Tips & Trik

10 Rekomendasi Plamir Tembok yang Bagus untuk Rumah Anda

Media
12 Sep 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ketika Anda memulai proyek perbaikan rumah, salah satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah pemilihan plamir tembok yang bagus. Plamir memainkan peran penting dalam menciptakan permukaan tembok yang mulus, rata, dan bebas cacat sebelum penerapan cat. 

Namun dengan berbagai merek dan jenis plamir yang ada di pasaran, Anda bisa saja merasa bingung dalam memilih yang terbaik. Untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat, Klopmart telah merangkum daftar rekomendasi plamir tembok terbaik. 

Di dalam artikel ini, Klopmart akan membahas produk-produk berkualitas yang dapat Anda pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan perbaikan tembok rumah. Jadi, apakah Anda sudah siap belajar? Mari langsung simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Fungsi Plamir

Plamir adalah bahan yang sering digunakan dalam proyek perbaikan rumah untuk menghasilkan permukaan tembok yang halus, rata, dan bebas cacat sebelum proses pengecatan. Kenali berbagai fungsi lainnya di bawah ini!

1. Meratakan Permukaan

Keberadaan plamir menandakan adanya proses untuk meratakan permukaan tembok atau plafon. Itu berarti bahwa plamir dapat digunakan untuk menghilangkan ketidaksempurnaan pada permukaan, seperti goresan, baret, atau cacat lainnya.

Melalui perataan permukaan maka Anda dapat menciptakan latar belakang yang sempurna untuk penerapan cat sehingga hasil akhirnya tampak lebih profesional.

2. Mengisi Retakan dan Lubang

Plamir juga digunakan untuk mengisi retakan dan lubang pada tembok atau plafon. Retakan dan lubang ini dapat muncul karena berbagai alasan, termasuk perubahan iklim, seperti pemuaian dan penyusutan material, atau kerusakan struktural. 

Plamir yang bagus pasti dapat mengisi celah-celah ini dengan baik sehingga tembok terlihat mulus kembali.

3. Meningkatkan Daya Tahan Cat

Sebelum menerapkan cat, penggunaan plamir pada proses awal akan membantu meningkatkan daya tahan cat. Hal ini dapat terjadi karena plamir menciptakan permukaan yang lebih baik bagi cat untuk menempel sehingga cat tidak mudah mengelupas dari tembok. Hasilnya tentu saja pemakaian cat yang tahan lama dan lebih kuat terhadap cuaca.

4. Memberikan Tampilan yang Lebih Baik

Melalui perataan permukaan dan mengisi retakan, plamir membantu menciptakan tampilan yang lebih baik pada tembok atau plafon. Permukaan yang halus dan bebas cacat memberikan tampilan yang lebih profesional dan estetis. Hal inilah yang menjadi paling penting jika Anda ingin menciptakan lingkungan interior yang indah dan rapi.

Baca juga: Cara Mengecat Kayu yang Benar

Apa Bedanya Dempul dan Plamir?


Dalam dunia konstruksi, Anda pasti sering mendengar tentang istilah "dempul" dan "plamir". Kedua bahan ini sebenarnya memiliki fungsi serupa yaitu untuk meratakan permukaan. Namun ada perbedaan penting di antara keduanya. 

Dempul adalah bahan yang digunakan untuk mengisi dan meratakan permukaan kayu atau besi. Biasanya dempul digunakan dalam pekerjaan yang melibatkan material tersebut, seperti pada perbaikan mebel atau kendaraan. Selain itu dempul cenderung memiliki tekstur yang lebih kasar dan keras.

Di sisi lain, plamir adalah bahan yang digunakan untuk meratakan dan mengisi permukaan pada tembok atau plafon. Plamir mengacu pada bahan yang lebih halus dan fleksibel dibandingkan dengan dempul. Bahan ini dirancang khusus untuk dapat digunakan pada dinding dalam ruangan dan permukaan seperti beton atau gipsum. 

Plamir membantu mengisi retakan atau lubang pada permukaan tembok sebelum penerapan cat. Jadi perbedaan utama di antara keduanya berada pada tujuan penggunaannya. Ingat bahwa dempul digunakan untuk permukaan kayu atau besi, sementara plamir digunakan untuk permukaan tembok atau plafon. 

Sangat sederhana, bukan? Jadi jangan sampai Anda salah pilih! 

Baca juga: Cara Dempul Kayu dengan Mudah, Cepat dan Hasil Memuaskan

Rekomendasi Plamir Tembok yang Bagus untuk Rumah


Klopmart telah mengumpulkan sepuluh rekomendasi plamir tembok yang bagus untuk membantu Anda dalam proyek konstruksi maupun perbaikan rumah. Berikut daftar produk plamir berkualitas yang layak Anda pertimbangkan.

1. Dulux Interior Wall Putty

Dulux Interior Wall Putty merupakan plamir berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk dinding interior. Produk ini memiliki kemampuan luar biasa dalam meratakan permukaan tembok, mengisi celah, dan goresan kecil dengan baik. Hasil akhirnya ialah dinding yang halus dan siap untuk penerapan cat.

2. Nippon Paint Spotless Nippon

Nippon Paint Spotless menjadi plamir tahan air yang juga memiliki sifat anti jamur. Pemilihan plamir ini sangat cocok digunakan untuk dinding dalam dan luar ruangan, produk ini mampu mengisi retakan dan lubang dengan baik sehingga memberikan perlindungan ekstra terhadap elemen dan pertumbuhan jamur.

3. Jotun Plamir Acrylic Putih

Jotun Plamir Acrylic Putih adalah plamir berbasis air yang mudah diaplikasikan. Selain membantu mengisi ketidaksempurnaan dengan hasil yang halus, produk ini juga tidak mengeluarkan bau yang kuat sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk proyek dalam ruangan.

4. Tremco Acoustical Sealant

Tremco Acoustical Sealant ialah plamir elastomer tahan air yang sangat efektif dalam mengisi celah dan lubang besar pada tembok. Produk ini dapat digunakan di berbagai jenis permukaan serta mampu memberikan daya rekat yang kuat dan tahan lama.

5. Propan Interior Wall Filler

Propan Interior Wall Filler adalah plamir yang mudah diaplikasikan dan mengering cepat. Produk ini cocok digunakan untuk dinding maupun plafon interior sehingga memberikan hasil yang halus dan tahan lama.

6. Mowilex Wall Filler

Mowilex Wall Filler termasuk plamir yang memiliki kekuatan tinggi yang membantu meratakan permukaan dengan hasil yang halus. Produk ini juga tahan lama dan mudah diaplikasikan, jadi sangat cocok untuk proyek perbaikan kecil maupun besar.

7. Bostik Plamir Putih

Bostik Plamir Putih merupakan jenis plamir berbasis air dengan daya rekat yang baik. Jenis ini cocok untuk penggunaan di dalam dan di luar ruangan untuk hasil akhir yang memuaskan.

Baca juga: 4 Rekomendasi Cat untuk Tembok Lembab Paling Manjur

8. Nerolac Excel Total Wall Putty

Nerolac Excel Total Wall Putty menjadi plamir berkualitas tinggi yang mengisi lubang dan goresan dengan sempurna. Cocok untuk dinding dalam dan luar ruangan, produk ini tahan cuaca juga memiliki usia pemakaian yang lama.

9. Berger Wall Filler

Berger Wall Filler termasuk jenis plamir yang mudah diaplikasikan dan mengering cepat. Produk ini cocok digunakan untuk proyek perbaikan kecil maupun besar untuk memberikan hasil akhir yang halus.

10. Weber Plainst Plamir Instan

Weber Plainst Plamir Instan adalah produk plamir yang sangat praktis dan efisien. Diformulasikan khusus untuk mengisi retakan, lubang, dan ketidaksempurnaan pada permukaan tembok, Weber Plainst Plamir Instan mampu mengering dengan cepat. 

Hal ini tentunya memungkinkan Anda untuk melanjutkan proyek perbaikan tanpa harus menunggu terlalu lama. Produk ini juga memiliki daya lekat yang kuat sehingga cat atau lapisan penutup lainnya dapat menempel dengan baik. Weber Plainst Plamir Instan cocok digunakan di dalam ruangan untuk memberikan hasil akhir yang halus dan rapi pada dinding Anda.

Demikianlah rekomendasi plamir tembok yang bagus untuk proyek perbaikan rumah Anda. Berbagai rekomendasi plamir di atas bisa Anda pilih sesuai kebutuhan untuk menyelesaikan proyek konstruksi yang sedang berjalan. 

Namun ingatlah bahwa kualitas plamir hanya salah satu komponen dari kesuksesan proyek perbaikan rumah Anda. Untuk memastikan hasil yang maksimal, Anda juga membutuhkan bahan dan alat material berkualitas. 

Oleh karena itu kunjungi Klopmart segera untuk mendapatkan berbagai kebutuhan konstruksi dan perbaikan rumah. Di Klopmart, Anda dapat menemukan produk-produk berkualitas seperti semen putih tiga roda yang dapat mendukung penyelesaian proyek. 

Klopmart adalah tempat yang bisa diandalkan untuk memenuhi semua kebutuhan material sehingga Anda bisa melanjutkan proyek perbaikan rumah dengan percaya diri. Dapatkan semua bahan dan alat material yang Anda butuhkan hanya di Klopmart sekarang!

Sumber Rujukan:

  • https://id.my-best.com/138898
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/plamir-tembok-31776#:~:text=Plamir%20tembok%20akan%20membuat%20proses,menghasilkan%20warna%20terang%20dan%20solid

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya