8 Cara Menyambung Kabel Listrik Sendiri

Menyambungkan kabel listrik mungkin terkadang terlihat mudah. Namun, dalam praktiknya kerap kali tidak semudah yang dibayangkan. Ada hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan agar penyambungan kabel jadi lebih baik. Setidaknya ada beberapa cara menyambung kabel listrik sendiri di rumah yang bisa Anda terapkan.

Oleh karena itu, Klopmart akan memberi tahu informasi apa saja yang Anda butuhkan cara menyambung kabel listrik dengan aman. Yuk, simak selengkapnya di sini.

Tips Sebelum Menyambung Kabel Listrik

Sebaik-baiknya kabel listrik pasti memiliki jangka waktu pemakaian. Kabel listrik tiba-tiba akan memutuskan aliran listrik dan aliran listrik di rumah akan mati. Oleh karena itu, menyambung kabel listrik adalah salah satu solusi untuk memperbaiki aliran listrik. Akan tetapi, menyambung kabel listrik bukan solusi yang terbaik dan berbahaya.

1. Pastikan Sekring dalam Kondisi Off

Sebelum menyambung kabel listrik di rumah, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Apabila kabel tersebut digunakan untuk menyambungkan arus listrik utama di rumah, pastikan sekring yang ada dalam kondisi mati. al tersebut dilakukan agar Anda lebih aman dari aliran listrik saat menyambungkan kabel dan menghindari dari kejadian yang tak diinginkan seperti tersetrum. Untuk itu, Anda bisa memastikannya dengan menggunakan test pen.

2. Menggunakan Alas Kaki Berbahan Dasar Karet

Lalu, gunakanlah alas kaki yang aman dan nyaman. Usahakan Anda memakai sandal atau sepatu berbahan dasar karet dan sol yang tebal.

3. Menggunakan Sarung Tangan

Sama seperti organ tubuh lainnya, tangan juga perlu Anda lindungi agar tidak tersengat listrik. Gunakanlah sarung tangan untuk melindungi dari sengatan listirk atau tertusuk bagian inti kabel yang tajam.

4. Kondisi Sekitar dalam Keadaan Kering

Selain menggunakan APD, Anda juga perlu memperhatikan lingkungan sekitar sebelum mulai menyambung kabel listrik di rumah. Pastikanlah lantai rumah dan juga tubuh Anda dalam keadaan kering.

Perlu Anda pahami bahwa semakin bawah lingkungan Anda, maka risiko tersengat listrik juga semakin tinggi. Hal ini karena air atau lingkungan yang basah dapat menjadi salah satu konduktor (penghantar listrik) yang baik.

Baca juga: Fungsi Sarung Tangan Kerja Sebagai Alat Pelindung Diri

8 Cara Penyambungan Kabel Listrik yang Aman

Cara menyambung kabel listrik dibedakan menjadi beberapa jenis. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari model penyambungan kabel tersebut. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan beberapa alat bantu. Seperti tang, obeng skrup, dan sebagainya. Adapun jenis dan cara penyambungan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sambungan Model Pig Tail

 

Sambungan ekor babi adalah jenis yang sederhana, mudah, dan cepat. Langkah awalnya adalah siapkan dua kabel yang akan disambung dan kupaslah lapisan isolasinya dengan panjang 2 atau 3 cm hingga muncul bagian inti kabelnya. Kaitkan kedua inti yang akan disambung dengan cara menyilang.

Setelah itu, ulirkan dengan memutarnya beberapa kali hingga kabel benar-benar menyatu. Gerakan dan bentuk lingkaran inilah yang menyerupai ekor babi (pig tail). Setelah kabel tersambung, maka tutup kembali hingga aman dan nyaman saat digunakan.

Baca juga: Cara Cegah Korsleting Listrik dan Tangani Bau Kabel Terbakar

2. Sambungan Bentuk Bell Hangers

 

Cara menyambung kabel listrik selanjutnya adalah dengan model bell hangers dengan cara dipuntir. Metode pemasangannya sebenarnya hampir sama dengan model sambungan. Setelah kabel disambungkan, kemudian bengkokkan sepanjang 1.5 cm hingga membentuk huruf  L. Meski terbilang mudah, cara menyambungkan kabel ini jarang dilakukan karena memang sedikit memerlukan waktu lebih lama bila dibandingkan dengan metode sambungan pig tail.

3. Sambungan Western Union

 

Kemudian, ada pula sambungan yang dikenal dengan istilah western union. Sebagai langkahnya, Anda harus mengupas kabel tersebut hingga intinya nampak. Lalu, sambungkanlah kabel secara menyilang dengan bentuk seperti simbol plus (+). Ujung kabel yang seudah dikupas tadi sambungkan dengan cara dipuntir melingkari kabel lainnya hingga membentuk layaknya huruf Y. Setelah terbentuk, maka untirlah secara bersamaan.

4. Sambungan Bolak Balik

 

Untuk cara menyambung kabel listrik lainnya yang bisa Anda coba adalah sambungan model bolak balik. Langkah awalnya Anda harus menyilangkan kedua buah kabel seperti membentuk huruf X dengan panjang sejajar dan sama panjangnya. Langkah selanjutnya adalah Anda perlu menguntir keduanya secara bersamaan.

Bila ada bagian unit kabel belum terlilit, maka Anda harus jeli dalam membengkokkannya kembali secara berlawanan hingga sudut 180 derajat dan membentuk garis lurus. Untuk bagian pangkal yang telah dibengkokkan tadi, Anda bisa pilin kembali dengan ujung kabel pertama yang sudah dipilin.

Baca juga: Cari Tahu Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah Standar PLN

5. Sambungan Model Britania

 

Selanjutnya dengan sambungan model Britania. Sambungan seperti ini biasanya digunakan untuk kabel yang memiliki diameter lebih besar. Memang pada awalnya Anda harus mengupas kabel hingga bagian ini. Lalu, sambungkan dengan kedua ujungnya dan buatlah sedikit bengkok dan dempetkan secara berlawanan menghadap luar. Setelah itu, Anda bisa menempatkan bagian inti kabelnya ke pengait yang menguntir tadi.

6. Sambungan Model Scraft

 

Sambungan model scraft sama dengan sambungan model britania. Hanya saja, dalam model scraft ini kabel listrik yang akan disambungkan harus pipih agar saat disambung kabel tidak terlihat terlalu besar dan tebal. Metode yang digunakan adalah dengan melekatkan dua ujung kabel isolasinya. Setelah itu, gunakan inti kabel berukuran lebih kecil untuk melilitkan.

Metode ini lebih berbahaya dibanding dengan metode sambungan model britania. Karena, jika sambungan kabel tidak tersambung dengan baik dapat mengakibatkan Anda tersetrum.

7. Sambungan Dengan Connector Cable

 

Cara menyambung kabel listrik yang dapat dilakukan adalah dengan Connector Cable. Cara ini lebih mudah dan cepat, Anda hanya memasukkan masing-masing ujung kabel ke selongsong. Kemudian selongsong ditekan oleh Crimping Pliers atau disebut dengan tang skun.

Baca juga: Cari Tahu Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah Standar PLN

8. Sambungan Single Wrapped Cable Slice

 

Terakhir cara menyambung kabel listrik yang dapat Anda lakukan adalah dengan sambungan kabel single wrapped cable slice. Cara ini cocok dengan kondisi kabel listrik berserabut. Caranya pemasangannya adalah dengan menyambungkan kabel yang ada. Lalu, gunakan metode bell hangers untuk menyatukan agar rapi.

Nah, itu dia beberapa cara menyambungkan kabel listrik yang dapat Anda terapkan di rumah. Untuk memudahkan cara menyambungkan kabel listrik lebih lanjut, Anda dapat melihat pembahasan-pembahasan yang terkait yang sudah sediakan oleh Klopmart.

Apabila Anda membutuhkan kabel listrik yang berkualitas Klopmart jual Kabel Eterna murah, hubungi Klopmart sekarang juga.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Okt 2019

Related Article