramik berkualitas dan layak diterapkan pada bangunan. Informasi ini penting supaya Anda tidak salah memilih material bangunan.

Apa saja ciri-ciri keramik berkualitas tersebut?

  1. Tingkat kepadatan strukturnya tinggi;
  2. Tidak lentur;
  3. Stabilitas dimensinya tinggi;
  4. Daya tahan keramik tinggi sehingga tidak aus;
  5. Tahan terhadap korosi dan serangan bahan kimia lainnya;
  6. Tahan air sehingga tidak licin saat digunakan;
  7. Dibakar menggunakan suhu dan titik leleh yang tinggi sehingga teksturnya tetap keras;
  8. Tidak mudah menyebarkan panas ke seluruh area keramik lainnya;
  9. Tidak mudah menghantarkan listrik;
  10. Daya tariknya rendah atau sedang;
  11. Daya tekannya tinggi; dan
  12. Tahan terhadap benturan.‚Äč

Baca juga: 5 Tips Memilih Keramik Tangga yang Aman dan Menarik

Cara Memilih Keramik Berkualitas untuk Rumah Anda

Anda sudah mengetahui ciri-ciri keramik bagus dan layak dibeli setelah membaca uraian di atas. Selain mengetahui ciri-cirinya, ketahui juga cara memilih keramik berkualitas ketika membelinya. Anda bisa menggunakan tiga cara di bawah ini ketika hendak membeli keramik di toko bangunan.

1. Ketahui Berat Keramik

Keramik berkualitas bisa diketahui dari beratnya. Anda bisa mengangkat keramik yang ingin dibeli, kemudian mengayunkannya perlahan untuk mengetahui perkiraan beratnya. Jika terasa ringan, hindari keramik tersebut karena ada kemungkinan mengalami pengeroposan di bagian dalamnya. Keramik berukuran berat justru menandakan bahwa kualitas material tersebut sangat bagus.

2. Usap Bagian Permukaan

Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada jejak yang tertinggal di permukaannya. Keramik berkualitas rendah berpotensi meninggalkan jejak berupa sidik jari ketika disentuh atau diusap. Sentuhan sidik jari yang menghilang dalam waktu tidak sebentar tentu bisa mengganggu tampilan keramik saat dilihat.

3. Uji Ketahanan Goresan

Jika diizinkan, Anda bisa mencoba menggores keramik tersebut untuk menguji ketahanannya. Keramik berkualitas tentunya tidak meninggalkan bekas goresan di atasnya. Pada tahap ini, Anda dapat meminta bantuan pihak toko bangunan dan menanyakan sifat anti gores material keramiknya.

Baca juga: 7 Jenis Keramik Kamar Mandi Anti Licin dan Berpola Indah

4. Cek Bagian Sisi dan Sikunya

Ketika mengecek bagian sisi keramik, pastikan permukaannya juga ikut rata dan mulus seperti tampilan depannya. Hindari tampilan sisi keramik yang tidak mulus karena akan menyulitkan proses pemasangannya. Selain itu, sisi keramik harus presisi agar ukuran natnya tidak terlalu besar selama proses pemasangan.

Cek juga bagian siku keramiknya agar membentuk sudut yang tajam. Bagian sudut keramik yang kurang siku akan mempersulit proses pemasangan nat keramik. Alhasil, tampilan nat keramik jadi tidak rapi. Hasil akhir lantai atau dindingnya pun menjadi berantakan dan kurang sedap dipandang.

5. Pastikan Ukuran Keramiknya Sama

Langkah ini sangat penting karena bisa memengaruhi tampilan akhir lantai atau dinding setelah pemasangan keramik. Saat Anda membeli keramiknya, pastikan ukurannya sama persis dan tidak kurang satu milimeter sekalipun. Alhasil, keramik terlihat lebih rapi dan natnya tidak memiliki ukuran berbeda, membuat hasil akhir dinding atau lantai ruangan terlihat lebih elegan.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengetahui karakteristik keramik berkualitas dan cara memilihnya. Selain mengetahui informasi di atas, Anda pun memerlukan bahan pemasangan keramik yang berkualitas, seperti Drymix Tile Grout Sanitized untuk memasang natnya. Semen instan mampu menjaga area nat tetap bersih sehingga bebas dari jamur dan bakteri serta memberikan perlindungan jangka panjang. Dapatkan produk IM Grout ini secara online hanya di Klopmart, toko bahan bangunan online terbaik di Indonesia.

Semoga penjelasan mengenai ciri-ciri keramik yang berkualitas di atas bisa menjadi panduan dalam memilih material yang tepat untuk dinding dan lantai rumah Anda.

Sumber artikel:

  • https://www.asdar.id/ciri-ciri-dan-perbedaan-keramik-lantai-dan-keramik-dinding/
  • https://ceramics.org/about/what-are-engineered-ceramics-and-glass/structure-and-properties-of-ceramics
  • https://www.mallardsgroups.com/ciri-keramik-lantai-yang-bagus/
  • https://www.mandore.id/2020/02/ciri-ciri-keramik-untuk-dinding.html

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Jun 2022

Related Article