Lampu & Listrik

10 Cara Cegah Korsleting Listrik untuk Menghindari Terjadi Kebakaran!

Media
20 Mei 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bencana kebakaran, seperti bencana yang lainnya selalu membawa korban harta dan bahkan nyawa saat itu terjadi.

Dari seluruh bencana kebakaran yang terjadi di Indonesia, seringnya disebabkan oleh kelalaian manusia. Khususnya kelalaian manusia dengan listrik! Terjadinya sambungan pendek (korsleting) adalah penyebab terbesar kebakaran karena listrik.

Sebetulnya terjadinya listrik korslet ini dapat dicegah dengan mudah. Yang tidak mudah adalah mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat Indonesia! Pola pikir memudahkan segala sesuatu (tidak mau repot) dan menganggap enteng untuk tidak mentaati peraturan kemanan (safety) hanya karena hal-hal tersebut dianggap ‘ribet’ dan merepotkan! Pola pikir inilah yang kadang membawa maut!

Korsleting adalah hubungan pendek yang terjadi sebagai akibat dua kabel yang bertegangan saling bersentuhan di luar kontrol manusia. Peristiwa korsleting ini dapat menimbulkan lompatan bola api dalam bentuk percikan api atau bahkan ledakan jika tegangannya tinggi. Lompatan bola api ini akan menyebabkan kebakaran jika terkena dengan material mudah terbakar. Untuk mencegah terjadinya korsleting Anda dapat menyediakan alat listrik yang digunakan sebagai pengaman untuk mencegah kebakaran disebut sekering atau fuse pada bangunan Anda.

Percikan juga dapat terjadi saat steker kabel tidak terhubung sempurna dengan sumber listrik di dalam stop kontak. Adanya jarak antara steker dengan kontak sumber listrik akan menimbulkan lompatan bola api. Jika dibiarkan, lama kelamaan akan terjadi hangusnya stop kontak karena terbakarnya material plastik dan karet di dalamnya. Persitiwa hangusnya stop kontak tidak dapat terdeteksi dengan cepat karena memang tidak kelihatan.
 

Cara Cegah Korsleting Listrik

Untuk menghindarinya, berikut beberapa tips menghindari kebakaran karena korsleting listrik:
 

1. Gunakan material berkualitas

Pastikan instalasi listrik rumah Anda menggunakan material bermutu dan berkualitas tinggi. Stop kontak dan merk kabel listrik terbaik akan lebih tahan lama dibandingkan yang berkualitas rendah.


 

2. Periksa instalasi listrik

Pastikan instalasi listrik rumah Anda dalam keadaan baik dan bersih. Jika ada sarang semut di dalam stop kontak dinding rumah, segera bersihkan. Semut menyukai tempat-tempat yang hangat, oleh sebab itu mereka menyukai stop kontak yang digunakan terus menerus (stop kontak kulkas, televisi, computer dan AC) sebagai sarang mereka.
 

3. Periksa perangkat elektronik

Pastikan perangkat elektronik Anda dalam keadaan baik. Periksa jika ada kabel yang terkelupas. Jika ada, ganti atau perbaiki sesegera mungkin.

Baca juga: Klasifikasi Kebakaran Menurut NFPA
 

4. segera cari sumber bau terbakar

Jika tercium bau hangus seperti karet atau plastik terbakar, atau terdengar bunyi kecil seperti percikan api, segeralah cari sumber bau dan bunyinya. Bisa jadi ada kabel yang terbakar atau stop kontak yang mulai hangus.
 

5. perhatikan lokasi stop kontak atau sambungan kabel

Jangan posisikan stop kontak atau sambungan perpanjangan kabel berada di area yang lembab, basah, atau mudah terkena guyuran cairan.

Baca juga: Cara Penyelamatan Diri dari Kebakaran Rumah
 

6. Jauhkan dari jangkauan anak

Jauhkan perangkat elektronik dan sambungan perpanjangan kabel dari jangkauan anak-anak kecil untuk menghindari mereka dari bahaya tersengat listrik.
 

7. Jauhkan dari sumber api

Jauhkan sambungan dan perpanjangan kabel listrik dari sumber api seperti kompor dan gas.

Baca juga: 10 Benda Mudah Terbakar yang Ada di Rumah
 

8. Jauhkan dari material mudah terbakar

Jauhkan sambungan dan perpanjangan kabel listrik dari material mudah terbakar seperti kain, kertas, bensin dan sebagainya.
 

9. Hindari sambungan kabel bertumpuk

Jangan menggunakan sambungan perpanjangan secara bertumpuk-tumpuk di satu stop kontak. Hal ini akan menimbulkan tingginya beban listrik di satu titik dan dapat menyebabkan terjadinya percikan api atau bahkan ledakan.


 

10. Matikan perangkat elektronik jika tidak digunakan

Matikan perangkat elektronik Anda dan lampu-lampu ruangan saat selesai digunakan atau saat hendak tidur atau bepergian. Jangan biarkan lampu menyala terus menerus dalam jangka waktu lama. Jika hendak bepergian meninggalkan rumah selama beberapa hari, gunakan sensor lampu otomatis untuk menyalakan lampu saat hari mulai gelap. Hal ini dapat digunakan sebagai cara menghemat listrik dan juga menghindari korsleting akibat panasnya perangkat lampu.

Sekali lagi, pilihan ada di tangan Anda untuk mengubah pola pikir demi keselamatan diri sendiri dan orang-orang yang Anda kasihi. Klopmart menawarkan ragam alat perlengkapan listrik untuk memenuhi keperluan pekerjaan Anda. Kunjungi Klopmart sekarang juga untuk menjamin kelengkapan kebutuhan Anda baik di rumah dengan keamanan dan kenyamanan yang terjamin.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya