Lampu & Listrik

Cara Pasang Saklar Lampu Sendiri dengan Mudah dan Aman

Media
29 Sep 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Listrik dan penerangan dalam sebuah rumah merupakan hal yang paling penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Memelihara instalasi listrik rumah harus diperhatikan dan dilakukan secara berkala.

Salah satunya adalah dengan rutin mengganti saklar yang sudah mulai rusak. Akan tetapi, masih ada sebagian dari kita mungkin belum mengetahui cara memasang saklar lampu yang baik dan benar. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab dalam ulasan kali ini, akan dibahas cara memasang saklar lampu yang benar dan apa saja yang perlu disiapkan.

Tips Sebelum Pasang Saklar Lampu Sendiri di Rumah

Tidak hanya cara pasang saklar tersebut, ada beberapa aspek lain yang perlu diperhatikan untuk menjaga keselamatan selama proses pemasangan saklar lampu.

Apalagi memasang saklar lampu berhubungan dengan arus listrik. Apabila tidak diperhatikan dengan baik, maka bisa mencelakai diri Anda sendiri, misalnya tersengat listrik atau terkena alat lainnya.

Berikut ini tips yang dapat Anda terapkan dalam mendukung keselamatan saat memasang saklar lampu ialah sebagai berikut:

1. Siapkan Peralatan

Sebelum Anda mulai memasang saklar lampu, pastikan Anda telah mempersiapkan semua peralatan yang diperlukan.

Adapun peralatan meliputi kabel tembaga, fitting lampu, pipa pelindung kabel, box saklar, klem pipa, tang kombinasi, test pen, dan bahan isolasi atau lakban untuk menyambung kabel listrik. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan karet untuk keselamatan tambahan.

2. Matikan Sumber Listrik

Sebelum melakukan pemasangan saklar, pastikan untuk mematikan sumber arus listrik di rumah. Geser MCB pada kWh meteran ke posisi 0 untuk mematikan aliran listrik. Pastikan selalu menggunakan test pen untuk memastikan bahwa aliran listrik benar-benar dimatikan sebelum melanjutkan proses pemasangan.

3. Gunakan Alat Pelindung Diri

Selalu gunakan alat pelindung diri, seperti sarung tangan karet, untuk menghindari risiko terkena arus listrik saat melakukan pemasangan.

Baca juga: 4 Perbedaan Saklar dan Stop Kontak, Jangan Sampai Tertukar

Cara Memasang atau Mengganti Saklar Lampu yang Rusak

Untuk memasang atau mengganti saklar lampu yang rusak, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Bongkar saklar yang rusak dengan menggunakan obeng plus, lepaskan kabel yang terhubung pada saklar tersebut.

  • Siapkan saklar lampu baru dan pastikan untuk pasang kabel sesuai petunjuk yang disediakan. Pastikan kabel terpasang dengan kencang.

  • Pasang body saklar yang baru sesuai dengan tempatnya.

  • Setelah pemasangan selesai, cek fungsionalitas saklar lampu dengan menghidupkan (on) dan mematikan (off) lampu.

Bagaimana Cara Memasang Saklar sesuai Jenisnya?

Cara memasang saklar lampu sepintas terlihat mudah. Akan tetapi, ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui dalam memasang saklar yang baik dan benar.

Anda juga harus beberapa jenis saklar seperti saklar tunggal dan saklar ganda yang memiliki rangkaian listrik dan cara pemasangan yang cukup berbeda.

Berikut beberapa cara memasang saklar lampu yang bisa Anda praktikkan di rumah untuk mendapatkan hasil terbaik.

1. Cara Pasang Saklar Lampu Jenis Tunggal


Untuk memasang saklar lampu tunggal, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buat lubang pada dinding sebagai tempat pemasangan saklar.

  • Pasang kabel dari sumber listrik menuju saklar.

  • Pasang kabel ke fitting lampu.

  • Setelah semua kabel terpasang, pasang saklar pada dinding dengan rapi.

2. Cara Pasang Saklar Lampu Jenis Ganda


Cara pemasangan saklar ganda sedikit berbeda dari saklar tunggal karena melibatkan penambahan satu kabel output yang terhubung ke lampu tambahan.

Proses instalasi saklar ganda membutuhkan tiga kabel, salah satunya adalah kabel fase dari sumber listrik yang dihubungkan ke saklar.

Dari saklar tersebut, dua kabel fase akan tersambung ke fitting lampu pertama dan kedua.

Untuk memasang saklar lampu ganda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Persiapkan tempat untuk pemasangan saklar ganda.

  • Hubungkan kabel fasa dari sumber listrik.

  • Pasang fitting lampu.

  • Setelah sambungan kabel selesai, rapikan sambungan agar terhindar dari risiko konslet listrik.

Baca juga: Cara Menyambung Kabel Listrik Sendiri

3. Cara Pasang Saklar Lampu Gantung


Saklar gantung merupakan jenis saklar tunggal yang memiliki ukuran lebih kecil. Meskipun ukurannya lebih kecil, prinsip kerjanya sama dengan saklar biasa pada umumnya, yakni untuk memutus dan menghubungkan salah satu rangkaian jalur kabel.

Pada dasarnya, saklar gantung memungkinkan Anda untuk mengontrol ketersediaan arus listrik ke lampu yang terhubung dengannya. Dengan konstruksi yang lebih sederhana dan ukuran yang lebih kecil, pemasangan saklar gantung tergolong lebih mudah daripada jenis saklar lainnya.

Langkah-langkah pemasangannya antara lain:

  1. Sambungkan kabel netral (arus listrik negatif) dari sumber listrik ke fitting lampu atau kap lampu untuk memastikan terhubungnya sumber listrik ke lampu.

  2. Persiapkan kabel fase (arus listrik positif) dan potong sesuai kebutuhan. Salah satu ujung kabel fase harus terhubung dari sumber listrik ke saklar, sementara ujung kabel yang lain dari saklar dihubungkan ke fitting lampu.

  3. Pasang lampu pada fiting dan jangan lupa untuk mengeceknya. Setelah semua kabel terpasang, pastikan bahwa lampu terhubung dengan benar dan cek fungsinya dengan mencoba menyalakannya dan mematikannya.

Saklar gantung ini umumnya digunakan di tempat-tempat di mana ruang terbatas atau di mana diperlukan kontrol yang mudah dengan ukuran yang lebih kecil. Meskipun ukurannya lebih kecil, saklar gantung mampu memberikan fungsi yang sama seperti saklar lainnya dalam hal mengontrol arus listrik ke lampu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Semut di Stop Kontak Hingga Berbunyi

Itulah dia cara pasa pasang saklar lampu dengan aman yang dapat Anda terapkan.

Pastikan jenis saklar apa yang aan Anda pasang agar tidak salah. Perhatikan sumber listrik, sebelum, saat, dan sesudah pasang saklar. Pastikan juga saklar Anda berada di posisi yang tepat. Karena saklar yang dipasang di posisi yang salah akan dapat mengakibatkan bahaya.

Selain hal di atas, yang terpenting dalam cara pasang saklar lampu di rumah adalah selalu waspada. Dengan tingkat kewaspadaan yang tinggi dan mempersiapkan hal penting lainnya, maka dapat meminimalisir hal buruk yang dapat terjadi nantinya seperti bau kabel terbakar dan korsleting listrik.

Untuk memastikan Anda memiliki peralatan yang tepat untuk memasang saklar dengan aman dan mendapatkan produk saklar berkualitas, kunjungi Klopmart sekarang!

Dapatkan berbagai informasi penting dan jangkau ragam produk saklar yang tersedia. Jangan ragu untuk menghubungi tim Klopmart untuk mendapatkan bantuan dalam memilih peralatan listrik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Sumber rujukan:

  • https://www.gira.com/en/en/g-pulse-magazine/building/types-of-switches

  • https://artikel.rumah123.com/cara-memasang-saklar-lampu-tunggal-ganda-dan-gantung-dengan-mudah-di-rumah-116944

  • https://www.onassis-hardware.com/article/cara-pasang-saklar-lampu/

  • https://berita.99.co/cara-pasang-saklar-lampu/

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya