Lampu & Listrik

Cara Membersihkan Bunga Es Freezer Box dengan Efektif

Media
01 Sep 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Kulkas merupakan salah satu barang esensial di rumah. Tanpanya, Anda akan kesulitan menyimpan dan mengawetkan bahan makanan. Oleh karena itu, memiliki kulkas yang tepat menjadi hal yang wajib untuk kenyamanan rumah tangga Anda.

Karena sifatnya yang penting, jangan sampai kenyamanan Anda dan keluarga Anda rusak karena kulkas Anda rusak. Salah satu penyebab kulkas rusak adalah bunga es. Untuk memastikan kenyamanan Anda dan keluarga Anda terjaga setiap  saat, Anda harus membersihkan freezer kulkas Anda secara rutin dari bunga es.
 

Cara Membersihkan Freezer dari Bunga Es

Untuk membantu tugas Anda, berikut adalah cara membersihkan bunga es freezer box yang bisa Anda jadikan panduan
 

1. Persiapkan Perlatan

Langkah pertama untuk membersihkan freezer Anda adalah dengan menyiapkan peralatan yang tepat. Anda tidak membutuhkan peralatan yang mewah untuk melakukannya. Berikut adalah peralatan yang Anda butuhkan untuk membersihkan freezer Anda dari bunga es:

  • Sarung tangan karet
  • Sabun pencuci piring
  • Sabut cuci piring non-abrasif
  • Kipas angin (jika ada)
  • Air panas secukupnya
  • 2 kain lembut untuk: 1 lap basah dan 1 lap kering
  • Pengering rambut (jika ada)
  • Semprotan air (water sprayer)
  • Cooler box (jika ada)
  • Kain pel

Setelah mendapatkan semua alat yang Anda butuhkan, mari kita lihat langkah-langkah untuk membersihkan freezer dari bunga es.
 

2. Matikan Aliran Listrik

Langkah pertama dan paling penting adalah memutuskan aliran listrik ke kulkas! Hal ini penting selain untuk safety kita sendiri dari terkena sengatan listrik dan juga untuk menghilangkan bunga es yang terjadi. Perhatikan buangan air kulkas. 

Saat dimatikan biasanya kulkas akan mengeluarkan es yang mencair melalui saluran buangan. Perhatikan supaya wadah penampung air buangan tersebut tidak sampai luber membasahi lantai dan area sekitar kulkas.
 

3. Kosongkan Isi Kulkas

Keluarkan seluruh isi kulkas Anda dan taruh pada sebuah wadah. Hal ini dimaksudkan agar proses membersihkan freezer Anda dapat lebih mudah dilakukan. Selain itu, mengosongkan isi kulkas juga dapat mempercepat proses pencairan es pada freezer. Untuk makanan beku, jika memungkinkan tempatkan mereka di dalam cooler box agar mereka tetap segar selagi Anda membersihkan kulkas Anda.

Pastikan tangan Anda aman saat melakukan pengosongan. Anda dapat menggunakan alat pelindung diri sarung tangan agar terjaga dari kotoran yang mungkin ada dalam kulkas dan freezer Anda.

Anda juga dapat menjadikan kesempatan ini untuk menata ulang isi kulkas Anda. Misalnya, Anda menemukan bahwa ada makanan yang sudah tidak layak dimakan alias kadaluwarsa yang harus segera dibuang.

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Dapur Kotor di Rumah
 

4. Keluarkan Rak dan Laci Kulkas

Setelah kosong, keluarkan seluruh rak dan laci kulkas. Lakukan dengan hati-hati supaya rak tidak menggores permukaan area penyimpanan yang terbuat dari plastik. Letakkan semua rak dan laci dengan aman supaya tidak jatuh dan rusak, khususnya jika rak terbuat dari plastik transparan atau kaca. 

Perlu diingat, rak dan laci kulkas itu sulit dicari penggantinya jika rusak, karena tidak semua produsen menjual rak dan laci kulkas secara terpisah.
 

5. Mulai Cairkan Bunga Es

Setelah kulkas Anda kosong, Anda bisa membiarkan pintu freezer dan kulkas Anda terbuka untuk membiarkan udara hangat masuk dan mulai mencairkan bunga es pada freezer. Umumnya, beberapa kulkas sudah tidak memproduksi bunga es sendiri. Jika kulkas Anda tidak demikian, Anda dapat menggunakan alat-alat yang sudah disediakan untuk mempercepat proses pencairan bunga es. Untuk memiliki kulkas teraik yang sesuai dengan kebutuhan, mungkin Anda perlu juga untuk mengetahui Tips Memilih Kulkas yang Tepat.

Anda dapat menggunakan air panas untuk mempercepat proses ini. Caranya, Anda tinggal meletakkan wadah air yang berisi air panas di dalam freezer. Anda juga bisa menggunakan pengering rambut untuk semakin mempercepat pencairan bunga es pada freezer.
 

6. Hilangkan Bau Tak Sedap

Siapkan larutan pembersih dengan cara mencampurkan sabun pencuci piring dengan air hangat. Air hangat ini akan memudahkan membersihkan kotoran yang membandel ataupun yang berlemak. Gunakan semprotan air untuk area yang sulit dijangkau.

Cuci semua rak dan laci dengan larutan air sabun hangat tadi dan juga gunakan sabut cuci piring non-abrasif supaya tidak menggores permukaan rak dan laci kulkas. Jika rak terbuat dari kaca, diamkan sebentar agar suhunya mencapai suhu ruangan dulu sebelum terkena larutan sabun hangat tadi. Hal ini untuk menghindari retaknya rak kaca akibat terjadinya perubahan suhu secara drastis.

Bersihkan area penyimpanan dan pintu kulkas. Dengan larutan air sabun hangat dan sabut non-abrasif, bersihkan seluruh permukaan area penyimpanan. Jangan lupakan area penyangga rak dan laci karena biasanya terjadi penumpukan kotoran di area tersebut.

Dengan kain lembut bersih yang dibasahi, bersihkan seluruh permukaan area penyimpanan dan pintu-pintu lalu keringkan dengan kain lembut yang kering.

Bersihkan permukaan luar kulkas dengan menyemprotkan larutan air sabun hangat tadi dan bersihkan dengan sabut non-abrasif. Kemudian bersihkan air sabun dari permukaan kulkas dengan lap basah dan keringkan dengan lap kering.

Setelah seluruh bagian dalam dan luar kulkas kering, pasang kembali semua rak dan lacinya. Jangan lupa masukan kembali bahan makanan kita yang tadi kita keluarkan. Tambahkan sedikit kopi bubuk atau baking soda dengan campuran air pada mangkuk kecil untuk menyerap bau yang tertinggal dan sekaligus menyegarkan kulkas.

Itulah dia cara membersihkan bunga es freezer box yang dapat Anda coba. Mencairkan bunga es pada freezer kulkas Anda merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulkas Anda. Pastikan untuk rutin mengecek kondisi serta membersihkan kulkas Anda agar kenyamanan Anda dan keluarga Anda tidak tertanggu. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Membersihkan Ember Bekas Cat Tembok dengan Mudah

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya