JANGAN LUPA - BERSIHKAN KULKAS ANDA!

Setelah kita bahas Tips Memilih Kulkas Yang Tepat, kita juga perlu untuk membersihkan kulkas pilihan kita tersebut secara rutin!

Kulkas kita gunakan untuk menyimpan persediaan bahan makanan baik mentah ataupun matang. Tetapi jika kulkas digunakan berbulan-bulan tanpa dibersihkan, maka kulkas kita akan mulai mengeluarkan bau tidak sedap di dalamnya. Apalagi Jika kita tidak cermat dalam cara penyimpanan persediaan bahan makanan di dalam kulkas. Mungkin kita perlu juga membahas cara penyimpanan makanan dalam kulkas di kesempatan mendatang.

Kulkas yang berbau berarti menunjukkan adanya pertumbuhan jamur dan bakteri di dalam area penyimpanannya. Hal ini dapat mengkontaminasi seluruh isi kulkas, khususnya pada area pendingin. Pada area pembeku (freezer), juga perlu diperhatikan kebersihannya karena biasanya di sinilah tempat kita menyimpan daging mentah.

Sebelum mulai mari kita siapkan peralatan pembersihan kulkas:

  • Sarung tangan karet
  • Sabun pencuci piring
  • Sabut cuci piring non-abrasif
  • Air hangat secukupnya
  • 2 kain lembut untuk: 1 lap basah dan 1 lap kering
  • Semprotan air (water sprayer)
  • Cooler box (jika ada)
  • Kain pel

Yuuuk, sekarang kita bahas langkah-langkah membersihkan kulkas:

  1. Langkah pertama dan paling penting adalah memutuskan aliran listrik ke kulkas! Hal ini penting selain untuk safety kita sendiri dari terkena sengatan listrik dan juga untuk menghilangkan bunga es yang terjadi. Perhatikan buangan air kulkas. Saat dimatikan biasanya kulkas akan mengeluarkan es yang mencair melalui saluran buangan. Perhatikan supaya wadah penampung air buangan tersebut tidak sampai luber membasahi lantai dan area sekitar kulkas.

 

  1. Kenakan sarung tangan karet supaya tangan terjaga dari kotoran dan air sabun. Beberapa dari kita memiliki kulit yang sensitif terhadap iritasi air sabun. Untuk menghindarinya, selalu kenakan sarung tangan saat bekerja dengan bahan-bahan pembersih. Hal ini jauh lebih murah ketimbang biaya berobat ke dokter kulit! Belum lagi rasa sakitnya!

 

  1. Kosongkan isi kulkas. Pada saat inilah kita juga dapat memilah isi kulkas, mana yang masih layak simpan dan mana yang sudah tidak layak simpan alias sudah kadaluwarsa. Jika ada bahan-bahan makanan beku, simpanlah dalam cooler box jika ada atau simpanlah di dalam wadah tertutup supaya tidak cepat mencair dan menjadi rusak dan berbau.

 

  1. Setelah kosong, keluarkan seluruh rak dan laci kulkas. Lakukan dengan hati-hati supaya rak tidak menggores permukaan area penyimpanan yang terbuat dari plastik. Letakkan semua rak dan laci dengan aman supaya tidak jatuh dan rusak, khususnya jika rak terbuat dari plastik transparan atau kaca. Perlu diingat, rak dan laci kulkas itu sulit dicari penggantinya jika rusak, karena tidak semua produsen menjual rak dan laci kulkas secara terpisah.

 

  1. Siapkan larutan pembersih dengan cara mencampurkan sabun pencuci piring dengan air hangat. Air hangat ini akan memudahkan membersihkan kotoran yang membandel ataupun yang berlemak. Gunakan semprotan air untuk area yang sulit dijangkau.

 

  1. Cuci semua rak dan laci dengan larutan air sabun hangat tadi dan juga gunakan sabut cuci piring non-abrasif supaya tidak menggores permukaan rak dan laci kulkas. Jika rak terbuat dari kaca, diamkan sebentar agar suhunya mencapai suhu ruangan dulu sebelum terkena larutan sabun hangat tadi. Hal ini untuk menghindari retaknya rak kaca akibat terjadinya perubahan suhu secara drastis.

 

  1. Bersihkan area penyimpanan dan pintu kulkas. Dengan larutan air sabun hangat dan sabut non-abrasif, bersihkan seluruh permukaan area penyimpanan. Jangan lupakan area penyangga rak dan laci karena biasanya terjadi penumpukan kotoran di area tersebut.

 

  1. Dengan kain lembut bersih yang dibasahi, bersihkan seluruh permukaan area penyimpanan dan pintu-pintu lalu keringkan dengan kain lembut yang kering.

 

  1. Bersihkan permukaan luar kulkas dengan menyemprotkan larutan air sabun hangat tadi dan bersihkan dengan sabut non-abrasif. Kemudian bersihkan air sabun dari permukaan kulkas dengan lap basah dan keringkan dengan lap kering.

 

  1. Setelah seluruh bagian dalam dan luar kulkas kering, pasang kembali semua rak dan lacinya. Jangan lupa masukan kembali bahan makanan kita yang tadi kita keluarkan. Tambahkan sedikit kopi bubuk pada mangkuk kecil untuk menyerap bau yang tertiinggal dan sekaligus menyegarkan kulkas.

 

Mudah, bukan? Kita bisa melakukannya sendiri, lho. Ya, kita bisa!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
21 Nov 2018

Related Article