Cat dan Kimia

15 Jenis Peralatan Cat Tembok dan Tips Memilih sesuai Kebutuhan

Media
05 Apr 2024

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Pengecatan tembok adalah salah satu cara terbaik untuk memberikan tampilan baru pada ruangan Anda atau meremajakan eksterior bangunan. Selain menggunakan cat berkualitas, Anda tentunya juga perlu memahami berbagai jenis peralatan cat tembok untuk mencapai hasil yang memuaskan.


Berbagai jenis peralatan cat tembok hadir untuk memenuhi kebutuhan beragam proyek pengecatan. Mulai dari kuas cat tradisional hingga teknologi canggih seperti spray gun, setiap peralatan memiliki peran khusus dalam memastikan pengecatan yang berkualitas.

Dalam artikel ini, Klopmart akan membahas lebih mendalam tentang sejumlah peralatan cat tembok beserta dengan fungsinya. Simak artikel ini sampai tuntas!

Jenis Peralatan Cat Tembok yang Wajib Disediakan

Berikut ini berbagai jenis perlengkapan cat tembok yang perlu diadakan sebelum memulai proses pengecatan.

1. Kuas Cat

Kuas cat merupakan salah satu peralatan yang paling umum digunakan dalam pengecatan tembok. Kuas cat ini hadir dalam berbagai ukuran dan jenis bulu, seperti bulu sintetis, bulu alami, atau bulu campuran.

Fungsinya adalah untuk mengaplikasikan cat secara manual pada permukaan tembok dengan akurasi yang tinggi. Kuas cat sering digunakan untuk menjangkau area yang sulit dijangkau oleh alat semprot, serta untuk menyelesaikan detail-detail kecil.

2. Roller Cat

Roller cat menjadi alat yang sangat efisien untuk mengecat secara cepat dan merata pada permukaan tembok. Roller ini terbuat dari busa atau bahan serat yang menyerap cat dengan baik dan memungkinkan penyebaran cat yang konsisten.

Adapun fungsi roller cat adalah untuk menjangkau area yang lebih luas dengan lebih optimal dibandingkan dengan kuas cat sehingga dapat mempercepat proses pengecatan.

Baca juga: 4 Rekomendasi Merk Roll Cat yang Bagus untuk Anda!

3. Spray Gun

Spray gun atau semprotan cat menggunakan tekanan udara untuk menyemprotkan cat pada permukaan tembok. Alat ini ideal untuk pengecatan di area yang lebih luas dengan permukaan yang rata, serta dapat menghasilkan lapisan yang halus dan merata. Fungsinya adalah untuk mencapai hasil pengecatan yang optimal dan efisien, serta memberikan hasil akhir yang profesional.

4. Roller Tray 

Roller tray atau wadah adalah tempat Anda menuangkan cat saat menggunakan roller. Roller tray memudahkan Anda mengambil cat dan menghindari tumpahan cat di sekitar area kerja. Melalui pemanfaatan roller tray, Anda dapat menjaga area kerja tetap bersih dan rapi selama proses pengecatan.

5. Masker Pelindung

Memilih masker yang tepat saat mengecat tembok sama pentingnya dengan memilih cat dan peralatan yang tepat. Masker yang tepat akan melindungi Anda dari debu, asap, dan bahan kimia berbahaya yang dapat dilepaskan selama proses pengecatan.

Masker debu dapat menahan debu dan partikel cat yang beterbangan di udara. Sementara itu, masker respirator memberikan perlindungan lebih tinggi terhadap cat minyak dan cat dengan asap berbahaya.

6. Pisau Spackle

Pisau spackle merupakan salah satu peralatan yang penting dalam proses pengecatan tembok. Fungsinya adalah untuk mengaplikasikan dempul atau plamir secara merata dan tepat pada permukaan tembok. Pisau spackle biasanya terbuat dari baja tahan karat atau bahan lain yang keras dan tahan lama.

7. Masking Tape

Masking tape merujuk pada sebuah pita perekat yang digunakan untuk melindungi area yang tidak ingin Anda cat, seperti kaca, kusen, atau area lainnya yang tidak ingin terkena cat.


Masking tape yang baik memiliki daya rekat yang sesuai dan mudah dilepas tanpa meninggalkan residu. Sebagai contoh, masking tape kertas untuk cat tembok berbahan dasar air, sedangkan masking tape plastik untuk cat minyak.

8. Kain Pelindung

Kain pelindung adalah lembaran kain besar yang digunakan untuk melindungi lantai dan furnitur selama proses pengecatan berlangsung. Melalui kain pelindung ini, Anda dapat mengurangi risiko kerusakan pada lantai dan furnitur akibat tumpahan cat sehingga proyek pengecatan dapat dilakukan dengan lebih nyaman.

9. Pembuka Kaleng Cat

Meski bukan menjadi alat utama, pembuka kaleng cat dapat memudahkan proses pengecatan tembok. Fungsinya adalah untuk membuka kaleng cat dengan lebih mudah, aman, dan efisien.

Untuk menggunakannya, Anda cukup mengaitkan pengait di bawah pinggiran tutup kaleng dan mengangkatnya dengan hati-hati. Beberapa pembuka kaleng cat juga dilengkapi dengan fungsi penusuk untuk melubangi segel kaleng cat sebelum dibuka.

10. Ampelas

Ampelas digunakan untuk menghaluskan permukaan tembok yang kasar sebelum aplikasi cat untuk hasil pengecatan yang lebih halus. Ampelas sendiri terbuat dari lembaran kertas atau kain yang dilapisi dengan butiran abrasif (pengikir) halus atau kasar.

Selain itu, alat ini juga digunakan untuk menghilangkan noda, kotoran, atau lapisan cat yang mengelupas pada permukaan tembok sehingga cat yang baru dapat menempel dengan baik.

Baca juga: 4 Cara Mengamplas Tembok dengan Cepat

11. Kacamata Pelindung

Sebagai peralatan pelengkap, kacamata pelindung mampu melindungi mata dari percikan cat dan serpihan selama proses pengecatan. Maka dari itu, alat ini memungkinkan Anda untuk bekerja dengan lebih nyaman dan aman tanpa perlu khawatir mengenai cedera mata yang mungkin terjadi saat proses pengecatan.

12. Alas Plastik Pelindung

Alas plastik pelindung merujuk pada lembaran plastik besar yang digunakan untuk melindungi lantai dan furnitur dari tumpahan cat. Alas ini biasanya berukuran lebih besar dari kain pelindung dan cocok digunakan untuk proyek di luar ruangan.

Plastik pelindung dirancang khusus untuk melindungi berbagai barang dengan cara melapisi atau membungkus benda.

13. Dempul atau Plamir

Dempul atau plamir digunakan untuk menutupi retakan atau lubang kecil pada permukaan tembok sebelum proses pengecatan. Fungsinya adalah untuk memperbaiki permukaan tembok yang tidak rata atau rusak sehingga cat dapat menempel dengan baik dan memberikan hasil yang lebih halus.

Pemanfaatan dempul dapat membantu Anda memperbaiki kerusakan pada tembok dan menciptakan permukaan yang lebih mulus untuk aplikasi cat.

Baca juga: 10 Rekomendasi Plamir Tembok yang Bagus

14. Extension Pole

Extension pole adalah alat yang digunakan untuk memperpanjang pegangan dari roller cat yang digunakan untuk mencapai area yang sulit dijangkau. Alat ini memberikan fleksibilitas dan kenyamanan saat bekerja pada area yang tinggi dan luas. Untuk membuat roller cat yang nyaman digunakan, Anda perlu memastikan untuk memilih extension pole yang kokoh dan kompatibel dengan roller. 

15. Pengencer Cat

Pengencer cat atau sering juga disebut sebagai thinner adalah cairan yang digunakan untuk mengencerkan cat sebelum penggunaannya. Fungsi utama pengencer adalah untuk mengatur kekentalan cat sehingga lebih mudah diaplikasikan dan mengalir lebih lancar.

Cairan ini biasanya digunakan ketika cat terlalu kental atau saat cuaca terlalu panas yang membuat cat mengering terlalu cepat.

Tips Memilih Peralatan Cat Tembok yang Tepat

Sebelum Anda memulai proyek pengecatan, penting untuk memilih peralatan yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih peralatan cat tembok yang tepat.

1. Menyesuaikan dengan Jenis Cat

Setiap jenis cat memiliki karakteristik dan kebutuhan aplikasi yang berbeda. Sebelum memilih peralatan, pastikan untuk mempertimbangkan jenis cat yang akan digunakan.

Contohnya, untuk cat berbasis air, Anda memerlukan kuas atau roller yang memiliki daya serap tinggi dan mudah dibersihkan. Sementara untuk cat berbasis minyak, Anda memerlukan peralatan yang lebih tahan terhadap pelarut dan dapat menghasilkan lapisan yang lebih tebal.

2. Memperhatikan Jenis Permukaan

Permukaan tembok yang akan dicat juga memengaruhi pemilihan peralatan. Untuk permukaan yang halus, Anda memerlukan kuas cat dengan bulu halus, roller cat dengan busa yang tidak terlalu padat, atau spray gun. Sementara itu, kuas cat dengan bulu tebal atau roller cat dengan busa padat dapat digunakan untuk permukaan yang lebih kasar.

3. Budget dan Kebutuhan Proyek

Memperhitungkan anggaran dan kebutuhan proyek secara cermat menjadi langkah penting sebelum membeli peralatan cat. Ini akan membantu Anda mengoptimalkan pilihan saat memilih peralatan cat tembok.

Sebagai contoh, memilih roller cat yang berkualitas tinggi memerlukan investasi yang cukup tinggi di awal pembelian, tetapi dapat menghasilkan lapisan cat yang lebih merata dan mengoptimalkan waktu dan biaya untuk kembali digunakan di kemudian hari.

Baca juga: 4 Rekomendasi Cat untuk Tembok Lembab yang Paling Manjur

Dengan demikian, memilih jenis peralatan cat tembok yang tepat menjadi kunci untuk mencapai hasil pengecatan yang berkualitas dan memuaskan. Memilih jenis peralatan yang tepat, mulai dari kuas, roller cat, ampelas, extension pole, hingga pengencer cat, jenis peralatan yang sesuai dapat memastikan aplikasi cat yang optimal dan penutupan yang sempurna pada setiap sudut dan permukaan.

Untuk menemukan perlengkapan yang sesuai dengan proyek Anda, langsung saja cek Klopmart. Kami menyajikan berbagai pilihan jenis dan perlengkapan cat yang berkualitas dengan harga bersaing. Mulai dari kuas, rol, pelindung permukaan, pengencer cat, hingga wadah campuran, Klopmart dapat membantu Anda memastikan hasil cat yang lebih awet dan memukau.


Sebagai toko jual material bahan bangunan online terlengkap, Klopmart berkomitmen untuk menyajikan rangkaian lengkap produk cat untuk memenuhi kebutuhan interior maupun eksterior proyek Anda. Produk kami telah teruji dan bersertifikat untuk keamanan dan kualitas optimal.

Jadi, tunggu apa lagi? Kunjungi Klopmart sekarang untuk mendapatkan hasil pengecatan tembok impian Anda!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya