INSPIRASI - DESAIN UNTUK KANTOR ANDA

Sebuah kantor atau suatu area kerja (working space) adalah tempat para pekerja menghabiskan banyak waktunya. Situasi dan kondisi ruangan kantor atau area kerja ini sangat menentukan produktivitas kerja dan mental serta kreativitas dari orang-orang yang bekerja di dalamnya. Hal ini membuat tugas untuk menyediakan sebuah kantor yang nyaman menjadi tugas yang tidak bisa dibilang ringan. Kita perlu memilih dan menentukan sebuah tema sebelum kita mulai membangun ruangan kantor tersebut. Ini adalah lengkah integral untuk menciptakan lingkungan yang kohesif sehingga orang-orang yang bekerja di dalamnya merasa nyaman dan dapat tetap kreatif serta produktif menjalankan aktivitas pekerjaannya.

 

Benang Merah Persamaan Dalam Setiap Ruangan

Sederhanakan proses desain dengan menetapkan tema sejak awal. Ambil dari branding perusahaan Anda saat ini, gunakan generator online untuk menemukan palet warna dan gaya yang saling nyambung. Anda juga dapat mencari inspirasi melalui artikel dan posting blog dekorasi yang banyak ada di internet. Temukan gaya-gaya dan pola-pola yang saling melengkapi sehingga setiap ruangan kantor terlihat segar dan menarik.

 

Pencahayaan yang Tepat

Gunakan desain jendela yang cukup besar sehingga sinar matahari dapat bebas masuk ke dalam ruangan kantor Anda. Sinar matahari yang cukup dapat meningkatkan mood dan semangat kerja karyawan. Jangan lupakan tirai seperti horizontal blind ataupun vertical blind yang sanggup menahan sinar matahari yang berlebihan. Gunakan juga lampu yang memiliki pencahayaan yang nyaman di mata.

 

 

Titik Fokus Ruangan

Tarik dan arahkan pandangan mata ke sesuatu yang istimewa dengan memilih titik fokus untuk ruangan. Ruang yang lebih kecil dapat menggunakan lukisan ataupun poster yang sesuai dan menarik. Sedapat mungkin sesuaikan pilihan ini dengan jenis usaha dan branding perusahaan Anda. Karena kontinuitas corporate identity perusahaan Anda dalam pilihan tema dekorasi ruangan sangatlah menentukan branding Anda. Untuk area penerimaan tamu dan ruang berkumpul, cobalah menambahkan sedikit warna lokal dari area lokasi kantor Anda.

 

Hijaunya Tanaman

Untuk menyejukkan mata para karyawan di kantor Anda, pilihlah dan gunakan tanaman hias yang bentuknya menarik dan sesuai dengan tema dekorasi dari kantor Anda. Baca juga 7 Tanaman Hias Dalam Rumah. Selain indah dan sejuk di pandang mata, tanaman hias ini pun memiliki manfaat tersendiri sesuai jenisnya. Baca juga Manfaat Tanaman Hias Di Dalam Rumah.

 

 

Pemilihan Bahan Kain

Saat membeli tempat duduk yang dilapisi kain, pertimbangkan pilihan kain Anda dan kaitannya dengan tema kantor Anda. Jenis bahan kain yang dipilih harus memiliki usia pakai yang cukup panjang untuk mengakomodir penggunaan jangka panjang sambil tetap mempertahankan penampilan yang menarik.

 

 

Pemilihan Perabotan

Perabotan kantor masa kini sudah mengalami perkembangan yang pesat dibandingkan furnitur kantor masa laloe kala. Pilihlah perabotan yang menggunakan bahan berkualitas tinggi dan juga dengan lapisan laminasi dengan konstruksi yang kuat. Hal ini berkaitan dengan biaya pembelian dan juga usia pakai perabotan kantor Anda sehingga efisiensi dapat dicapai dan dipertahankan.

 

Meja yang Memadai

Pilihlah untuk menggunakan meja yang dilapisi lapisan laminasi sehingga tahan terhadap noda dan kotoran karena lebih mudah dibersihkan dengan cepat. Meja kerja haruslah memadai untuk menjadi tempat kerja yang nyaman karena dapat memuat computer, laptop ataupun gelas kopi serta peralatan tulis menulis standar.

 

Penyimpanan yang Memadai

Pertimbangkan untuk menggunakan perabotan yang multi fungsi khususnya sebagai area penyimpanan barang sehingga kantor Anda akan tertata apik dan rapi. Bentuk desain yang menarik dan juga memiliki area penyimpanan yang memadai sangat menunjang tema dekorasi kantor Anda.

 

 

Berikan Motivasi Pada Kantor Anda

Pertimbangkan penggunaan benda-benda pelengkap dekorasi yang inspirasional. Benda-benda ini akan dapat meningkatkan motivasi orang-orang di tempat kerja Anda. Misalnya poster berisi kata-kata bijak dan kata-kata motivasi. Dapat juga berupa hiasan berbentuk kata-kata bijak. Alangkah lebih baiknya jika disertai juga poster atau stiker vinyl cetakan digital yang berisi misi dan visi perusahaan Anda. Sesuiakan semuanya itu ke dalam tema dekorasi kantor Anda. Semua ini tanpa disadari dapat memotivasi semua orang-orang yang menghabiskan waktu untuk bekerja di kantor Anda, karena terlihat mata mereka setiap hari dan setiap saat.

 

Kursi Yang Nyaman

Pilihlah kursi yang nyaman digunakan untuk duduk berjam-jam bekerja di kantor Anda. Jika tema dekorasi yang dipilih adalah retro atau industrial, Anda dapat memberikan beberapa pilihan bentuk kursi bagi karyawan untuk memilih, sehingga ruangan kantor Anda akan semakin menarik dengan kursi-kursi yang bentuknya berbeda walaupun menggunakan palat warna yang sama. Jika Anda menginginkan kursi yang seragam, pilihlah kursi kerja yang memiliki beberapa opsi pengaturan sehingga karyawan Anda dapat menentukan posisi duduk yang paling nyaman baginya.

 

Perlu Adanya Sedikit Privasi

Jika bentuk ruangan kantor Anda berupa ruangan lebar terbuka, ada baiknya menggunakan sekat atau partisi semi permanen. Sekat atau partisi semi permanen ini akan memberikan sedikit privasi bagi karyawan Anda saat bekerja, sehingga mereka dapat lebih nyaman dan lebih fokus bekerja.

 

 

Ruangan Berkumpul

Ruang untuk berkumpul sambil meeting secara informal dapat menjadi pilihan bagi perusahaan yang memang bergerak dalam bidang industri kreatif. Perlu dipikirkan ruangan-ruangan seperti ini untuk meningkatkan kolaborasi para karyawan yang tergabung dalam sebuah teamwork. Gunakan tempat duduk yang nyaman dan tanpa sekat dengan nuansa informal dengan perlengkapan yang memadai.

 

Apresiasi Karyawan Anda

Pasanglah foto-foto kegiatan bersama karyawan Anda di area kantor Anda. Hal ini akan menambah semangat dan meningkatkan rasa memiliki dari karyawan Anda. Pertimbangkan untuk memasang penghargaan atau pencapaian dari karyawan Anda dengan tanda-tanda penghargaan dan foto-foto mereka di ruang berkumpul.

 

 

Buatlah Situasi ‘Rumah’

Perkenankan dan bahkan dukung karyawan Anda untuk membawa foto-foto keluarga mereka atau benda-benda pribadi mereka untuk menghiasi meja kerja mereka. Hal ini akan meningkatkan semangat kerja mereka saat bekerja berjam-jam jauh dari keluarga dan dari kenyamanan rumah mereka.

 

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda dapat mendapatkan inspirasi dalam mendekor ruangn kantor Anda. Karyawan yang semangat peroduktivitasnya tinggi. Perusahaan yang produktivitasnya tinggi akan mudah untuk berkembang pesat.


Cek harga klik disini

Related Article