Mengenal Apa itu Lacquer Beserta Fungsinya

Lacquer adalah salah satu bahan coating yang sangat populer untuk melapisi produk dari kayu ataupun metal. Cat ini bahkan sempat digunakan untuk melapisi mobil agar bisa terlihat mengilap, namun sudah mulai ditinggalkan. Mari kita mengenal cat pernis yang satu ini agar bisa lebih paham kegunaannya. Simak berbagai macam informasi yang ada di bawah ini.

Lacquer Adalah Pernis Untuk Memberikan Permukaan yang Mengkilap

Lacquer adalah produk coating/finishing/pernis berbasis solvent atau air. Produk ini dibuat dengan melarutkan nitroselulosa bersama dengan plasticizer dan pigmen dalam pelarut yang mudah menguap. Bisa juga dengan larutan shellac dalam alkohol yang menciptakan lapisan sintetis dan membentuk permukaan mengilap.

Shellac adalah zat yang berasal dari serangga. Bentuknya berupa kotoran seperti kepompong dari serangga parasit kecil yang disebut "lac" (Laccifer lacca), yang memakan pohon-pohon tertentu di benua Asia. 

Fungsi Lacquer

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, produk ini digunakan untuk melapisi mobil demi mendapatkan permukaan yang mengkilap yang populer antara tahun 1920 hingga 1960. Namun saat ini penggunaanya lebih banyak untuk melapisi furniture yang terbuat dari kayu dan juga besi. Salah satu contohnya adalah kabinet dapur Anda. Dengan mengaplikasikan produk ini, furniture akan terlihat seperti baru untuk waktu yang lama, memiliki ketahanan yang baik, serta anti-air. 

Baca Juga: Pilihan Merk Penis Kayu yang Bagus untuk Furnitur

Bahkan jika Anda merasa jika lapisan pada permukaan mulai memudar, tinggal aplikasikan saja. Bentuknya yang transparan tidak akan membuat perbedaan yang terlalu jelas namun bisa mengembalikan kilaunya.

Menerapkan Lacquer

Ada berbagai macam produk yang tersedia di pasaran. Ada cat solvent based dan water based, serta berbagai macam jenis lainnya. Untuk menerapkannya, kita bisa menggunakan kuas ataupun spray. Demi hasil yang bagus dan rapi, Anda bisa menggunakan jasa profesional. Namun, jika Anda adalah tipe yang menyukai DIY, tidak ada salahnya mencoba untuk menerapkan cat ini sendiri.

Jenis-jenis Lacquer

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jenis dari cat ini ada banyak. Beberapa di antaranya adalah:

1. Lacquer Nitroselulosa

Ini adalah jenis pernis yang paling umum dan biasa digunakan pada produk kayu. Pernis jenis ini cenderung menguning seiring bertambahnya usia. Kemudian juga akan mengalami retak dengan perubahan usia atau suhu, sehingga tidak berfungsi dengan baik jika digunakan pada luar ruangan. Jenis pernis ini berbahaya, karena mudah terbakar dan sangat beracun.

2. Lacquer Akrilik

Lacquer berbasis akrilik dikembangkan pada 1950-an untuk digunakan pada mobil. Kemampuan mengeringnya sangatlah cepat dan memiliki formula yang membuatnya tidak menguning. Cocok juga digunakan pada produk berbahan dasar kayu yang memiliki warna yang tidak terlalu terang.

3. Lacquer Berbasis Air

Pernis berbasis air sangat populer untuk refinishing lemari dapur. Bahkan lebih ramah lingkungan daripada berbagai macam pernis lainnya, tetap tahan lama dan tahan goresan.

4. Lacquer Logam

Pernis logam ini dibuat untuk bisa mentolerir rentang suhu panas dan dingin yang lebih luas tanpa mengalami keretakan. Anda tidak perlu lagu untuk mengaplikasikannya pada produk indoor atau outdoor. Produk jenis ini bisa digunakan pada logam, kayu, batu, dan keramik. Lacquer logam sangat tahan lama dan banyak digunakan untuk mobil modern.

Itulah berbagai macam informasi mengenai produk ini yang bisa membantu Anda mengenalnya lebih jauh. Cek juga produk Aqua Lacquer yang bisa ditemukan di Klopmart. Lacquer adalah solusi untuk mendapatkan permukaan yang mengkilap.

Baca Juga: Apa yang Menjadi Perbedaan Pernis dan Plitur


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
02 Des 2021

Related Article